Cara Atasi Lampu Sein Motor Tak Berkedip - Ate Breaker

Cara Atasi Lampu Sein Motor Tak Berkedip

 Malam sobat, pada kesempatan ini kita coba bahas permasalahan pada lampu sein motor yang tidak berkedip. Permasalahannya emang sepele "tidak berkedip", namun ternyata masalah ini sering terjadi pada sepeda motor. Maka bagi para pencari info tentang penyebab serta cara atasi lampu sein tak berkedip ini tidak ada salahnya saya coba ulas.
 Sebelumnya, sedikit tentang apa sih lampu sein itu?
 Sederhananya,lampu sein pada sepeda motor berguna untuk memberi tanda atau sinyal pada kendaraan lain ketika hendak berbelok. Jika nyala lampu sein dikiri, maka si pengguna akan membawa kendaraannya ke kiri, begitupun ketika hendak berbelok ke kanan, pengguna juga akan menyalakan sein atau riting bagian kanan.
 Selain itu lampu sein juga bisa diartikan beragam tanda, misalnya hendak mendahului kendaraan lain, hendak putar arah, atau kala berpindah jalur. Intinya keberadaan lampu sein ini memang penting untuk meminimalisir resiko kecelakaan kala berkendara yang berhubungan dengan pengendara lain di jalan raya. Selanjutnya, mengenai warna kuning dan kedipan pada lampu sein ternyata juga memiliki arti serta fungsi tersendiri. Warna kuning diklaim sebagai warna yang bisa selalu jelas terlihat baik siang atau malam, hujan atau panas, dan kondisi lainnya. Sementara kedipan pada sein akan membantu pengendara lain semakin jelas melihat lampu sein, jika dibandingkan lampu sein tanpa kedipan. Nah makanya, kedipan pada lampu sein itu juga penting.
Baca juga: Cara memasang saklar on/off lampu motor
 Ok, masbro selanjutnya mengenai masalah lampu sein yang nyala namun tak berkedip. Sebenarnya hal ini hampir selalu disebabkan oleh hal yang sama, yakni masalah pada beberapa komponen dan jalur kabel. Berikut beberapa komponen yang sering menjadi penyebabnya.

Flasher
 Flasher adalah komponen yang terdiri dari rangkaian elektronika. Fungsinya adalah pemberi sinyal tetap. Maksudnya, komponen flasher membuat nyala lampu sein berkedip berkali-kali selama sein dinyalakan melalui saklar, dan yang dimaksud pemberi sinyal tetap ini, flasher membuat kedipan pada lampu sein dengan rentang waktu sama persis, misalnya kedipan terjadi setiap 0,5detik sekali,
 Kalau begitu, posistif penyebab sein tidak berkedip karena flasher?
flasher


flasher
 Sebenarnya tidak juga, tapi untuk memastikan kerusakan terjadi pada flasher, sobat bisa cek seperti berikut.
  1. Putar kunci kontak pada mode on, dan pastikan aki dalam keadaan baik dan lampu-lampu menyala seperti pada dasbor.
  2. Nyalakan satu bagian sein melalui saklar, misalnya sein bagian kiri, dan lihat apakah kedua lampu nyala meski tak berkedip? Maksud kedua lampu adalah lampu sein bagian depan dan belakang.
  3. Jika kedua lampu nyala, kemungkinan besarnya terjadi masalah pada flasher, dan sobat harus menggantinya dengan yang baru. Tapi jangan lupa untuk mengecek bagian sein lainnya.
 Bagaimana jika hanya salah satu lampu yang menyala misalnya bagian depan. Nah, akan dijelaskan pada poin kedua di bawah.

Bohlam dan kabel
 Belum tentu karena flasher, penyebab sein tidak berkedip bisa juga karena bohlam dan kabel. Flasher akan bekerja, jika rangkaian paralel antara bohlam sein depan dan bohlam sein belakang terhubung, namun masih dalam 1 sisi yang sama. Contohnya flasher akan berfungsi jika lampu sein kiri bagian depan dan lampu sein kiri bagian belakang terhubung atau tidak terputus. Sebaliknya, flasher tidak akan bekerja jika salah satu lampu mati. Maka pastikan kedua lampu menyala ketika saklar atau lampu sein dihidupkan, dan jika salah satu lampu mati, maka wajib diperbaiki, karena itulah yang membuat sein tidak berkedip.
fiting dan lampu sein
 Nah adapun penyebab lampu atau bohlam sein mati, umumnya terjadi pada bolhamnya, maka cukup dengan mengganti bohlam baru. Tetapi ada baiknya mengeceknya terlebih dahulu, melalui fiting lampunya atau menggunakan bohlam sein lain. Sementara jika bohlam tidak ada masalah, maka cari masalahnya melalui kabel dan jalurnya. Intinya, lampu sein tidak akan berkedip jika salah satu lampu mati.

Masalah lainnya
 Selain terjadi pada flasher, bolham, dan kabel,beberapa komponen lain juga mungkin menjadi pemicu lampu sein tidak berkedip. Beberapa diantaranya seperti aki, atau jalur kelistrikan. Aki harus dalam keadaan baik, dan bisa menyalakan sein pada saat kunci kontak di posisi on, tanpa harus menghidupkan motor. Sementara jalur seperti kelistrikan bisa menjadi pemicu, misalnya anda pernah mencoba membuat lampu baru yang mengganggu jalur sein tersebut, seperti membuat lampu hazard, atau terjadinya konsleting dan sebagainya.

Itu saja informasinya semoga bermanfaat.
Baca juga: Cara Atasi Lampu Rem Motor Nyala Terus

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Cara Atasi Lampu Sein Motor Tak Berkedip"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel