Jangan Anggap Remeh Selang Ablas Di Motormu, Ini Fungsinya - Ate Breaker

Jangan Anggap Remeh Selang Ablas Di Motormu, Ini Fungsinya

 Malam mas bro semua, post kali ini tentang salah satu selang pada mesin motor yang mungkin mengundang pertanyaan anda, karena mungkin anda sering melihatnya tapi tidak tau kegunaanya untuk apa. Maka tidak ada salahnya jika saya coba tulis disini untuk sekedar menambah pengetahuan.
selang pernafasan (ablas)
  Pada mesin motor baik motor bebek maupun motor sport, biasanya dibagian mesin tepatnya di blok tengah bagian belakang terdapat lubang pada mesin dan terhubung menuju filter udara motor melalui sebuah selang. ukuran selang ini umumnya lebih besar dari selang bensin. Sedangkan pada skutik selang ini terletak di bagian head mesin, meskipun tetap terhubung menuju filter udara.
ablas di crankase atas pada mesin motor bebek
 Bagi sepeda motor lama kebanyakan, selang ini kerap diabaikan bahkan tidak jarang yang dicopot baik dari filter udara maupun dari bagian mesin tersebut. Sebenarnya apa fungsi selang ini?
 Selang ini saya lebih senang menyebutnya sebagai selang pernafasan, atau lebih dikenal dengan sebutan selang ablas. Fungsi selang ini cukup vital, karena berperan mengatur udara di dalam mesin. Selang ini bekerja kala mesin hidup yakni memasukan udara serta mengeluarkan udara dari dan ke dalam mesin. Maka sirkulasi udara di dalam mesin akan tetap terjaga, sekaligus menjaga suhu mesin ketika panas.
Baca juga: Engkol motor tak kembali ke posisi awal? Komponen ini yang rusak
 Udara yang masuk dan keluar melalui selang ini dipengaruhi pergerakan piston. Ketika piston bergerak maju/keatas pada titik mati atas (TMA), udara dari luar mesin terhisap melalui selang tersebut. Sebaliknya, ketika piston bergerak mundur pada titik mati bawah (TMB) udara dari dalam mesin terdorong keluar.
 Fungsinya memang sederhana, tapi sebenarnya sangat penting sehingga efek yang dirasakan ketika selang ini terganggu cukup banyak. Misalnya terjadi penyumbatan pada selang oleh kotoran atau selang menyempit karena sering terkena panas mesin. Efeknya sirkulasi udara menjadi tidak lancar, dan bisa membuat berefek buruk pada komponen-komponen mesin. Salah satunya pada motor jenis bebek seperti honda supra series, seringkali membuat beberapa seal magnet jebol terus-terusan meski telah diganti baru. kemungkinan yang sering menjadi penyebab adalah bagian selang ablas tersumbat dan membuat tekanan udara di dalam mesin merusak sil tersebut. Sering juga ditemui pada mesin yang cepat panas, bisa dicirikan pada beberapa motor bebek dengan selang ablas tersumbat, adalah adanya udara kala menguras oli (ganti oli) yang keluar cukup kuat saat membuka baut oli.
 Pada beberapa motor dari yamaha, fungsi selang ablas lebih unik lagi, dimana selang ini dapat otomatis membuang oli dari mesin jika kelebihan takaran. Biasanya terjadi pada beberapa motor bebek seperti vega R jupiter mx dan lainnya. Sementara pada motor jenis skutik baik honda maupun yamaha pun sama.
ablas pada matic
 Sobat, jika ada sudah mengetahui fungsinya, dan jika usia motor anda sudah cukup lama, sebaiknya selang ini tidak luput dari perhatian. Pastikan selang tidak tersumbat, dan bisa di cek dengan cara melepas selang jika terhubung dengan filter udara, selanjutnya hidupkan mesin motor dan tutup pada lubang selang dengan tangan serta rasakan apakah sirkulasi udara bekerja dengan benar?  Itu saja informasinya semoga bermanfaat, jika ada salah silahkan tambahkan.

 Baca juga: Kenali gejala dan ciri ring seher bermasalah

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Jangan Anggap Remeh Selang Ablas Di Motormu, Ini Fungsinya"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel