Belum Tentu Kabel Putus, Ini Cara Deteksi Speedometer Rusak - Ate Breaker

Belum Tentu Kabel Putus, Ini Cara Deteksi Speedometer Rusak

 Speedometer pada sepeda motor cukup penting keberadaannya, dimana perangkat pada panel informasi ini dapat memberitahu kita tentang kecepatan motor saat dikendarai. Disamping itu, kabel speedometer juga berperan penting untuk menjalankan odometer, yakni jarak yang pernah ditempuh motor yang juga diambil melalui kabel speedometer tersebut. Sementara bagi sebagian pengguna mungkin mengandalkan odometer untuk melakukan servis berkala pada motor, atau ganti oli. Jika speedometer dan odometer mati, tentunya bisa fatal ketika mencatat waktu untuk servis tersebut sekligus kehilangan untuk mengontrol kecepatan motor kala berkendara.
 Nah, sobat, pada kesempatan ini saya akan membagi cara mendeteksi masalah yang kerap terjadi pada speedometer, yakni speedometer tidak berjalan atau bekerja sebagai mana mestinya. Umumnya, masalah yang sering dialami adalah kabel speedometer mengalami putus. Namun apakah cuma itu masalahnya? Dan bagaiamana cara mendeteksinya? Berikut saya coba uraikan di bawah.
 Jarum speedometer motor yang bergerak ini diambil dari roda atau velg depan, yang terhubung melalui beberapa komponen. Meliputi kabel speedomter, gearbox, dan penghubung pada velg.
 Pada beberapa motor seperti honda beat, vario, atau motor bebek seperti honda supra series, honda revo, serta yamaha vega R dan Vega ZR, dengan panel informasi analog, sangat mudah untuk mendeteksi putusnya kabel speedometer, atau kerusakan di bagian lainnya. Anda cukup membuka socket kabel speedometer yang terhubung dengan gearbox pada velg depan motor. Caranya dengan menekan pengunci lalu menariknya.
 Ketika sudah terlepas, barulah mulai mengecek kondisi kabel speedometer dengan cara sebagai berikut.
  1. Lepas kabel speedometer dari gearbox
  2. Setelah terlepas maka kawat/kabel dalam sepedometer akan terliha, kemudian putar kabel speedometer dengan tangan sambil melihat panel informasi kecepatan pada dasbor. Jika kabel putus maka jarum analog diam, dan untuk memastikannya tarik kabel speedometer anda untuk memastikannya, kemudian ganti kabel (kabel luar dan dalam). Namun, jika saat kabel diputar jarum analog speedometer bergerak, artinya kabel speedomter tidak putus alias tidak mengalami masalah, maka lanjutkan ke langkah 3.
  3. Gunakan standar tengah, lalu buka velg depan, keudian lepas gearbox speedometer dari velg.
  4. Paasang kembali socket speedometer yang dilepas tadi, selanjutnya putar gear box (gigi pada gearbox) dengan tangan/obeng atau alat lainnya, sambil memperhatikan jarum analog. Jika jarum tidak bergerak, artinya gearbox rusak, dan anda tinggal menggantinya. Namun, jika jarum beregerak, lanjutkan ke langkah 5.
  5. Jika gearbox dan kabel bagus, artinya masalah terjadi pada velg motor anda. Lihat dan teliti bagian velg yang terhubung dengan gearbox. Gearbox akan bekerja kalau gearbox bisa berputar karena velg bergerak, biasanya pada velg terdapat bagian untuk memutar gearbox, berupa 2 bagian palang/dudukan gearbox, atau bisa juga menggunakan ring berpelat untuk terhubung dengan seperti pada motor lawas seperti supra series. Kerap kali, bagian tersebut bisa patah, atau tidak terpasang alias hilang yang membuat gearbox tidak berjalan.
 Pastikan anda mengeceknya secara teratur sesuai urutan nomor diatas agar mendeteksi kerusakan kabel spedometer berhasil. 
Itu saja informasinya semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Belum Tentu Kabel Putus, Ini Cara Deteksi Speedometer Rusak"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel