Bensin Motor Injeksi Seret Sedikit Langsung Brebet, Disini Penyakitnya - Ate Breaker

Bensin Motor Injeksi Seret Sedikit Langsung Brebet, Disini Penyakitnya

 Sobat, motor dengan teknologi injeksi memang semakin mempermudah pengguna, maupun untuk perbaikannya yang bisa terkontrol lebih cepat ketika terjadi kerusakan. Meskipun tidak semua kerusakan dapat dideteksi dengan mudah, apalagi jika tidak berhubungan dengan sensor dan mil indikator.
 Salah satu penyakit yang kerap menjangkiti motor berteknologi injeksi adalah mesin brebet. Anehnya brebet terebut hanya terjadi pada beberapa kondisi saja, misalnya ketika bensin mulai seret walau masih tersisa cukup banyak. Penyakit ini sering terjadi pada beberapa skutik injeksi seperti yamaha mio series, hingga honda beat.
 Apa penyebabnya?
 Ya, walaupun kemungkinan penyebabnya bisa dihasilkan banyak komponen, namun jika hal tersebut terjadi karena bensin harus selalu diisi full, tentunya cukup untuk ditebak bahwa masalahnya terjadi pada area bensin, tepatnya berada pada tangki bensin.
 Tapi sebelumnya, perlu diketahui, di dalam tangki bensin motor injeksi berbeda dengan motor karburator. Perbedaannya, jika pada karburator bensin mengalir begitu saja dari tangki menuju kaburator atau hanya ditarik melalui valve, sementara pada injeksi, bensin di sedot atau dipompa melalui sebuah komponen yang dinamakan fuel pump. Fuel pump atau ada yang menyebutnya rotak akan memompa bensin sesaat ketika kunci kontak diputar ke mode on, yang akan mengalir menuju komponen injektor. Dan umumnya rotak alias fuel pump ini terletak pada tangki bagian atas. Sedangkan pada karburator, biasanya selang bensin berada tepat dibagian bawah tangki agar bensin mengalir lancar.
 Nah sobat jika bensin harus selalu terisi penuh agar motor normal, menandakan ada masalah pada perangkat fuel pump tersebut. Jika melihat gejalanya tersebut, maka masalahnya terjadi pada komponen fuel pump bagian bawah, yakni tepatnya bagian dimana bensin tersedot masuk menuju selang. Perangkat ini adalah filter atau saringan bensin yang terdapat pada fuel pump yang berguna untuk menyaring bensin dari kotoran di dalam tangki.

 Seringkali komponen yang terletak di dasar tangki bagian dalam ini sudah sangat kotor dan kotoran menyumbat sebagian filter tersebut. Maka, ketika bensin berkurang dan filter bagian paling bawah tersumbat, membuat bensin tidak bisa terpompa masuk menuju selang. Sebaliknya ketika bensin penuh karena sebagian filter diatas tidak tersumbat, maka bensin bisa masuk dan motor normal. Artinya masalah tersebut terjadi pada filter yang kotor tersebut.
 Maka sebaiknya bongkar bagian fuel pump dan lakukan pembersihan pada filter bensinnya. Namun akan lebih baik jika mengganti komponen tersebut dengan yang baru, baik 1 set (fuel pump dan filter) maupun hanya bagian filternya saja. Walaupun tidak semua motor menyediakan komponen filter yang terpisah dari fuel pump.


 Itu saja informasinya semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Bensin Motor Injeksi Seret Sedikit Langsung Brebet, Disini Penyakitnya"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel