Alternatif Piston Buat Vega ZR, Pake Kaze Tak Perlu Overbos - Ate Breaker

Alternatif Piston Buat Vega ZR, Pake Kaze Tak Perlu Overbos

 Malam sobat semua, kali ini saya akan coba berbagi tips dan pengalaman mengenai piston alternatif buat vega ZR. Mengapa judulnya alternatif padahal piston vega ZR terbilang melimpah dari mulai original hingga KW?
kaze piston
 Ya, sebenarnya ini lebih kepada rombak piston atau seher yang cocok buat vega ZR. Sebagaimana vega ZR saat ini merupakan motor bebek yamaha bermesin 110cc. Motor ini juga dikenal memiliki performa lumayan untuk seukuran motor bebek berkubikasi ringan tersebut. Hanya saja terkadang motor ini rentan mengalami masalah pada mesin, terutama pada silinder rusak dan memerlukan korter.
 Nah terkadang, sebagian pengguna memanfaatkan mesin yang perlu korter tersebut sekaligus untuk meningkatkan performanya. Dan salah satu caranya adalah dengan mengganti piston menggunakan piston lain. Dan dalam hal ini, kebetulan yang akan kita bahas adalah vega ZR menggunakan piston Kaze. Mengapa harus kaze?
Baca juga: 5 piston ini bisa jadi alternatif buat supra fit kamu bertenaga
 Yup, secara ukuran, piston dari motor bebek kawasaki tersebut memiliki diameter besar, dibanding rata-rata motor bebek pada umumnya. Ukuran standar piston kaze yakni diangka 53mm. Jadi kompresi bisa lebih padat dan tenaga terdongkrak. Selain iu, piston alias seher kaze ini terbilang mudah dicari, karena sangat familiar bagi yang hoby korek mesin.
 Keuntungan lainnya vega ZR menggunakan piston kaze yaitu memiliki pen piston sama berukuran 13mm. Padahal vega ZR dibekali piston berdiameter hanya 50mm, artinya ada selisih 3mm antara piston kaze dan vega ZR. Namun jangan khawatir karena vega ZR dibekali liner boring yang tebal, dan bisa dijejali piston sampai berukuran 53,5mm. Sehingga tidak perlu overbos/ganti liner boring untuk menanamkan piston kaze pada jantung pacu bebek yamaha tersebut.
 Jadi jelas, sobat, piston kaze lah yang paling saya rekomendasikan untuk mendongkrak yamaha vega ZR anda, selain itu sayapun telah beberapa kali mencobanya sendiri.
 Nah, berkut tips-tips sebelum memasang piston kaze pada vega ZR sobat.
Baca juga: Rombak Mesin Supra Fit Pakai Piston Karisma

  1. Karena berbeda selisih 3mm antara piston standar jupiter z dengan kaze, jadi gunakan piston kaze maksimal memiliki size 0,50mm. Ukuran standar kaze lebih direkomendasikan.
  2. Agar tidak ada suara bising di mesin, pastikan bubut bagian depan (permukaan piston) sekitar 3mm, lengkap dengan area lubang klep in dan out. Selanjutnya jangan potong melingkar di bagian belakang/ekor piston, tetapi buat lancip saja, dengan tujuan ekor piston tidak menyentuh kruk as, namun tepat masuk diantara tengah kruk as. Sementara, bagian samping ekor piston diperdalam agar tidak membentur permukaan kruk as tersebut.
  3. Paking belakang minimal 2 lapis agar starter motor tidak berat.
  4. Permukaan tengah piston biarkan lonjong/jenong, untuk memaksimalkan kompresi.
  5. Pilih tempat korter boring yang bagus.
 Adakah efek buruk menggunakan piston kaze untuk vega ZR?
 Sebenarnya tidak ada, jika rombakan baik pada piston maupun korter dilakukan sedetail mungkin. Terutama benturan yang bisa menyebabkan suara bising, sekaligus memperpendek usia komponen mesin. Selain itu, mengganti piston dengan kaze, tidak memerlukan rombakan lainnya seperti pengapian, atau bahan bakar karena jika dibiarkan dalam keadaan standar pun akan tetap normal. Sebaliknya performa jauh meningkat.
 Satu hal yang terpenting, agar selalu menjaga oli atau pelumas, baik menjaga kualitasnya terutama jadwal mengganti oli, maupun memastikan oli naik dengan lancar ke bagian head. Nah selain itu, inreyn menjadi hal penting lain, dalam rangka penyesuaian komponen mesin terutama piston dan silinder. Agar lebih optimal, pastikan inreyn dilakukan selama dan serutin mungkin sebelum motor digunakan.
 Itu saja informasinya semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Alternatif Piston Buat Vega ZR, Pake Kaze Tak Perlu Overbos"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel