Ganti Karburator Yamaha Mio Mahal? Ini Solusi Serta Tips Mengatasinya - Ate Breaker

Ganti Karburator Yamaha Mio Mahal? Ini Solusi Serta Tips Mengatasinya

 Malam sobat, pada kesempatan ini saya akan mencoba membagi tips serta solusi bagi para pengguna yamaha mio lawas yang memiliki masalah pada karburator. Seperti kita tahu, skutik jenis yamaha mio yang masih menggunakan pengabutan karburator adalah skutik keluaran tahun lama di bawah sekitar 2010an. Karena mulai sekitar 2012an yamaha telah membenamkan model injeksi pada varian skutiknya. Namun berkat mesinnya yang bandel, yamaha mio lawas termasuk mio soul masih mudah kita temukan dijalanan hingga saat ini.
ilustrasi
 Nah sobat salah satu penyakit yang kerap menjangkiti mio jenis ini adalah masalah pada karburator itu sendiri. Mulai dari susah langsam, sampai kerusakan lain yang sulit diperbaiki serta mempengaruhi kinerjanya. Wajar sih, mengingat usia motor yang rata-rata sudah lebih dari 5 tahunan, namun tentunya tidak benar juga jika masalah dibiarkan. Selain mengganggu kenyamanan, tentu hal itu sedikit banyak mengancam keselamatan berkendara.
Baca juga: Selain V-Belt, 5 Komponen Ini Wajib Dirawat Pada Mesin Belakang Skutik
 Jika kita lihat nih, harga karburator skutik besutan yamaha tersebut ternyata cukup mahal. Di toko onderdil maupun marketplace banderolnya dikisaran 700-900 ribuan untuk yang original. Dan untuk KW ya bervariasi, bisa didapat mulai 250 ribuan. Tapi kalau boleh saranin, untuk kualitas KW mimin belum pernah nemuin karburator yamaha mio yang benar-benar bisa menyamai kualiatas original, maksudnya minimal presisi dan efeknya kepada perdorma motor. Kadangkala malah yang KW itu tidak bisa digunakan sama sekali, mulai dari memberi gejala brebet, sampai banjir.
 Lantas bagaimana solusinya? Ya lebih baik sih ganti original, tapi kalau ingin cara lain yang lebih murah, mimin coba bagi tips di bawah ini.

Pakai karburator lain
 Wah sedikit menyimpang sih, tapi beneran efektif dan hemat kalau sobat mencoba mengganti karburatornya dengan karburator motor lain, yang tentunya karburator dengan harga miring.
 Nah adapun karburator yang pernah dipasang ke yamaha mio, adalah milik yamaha RX king, dan karburator PE atau kawasaki ninja 150. Kelebihan dari 2 jenis kaburator ini pertama harganya yang bervariasi, sebab model KW dengan kualitas baik banyak dijual. Namun sebaiknya tidak membeli karburator yang harganya kurang dari 100 ribuan, baiknya dengan rentang harga dikisaran 150 ribuan keatas, dan juga bermerk minimal dengan merk yang sudah dikenal.
 Kelebihan lainnya, memasang karburator RX king atau PE pada yamaha mio tidak memerlukan banyak ubahan, hanya disekitaran kabel gas saja yang harus sedikit dipotong dan dimodifikasi. Mengenai hasilnya cukup memuaskan, ketimbang harus mengeluarkan biaya ratusan ribu lebih besar, serta mudahnya mengatur keluaran bahan bakar, jika kurang besar atau terlalu boros, jadi efek seperti brbet bisa dihindari.
Baca:Cara Sederhana Menambah Performa Yamaha Mio Lebih Responsif

Mengganti komponen karburator bawaan
 Sebaiknya anda perhatikan dulu masalah apa yang membuat anda ingin mengganti karburator yamaha mio? Apakah karena brebet, atau langsam. Jika karena langsam yang sudah tidak bisa diseting atau sulitnya langsam kembali ke putaran mesin rendah, yang sering dialami yamaha mio lawas, penyebabnya umumnya hanya 1. Yakni mengalami masalah pada throttle, atau sebuah lingkaran mirip koin yang terletak di dalam karburator. Fungsi komponen ini adalah membuka dan menutup asupan bahan bakar dan gas. Jika throttle mengalami kebocoran (kurang rapat) maka efeknya seperti yang saya sebutkan diatas.

 Nah cara atasinya sobat bisa memperbaiki bulatan yang menyerupai koin ini, dengan cara membuat dulu komponen tersebut di bengkel bubut lalu menggantinya di karburator yamaha mio anda.

 Itu saja informasinya semoga bermanfaat.
Baca juga: Baru! Skutik Yamaha FreeGo, Ini Spesifikasinya

1 Komentar untuk "Ganti Karburator Yamaha Mio Mahal? Ini Solusi Serta Tips Mengatasinya"

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel