Cara Mudah Seting Rem Cakram Motor Bagian Depan - Ate Breaker

Cara Mudah Seting Rem Cakram Motor Bagian Depan

 Sebelumnya saya pernah menulis penyebab rem motor blong (ngelos) sekaligus bagaimana cara memperbaikinya. Nah postingan ini sekedar melengkapi saja tentang cara seting rem cakram motor bagian depanyang menggunakan hydrolik. Sedangkan jika masalah yang terjadi pada rem belakang, sobat bisa membacanya di link ini.
tekan dan tahan tuas rem depan motor
 Sebelumnya, kadangkala proses seting rem ini sering ditemui kendala bagi beberapa orang karena berbagai hal, misalnya minyak rem susah turun meski telah dibuang dari baut pembuangan minyak rem pada kaliper. Maka pada kesempatan ini saya akan membagi cara untuk seting rem cakram motor  dengan mudah, baik setelah ganti master, atau kuras minyak rem, agar tidak banyak menyita waktu alias bisa selesai dengan mudah dan cepat. Berikut tips nya.
ilustrasi bagian rem cakram atas


  1. Pastikan anda sudah membuka dan membersihkan reservoir, termasuk 2 lubang minyak rem dibawahnya tidak tersumbat alias bersih dari kotoran.
  2. Pastikan tidak ada baut jalur minyak rem yang longgar, baik baut pembuangan pada kaliper, maupun pada selang.
  3. Isi reservoir (tempat penyimpanan minyak rem) dengan minyak rem secukupnya, lalu pompa rem melalui handle/tuas rem.
  4. Setelah 3-5kali dipompa, selanjutnya tekan tuas dan tahan sejenak. Bersamaan dengan itu, kendorkan baut selang bagian atas yang menempel pada reservoir 2-3 putaran, lalu kencangkan lagi (sambil tuas rem masih dalam keadaan ditekan). Setelah itu, lepaskan tuas dan ulangi cara tadi hingga minyak rem menyembur ketika baut selang dilonggarkan (ketika menyembur=minyak rem lancar).
  5. Nah sobat, jika master baru dan normal, cara seting melalui baut reservoir tadi seharusnya bisa membuat rem kembali berfungsi, meski tanpa membuang minyak rem melalui baut pembuangan minyak rem di kaliper. Jika masih belum berfungsi, lakukan juga cara no.4 pada baut selang bawah yang terletak pada kaliper, serta lakukan juga cara tadi pada baut pembuangan kaliper.
 
(dilingkari), baut selang atas

merah=baut pemb.kaliper (nepl), kuning=baut selang bawah

Jika masih berlum berhasil, sobat bisa gabungkan cara diatas dengan cara pada postingan berikut.
Semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Seting Rem Cakram Motor Bagian Depan"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel