Ketahui, 5 Penyebab Rem Cakram Motor Macet - Ate Breaker

Ketahui, 5 Penyebab Rem Cakram Motor Macet

 Malam sobat, seperti diketahui saat ini rem dengan model cakram telah menjadi perangkat wajib bagi sepeda motor. Karena memiliki banyak keunggulan serta modern, rem jenis ini telah digunakan hampir pada semua sepeda motor, baik matic, bebek maupun sport. Meski tidak semua roda dibekali rem jenis ini, misalnya pada matic ringan hanya di bagian depan saja, namun untuk banyak skutik premium seperti yamaha Nmax atau PCX keduanya telah dibekali double disc atau rem model cakram ini.
 Namun terkadang, masalah yang ditemui pada rem sepeda motor jenis ini adalah macet. Hal ini membuat roda tidak berputar dengan lancar, dan bisa menimbulkan banyak masalah. Mulai dari terganggunya performa motor (karena macet), hingga membuat panas rem hingga ke velg. Selain itu, rem yang macet otomatis akan membuat kampas rem semakin seret dan mudah aus beserta cakramnya.
 lantas apa penyebabnya?

 Menurut opini dan pengalaman sendiri ada 5 hal yang bisa membuat rem cakram motor macet sebagai berikut.
 Baca juga: Cara Setting Rem Cakram (Hydrolik) Tanpa Baut Pembuangan Kaliper (Patah)

1.Bracket

 Bracekt adalah dudukan bagi kaliper diletakan, serta bagian yang menghubungkan kaliper dan sasis atau bagian lain pada body motor tempat kaliper disimpan. Nah sobat, kaliper yang terletak pada bracket ini tidak dikunci atau diam, melainkan kaliper harus bisa bergeser atau bergerak ke sisi kiri atau kanan. Bergeraknya kaliper ini dimaksudkan agar kaliper bisa menyesuaikan posisinya meski saat cakram motor baling, sehingga perputaran roda tetap lancar. Tidak cuma itu, pada bracket biasanya dilumasi gemuk agar pergerakan kaliper lancar, serta sil untuk meredam getaran.
 Nah kadangkala yang membuat cakram macet adalah kaliper yag tidak bergerak karena pelumas pada bracket kering atau adanya karat pada bracket tempat diletakannya kaliper. Maka sebaiknya servis bagian bracket dan kaliper ini serta lumasi dengan gemuk atau stemplet.

2. Cakram

 Cakram atau piringan cakram yang dijepit kampas rem rentan mengalami masalah. Beberapa masalah pada cakram yang bisa membuat roda atau velg macet adalah cakram yang bergelombang. Jika permukaan cakram yang bergelombang tersebut tidak sesuai dengan permukaan kampas rem akan menimbulkan macet. Biasanya ini terjadi setelah kampas rem diganti baru. Adapaun penyebab cakram bergelombang, bisa disebabkan karena kompon kampas rem yang keras.
 Selain itu, cakram baling parah dan tidak bisa disesuaikan kaliper juga bisa membuat roda alias velg motor macet.
 Untuk mengatasinya anda bisa mengganti cakram dengan yang baru, atau disesuaikan melalui permukaan kampas rem dengan permukaan cakramnya.
Baca juga: Tips merawat cakram motor biar awet

3. Minyak rem

 Macetnya cakram atau roda motor bisa juga disebabkan oleh minyak rem. Ini biasaya terjadi setelah menambah minyak rem yang melebihi ukuran. Selain itu, adanya angin palsu juga bisa menjadi penyebabnya. Untuk mengatasinya cukup dengan membuang minyak rem dari baut pembuangan kaliper.

4. Settingan rantai dan velg tidak sesuai

 Untuk rem cakram yang terletak pada motor bebek atau motor sport di roda belakang, tentunya memiliki settingan rantai roda/velg. Kadangkala jika settingan roda tidak sesuai membuat posisi roda bengkok, dan membuat cakram ikut bengkok. Nah, ini menyebabkan cakram terjepit kampas dan kaiper yang membuatnya macet. Maka, periksa kembali setingan roda belakang dan pastikan posisinya tepat.
Baca juga: Atasi rem cakram belakang blong (ngelos), bagian ini yang sering rusak

5. Velg atau bagian lain sepeda motor baling
 Nah, yang sudah pasti mudah dicari masalahnya. Seperti pada nomor 4, velg baling membuat putaran roda bengkok yang disertai dengan putaran cakram bengkok, dan berujung pada cakram yang kejepit kampas rem (jika baling parah).
 Selain velg yang baling, bagian lainnya seperti tabung suspensi depan baling juga bisa mempengaruhi putaran velg dan cakram.jika demikian, untuk mengatasinya harus dilakukan dengan press atau ganti komponen yang baling tersebut.

Itu saja informasinya semoga bermafaat.
Baca juga: Penyebab rem cakram motor blong, (ngelos) serta cara atasinya

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Ketahui, 5 Penyebab Rem Cakram Motor Macet"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel