Korek Revo 110 Pakai Piston Jupiter Z Jenong, Hampir Aja Macet - Ate Breaker

Korek Revo 110 Pakai Piston Jupiter Z Jenong, Hampir Aja Macet

 Malam mas bro, kali ini saya coba berbagi tentang pengalaman sendiri korek revo absolute 110 lansiran 2009. Ceritanya, seorang tetangga yang mengalami motor macet, lagi-lagi kehabisan oli biangnya mas bro! Pas dibuka ternyata motor emang korekan, saya lihat piston sudah menggunakan milik jupiter Z oversize 0,50mm. Wah ngeri nih mas bro, 0,50mm jupiter Z=1,50mm honda revo original. Udah gede bener!! Pantes macet kalau oli gak keurus.
Baca: Cara cek oli motor
 Yups, selanjutnya saya tawarin buat ganti boring kalau mau motor normal lagi. Tapi karena masalah biaya, pemilik meminta untuk sebisa mungkin mengakalinya saja, tapi karena motor sisa macet/ngejim mana bisa diakalin, soalnya liner boring juga sudah gores parah. Akhirnya karena tetap karena alasan biaya, saya tawarin buat korter aja pakai piston 2.00mm, dengan resiko boring liner yang tipis. Katanya setuju, tapi uniknya candanya bilang "gak apa yang penting enak digeber aja". 
Akhirnya terlintas, ok lah saya pakai piston aftermarket.
 Setelah cari dapat juga piston jupiter Z aftermarket dengan permukaan jenong, merknya fim, nah karena beda 1mm antara piston asli revo dan jupiter, maka saya pakai piston jupiter z 1.00mm=2.00mm (diamater 52mm) piston aslinya. Setelah boring dikorter, baru piston yang dipermak. Saya bikin 2 lubang klep diatas dan bawah, cukup dalam sob biar tak mentok karena piston merk dan model ini ternyata cukup tebal juga permukaanya. Untuk bagian ekor piston saya biarkan karena tak mentok ke kruk as.
fim jupiter z jenong
Baca juga: Motor bebek c70 custom, pakai mesin 600cc
 Barulah saya pasang boring yang menyisakan ketebalan liner kurang lebih atau kurang dari 2mm ini. Saya coba tanpa tambah paking dibelakang, setelah di cek memang tak mentok berkat lubang 2 lubang klep yang dibuat besar dan dalam dipermukaan piston tadi. Selanjutnya baru ada niatan buat inreyn motor.
 Lanjut,,, pas inreyn gak ada masalah, suara mesin ok bener, gak ada benturan, cuman korteran agak sesak jadi langsam berat, saya putar baut lansam lebih dalam. Setelah piston melonggar, kurang lebih 4-5jam inreyn, pas dicoba tarikan sedikit berat disertai suara nglitik (kemungkinan karena kompressi terlalu padat). Setelah coba tak narik gas dalam (setengah gas), motor malah semakin melambat dan panas,, wah ada masalah nih...
 Akhirnya saya putuskan bongkar lagi boring, dan tambah paking silinder belakang menjadi 2 lapis, agar kompresi tak terlalu padat. Agar tidak menyumbat jalur oli, paking saya buang bagian jalur oli (hanya bagian tengahnya saja) dari blok tengah menuju baut silindernya. Setelah itu, saya coba lagi motor tidak ada masalah. Nah sudah sekitar 2 minggu dari korek sampai sekarang, mesin tetap ok, tanpa bising, tapi karena liner yang tipis, katanya panasnya kadang berlebihan. Tapi asal oli naik, dan dirawat terutama jadwal ganti oli dimajukan, tidak akan ada masalah.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Korek Revo 110 Pakai Piston Jupiter Z Jenong, Hampir Aja Macet"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel