Hati-Hati, Rem Belakang Supra X125 Seret Sering Bikin Blong - Ate Breaker

Hati-Hati, Rem Belakang Supra X125 Seret Sering Bikin Blong

 Sobat, rem merupakan komponen paling penting pada sepeda motor karena berguna untuk mengurangi laju motormu. Maka memastikannya tetap berfungsi adalah hal mutlak.
rem belakang (ilustrasi)
 Pada postingan ini, saya akan berbagi pengalaman mengenai rem sepeda motor bebek honda yakni supra X125 yang telah menggunakan model cakram double, yakni pada kedua rodanya. Tentunya model rem cakram alias hydrolis ini amat sangat bagus dan pakem jika dibandingkan dengan model tromol. Namun rem model ini khususnya pada supra x 125 juga tidak luput dari kendala.
 Terutama di bagian rem belakang, salah satu kendala yang mimin anggap mengerikan adalah rem tiba-tiba blong. Dan yang miris blongnya rem tersebut seringkali terjadi hanya disebabkan kampas rem yang menyusut. Dan ini sering ditemui pada motor honda bermesin 125cc tersebut.
 Mimin perjelas lagi nih soal blong yang dimaksud artinya rem ngelos sama sekali ya mas bro. Tentunya kondisi ini berbeda jika dibandingkan dengan rem yang hanya habis bagian kampasnya, karena rem masih bisa bergesekan dengan cakram sehingga masih bisa dikatakan berfungsi. Sebaliknya, kalau blong artinya rem tidak berfungsi sama sekali padahal cuma kampas remnya yang habis, dan ini mengerikan mas bro!
 Kok bisa ya?
 Sebaiknya pastikan kondisi kampas rem bagus dan lakukan pergantian setelah kampas menipis, dan jangan menunggu sampai kampasnya habis. Nah untuk mencegahnya atau jika anda pernah mengalaminya, sebaiknya periksa dan lakukan penggantian komponen berikut.
  1. Master rem
  2. Minyak rem
 Nah sobat, penyebab utamanya adalah piston rem yang tidak bergerak maksimal. Dan itu bisa disebabkan 2 komponen diatas, maka ketika kampas menipis dan habis, dorongan piston tidak sampai membuat kampas rem dan cakram bergesekan.
 Selanjutnya, setelah mengganti komponen, sobat sebaiknya mengecek pergerakan piston tersebut, dengan cara membongkar kaliper, serta jangan lupa untuk melumasi breketnya.

Itu saja informasinya Semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Hati-Hati, Rem Belakang Supra X125 Seret Sering Bikin Blong"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel