Tips Membuka Mika Lampu Motor Dengan Mudah - Ate Breaker

Tips Membuka Mika Lampu Motor Dengan Mudah

 Mika lampu atau kaca pada headlamp sepeda motor berguna untuk melindungi bohlam dan reflektor dari kotoran serta benturan. Selain itu, mika juga berperan penting dalam terangnya pencahayaan.


 Kadangkala mika lampu sepeda motor bagian depan mengalami pecah atau kusam yang mengharuskan komponen ini untuk diganti. Mengganti lampu motor memang lebih baik jika satu set dengan reflektor. Namun karena mahal, mengganti mika atau kaca lampunya saja bisa menjadi alternatif.
 Bagi anda yang bermaksud menggantinya sendiri, mungkin akan sedikit mengalami masalah saat hendak melepas mika lampu dari reflektor. Terutama jika mika baru pertamakali diganti. Penyebabnya, karena mika dan reflektor diberi lem khusus yang sangat lengket. Ketimbang mika terlepas, umumnya malah membuat mika pecah saat mencoba menarik atau mencongkelnya. Walaupun begitu, pada akhirnya mika akan bisa diganti, hanya saja jika ukuran pecahan mika sangat kecil dan akan menghabiskan banyak waktu.
Baca juga: Cara atasi kaca lampu (mika) Berembun
 Nah dalam postingan ini, saya mau berbagi tips cara melepas mika lampu sepeda motor dengan cepat, tanpa pecah dan tanpa menghabiskan waktu. Ikuti langkahnya sebagai berikut.

  1. Pastikan reflektor sudah dilepas dari batok headlamp
  2. Gunakan air mendidih, usahakan masak air lebih dulu secukupnya untuk merendam mika lampu, gunakan ember/barang lainnya
  3. Rendam mika lampu dan reflektor kurang lebih 2-5menit
  4. Angkat reflektor, gunakan obeng min/plat dan congkel mika dari tiap sisi penguncinya sampai pengunci pada mika bergeser dari reflektor
  5. Setelah pengunci terlepas, mulailah melepas mika dengan mencongkelnya dari sudut samping (area sempit) lebih dulu, namun jika headlamp bulat bisa dimulai dari mana saja
  6. Saran: Congkel lebih dari 1 titik agar mika bisa dengan mudah terlepas tanpa pecah.
Itulah tips membuka mika lampu sepeda motor. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Tips Membuka Mika Lampu Motor Dengan Mudah"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel