Lampu ECO Indikator Nyala Terang, Redup Dan Mati, Ini Artinya - Ate Breaker

Lampu ECO Indikator Nyala Terang, Redup Dan Mati, Ini Artinya

 Pada beberapa sepeda motor terutama skutik terbaru, seperti beberapa skutik honda, yamaha juga suzuki memiliki lampu bertuliskan eco pada panel informasinya dan umumnya berwarna hijau. Lampu ini terkadang nyala terang, nyala redup atau mati ketika berkendara di jalan raya. Apa sebenarnya fungsi lampu tersebut?
 Eco adalah kependekan dari economic, dan memang lampu ini berfungsi untuk memberitahu anda cara berkendara ekonomis. Apa maksudnya?
 Maksudya adalah lampu ini akan memberitahu anda tingkat konsumsi bahan bakar ketika anda berkendara, dimana nyala terang berarti konsumsi bahan bakar motor sangat irit, nyala redup berarti lumayan irit dan mati artinya pada kondisi paling boros.
 Tahukah anda bahwa ketika menarik tuas gas lebih dalam seketika, konsumsi bahan bakar motor anda akan meningkat tajam, dan ini biasanya membuat lampu eco indikator tiba-tiba mati. Sedangkan ketika anda menarik tuas gas dengan santai dan pelan sesuai laju motor yang nyaman, kemungkinan nyalanya lampu indikator ini akan sangat terang, dan artinya cara berkendara anda sedang dalam kondisi optimal untuk mengemat bahan bakar motor.
 Menurut gridoto, lampu indikator pada skutik honda salah satunya scoopy, indikator bisa nyala terang saat anda berkendara dengan menarik tuas gas santai atau pelan, pada kecepatan diatas 3km dan di bawah 67km/jam adalah kondisi dimana anda berkendara dengan sangat hemat bahan bakar. Tetapi lampu eco akan berubah ketika tuas gas ditarik seketika membuatnya redup bahkan mati. Atau lampu indikator juga akan mati ketika motor dipacu pada kecepatan diatas 67km/jam, juga saat stationer. Tentunya, hitungan mungkin berbeda pada tiap jenis motor dan pabrikan.
 Dari mana nyala lampu eco indikator diambil?
 Pada sistem injeksi tentunya sudah menggunakan perangkat elektronik canggih, yakni ECM (elektronic control module). ECM akan menerima data konsumsi bahan bakar melalui sensor speed dan injektor, lalu meneruskannya ke eco indikator ini.
 Nah sobat, jika anda berhasil mengendarai motor anda dengan sangat hemat, salah satunya dengan berpatokan pada lampu indikator, bukan tidak mungkin motor akan mencapai tingkat konsumsi bahan bakar irit. Sebab, saat ini sepeda motor terutama berjenis skutik telah menggunakan sistem FI (fuel injection) yang diklaim sangat irit bahan bakar. Honda beat misalnya diklaim bisa mencapai 63km/ 1 liter bensin, dengan metode pengetesan euro 2 plus idling stop system (ISS).

 Sekian semoga bermanfaat.

2 Komentar untuk "Lampu ECO Indikator Nyala Terang, Redup Dan Mati, Ini Artinya"

  1. Lampu eco motor saya redup bang ketika 0km, tpi tpi klo udah tarek gas dikit econya langsung nyala terang, gimana tuh bang solisinya. Biasanya siih klo 0km lampu eco motor sya mati tpi tpi ko' redup yaa, tolong di jawab ya gan..

    BalasHapus
  2. lampu ECO saya mati kenapa ya?
    apakah berpengaruh pda mesin?

    BalasHapus

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel