Engkol Motor Tak Kembali Ke Posisi Awal, Komponen Ini Yang Rusak - Ate Breaker

Engkol Motor Tak Kembali Ke Posisi Awal, Komponen Ini Yang Rusak

 Sobat keberadaan engkol atau kick starter pada sepeda motor amatlah penting. Meski motor saat ini telah dibekali starter elektrik, bahkan keyless, namun engkol akan sangat berguna ketika aki motor mati, atau elektrik starter mengalami masalah. Apalagi jika motor anda berjenis skutik atau motor matic, maka kick starter menjadi pilihan terakhir untuk menghidupkan motor saat starter rusak.

 Bagi motor berjenis bebek maupun sport, kick starter atau engkol ini lebih sering digunakan oleh pengguna. Sebab, posisinya memang sangat mudah dijangkau, juga karena aki pada motor jenis ini cenderung lebih cepat soak dibanding skutik.
 Nah sobat, diantara penyakit yang dapat terjadi pada engkol adalah engkol tidak bisa kembali ke posisi semula setelah digunakan. Tentunya kondisi ini bisa membuat anda jengkel bukan? Parahnya lagi, ketika dikembalikan ke posisi semula, engkol pun akan jatuh lagi kebawah, ujung-ujungnya diikat lah engkol tersebut. Apa yang terjadi dengan engkol semacam itu, serta komponen apa yang rusak dan harus diganti?
 Sebelumnya, hal tersebut sering dialami motor berjenis bebek dan sport, juga skutik. Namun untuk motor matIc atau skutik, memiliki perbedaan yang cukup banyak. Juga untuk penyebab dan cara atasi pada skutik sudah saya bahas di postingan berikut.
Baca: Ini penyebab dan cara atasi engkol (kick starter) motor matic macet
 Lalu bagaimana dengan motor bebek dan motor sport? Yup, mari kita bahas.
 Pada motor jenis bebek ataupun sport, biasanya yang menjadi penyebab engkol tidak bisa kembali ke posisi semula, adalah adanya masalah pada mesin. Komponen mesin yang sering menjadi penyebabnya, dan bisa dipastikan 99% disebabkan hal yang sama adalah per engkol yang patah.
Semua engkol sepeda motor memiliki per untuk mengembalikan posisi engkol kembali ke atas setelah mengengkol motor tersebut. Tak cuma itu, per juga berguna untuk menahan engkol agar tidak kembali ke posisi bawah, sebab ketika mesin hidup, gigi engkol terlepas dari tahanan gigi dalam (bagi sebagian motor) sehingga engkol bisa jatuh kembali ke bawah.
per engkol
 Jadi untuk mengatasi masalah demikian pada engkol adalah mengganti per tersebut. Untuk harga per engkol sendiri memang bervariasi, tergantung jenis motornya juga kualiatasnya. Umumnya berada dikisaran 35ribuan-150ribuan (motor bebek). Tentunya harga akan berbeda untuk motor sport.
 Yang perlu anda ketahui soal harga mengganti engkol bukan pada berapa harga per engkolnya. Perlu diingat, mengganti per engkol, berarti membongkar mesin motor anda. Jadi jangan kaget jika harganya mahal. Ditambah lagi, bagi sebagian motor bebek, seperti suzuki smash, memiliki per engkol yang terletak pada mesin bagian tengah atau blok tengah (gearbox/gigi rasio), artinya ketika mengganti per engkol mesin motor harus dibongkar semuanya (turun mesin). Sementara untuk beberapa motor seperti honda supra series, yamaha vega R dan vega ZR, bagian per engkolnya terletak dibagian blok kopling mesin. Jadi proses pasang per dilakukan dengan membongkar blok kopling mesin alias sebagian saja.

 Nah sobat, selain masalah engkol diatas, masalah lainnya yang sering dialami engkol adalah ngelos atau engkol tidak menggigit saat digunakan. Ini sering terjadi pada beberapa motor bebek, sport, baik yang menggunakan kopling manual maupun otomatis. Mungkin akan saya bahas dikemudian hari.
Baca: Penyebab Dan Cara Atasi Kick Starter (Engkol) Ngelos Pada Motor Bebek Dan Sport
 Sekian infonya, semoga bermanfaat.
Baca juga: Tips atasi engkol motor matic patah, serta hitung biayanya

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Engkol Motor Tak Kembali Ke Posisi Awal, Komponen Ini Yang Rusak"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel