Tips Mengganjal Laher Oblak Pada Velg/ Roda Motor - Ate Breaker

Tips Mengganjal Laher Oblak Pada Velg/ Roda Motor

 Malam mas bro semua, sebelumnya saya pernah memposting bagaimana cara mendeteksi kerusakan laher pada velg atau roda sepeda motor. Nah untuk melengkapi hal yang sedikit saya singgung pada postingan tersebut, adalah kerusakan pada dudukan laher roda yang membuat laher oblak meski diganti baru, dimana motor dengan usia lama biasanya mengalami hal demikian.

 Oblaknya dudukan laher pada roda otomatis akan membuat velg oblak, karena laher tidak tertanam dengan pas. Penyebabnya karena pengguna telat mengganti laher yang rusak, atau bisa karena seringnya laher dibongkar pasang.
 Jika sudah demikian maka tidak ada jalan lain selain mengganti komponen dudukan laher tersebut. Jika pada velg jari-jari anda cukup mengganti tromol sebagai dudukan laher/bearings tersebut, nah kalau pada velg racing (cast wheel), tentunya harus sepaket dengan velgnya. Mahall gan!!!
Tapi ya demi kenyamanan berkendara, tentunya mengganti velg ini suatu keharusan, atau setidaknya mencoba memperbaiki dudukan laher tersebut dengan cara cor. Sialnya, biasanya tidak bisa bertahan lama. Jadi intinya harus tetap ganti.
Baca: Deteksi kerusakan laher roda pada motor itu mudah, Ini caranya
 Nah, sebelum ganti, jika anda perlu waktu untuk menabung, lantas velg oblak apa akan dibiarkan tetap oblak begitu saja? Tentu tidak enak digunakan sepeda motor anda bukan?
 Yup, pada artikel ini saya akan membagi tips agar velg tidak oblak untuk sementara saja, sampai anda bisa mengganti komponen dudukan bearing/laher tersebut. Untuk caranya, memang sudah umum seperti menggunakan kaleng bekas, atau kain model jeans bekas. Mengapa 2 benda diatas?
Seperti yang sudah disebutkan, benda ini memang yang paling umum digunakan, serta efektif untuk mengatasi kelonggaran laher, selain itu barangnya bekas serta mudah di dapat.
 Berikut tips mengganjal laher rodavelg oblak.

Menggunakan Kaleng Bekas
 Silahkan memilih kaleng yang akan digunakan, namun yang perlu diperhatikan, jangan menggunakan kaleng yang terlalu tebal. Misalnya kaleng bekas plat nomor Efeknya bisa membuat dudukan laher pecah pada tromol, meski bisa disesuaikan ukurannya.
 Nah sebagai saran, sebaiknya cari kaleng yang sangat tipis saja, dan usahakan ketika mengganjal harus full di sekeliling dudukan laher. Tujuannya, agar velg tidak miring, dan awet.
Tapi, walaupun dianjurkan untuk full mengganjal di sekeliling dudukan laher pada velg, sebaiknya tidak memaksakan jika laher tidak bisa masuk karena dudukan laher bisa pecah. Misalnya oblaknya laher cuma sedikit saja, maka ganjalnya pun harus disesuaikan ukurannya. Namun, sebaiknya membagi ganjal selurus mungkin, misalnya membuat 4 potongan ganjal dan diletakan di 4 sisi sama rata pada dudukan laher, agar posisi laher tetap lurus. Semoga maksudnya dipahami ya mas bro!! hhe.
 Unutk caranya bisa lakukan sebagai berikut.

  1.  Siapkan kaleng bekas (saran Bekas kaleng susu murni gambar ber*ang)
  2.  Potong kaleng dan ukur sesuai lingkaran, dengan lebar kurang lebih 1,5-2cm
  3.  Boleh gunting sedikit bagian atas ganjal/kaleng tersebut setengahnya, agar kaleng mudah untuk dipasang
  4. Pasang kaleng pada dudukan laher, kemudian pasang lahernya pelan saja, jika keras jangan dilanjutkan karena dudukan bisa pecah. Sesuaikan ukurannya.
  5. Selanjutnya rapikan jika ada sisa ganjal yang mengganggu
Mengganjal menggunakan kain bekas jeans
 Mengapa kain bekas jeans? Selain kuat, kain jenis jeans ini sedikit lebih tebal dari kain biasa. Kelebihan lainnya, ketika dudukan tidak begitu longgar, kain tetap bisa menyesuaikan laher yang dipaksa masuk tersebut, jadi mengurangi resiko pecah. Namun tetap bisa pecah jika ganjal terlalu berlebihan. Namun kekurangannya, tidak bisa bertahan terlalu lama.
Untuk caranya bisa lakukan sebagai berikut.
  1. Potong kain dengan bentuk kotak atau lingkaran yang penting bisa menutupi dudukan laher
  2. Lubangi bagian tengah, cukup sesuaikan dengan ukuran as roda, tidak perlu melubangi sesuai ukuran laher
  3. Pasang kain pada dudukan, lalu pasang laher
  4. Seperti biasa, jangan paksa jika terlalu keras, tapi sesuaikan ukuran ganjalnya
  5. Selanjutnya tinggal rapikan ganjal
Itu saja informasinya semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Tips Mengganjal Laher Oblak Pada Velg/ Roda Motor"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel