Cara Memoles Stang Seher Akibat Mesin Macet (Ngejim) - Ate Breaker

Cara Memoles Stang Seher Akibat Mesin Macet (Ngejim)

 Malam sobat, sebelumnya saya pernah membagi tips, cara membuaka pen piston yang macet karena mesin ngejim alias macet. Nah pada postingan kali ini adalah kelanjutannya, yaitu bagaimana cara memoles stang seher atau stang piston tergores yang diakibatkan karena macetnya mesin motor.
 Mengapa stang piston perlu dipoles?
stang piston, ilustrasi

 Seperti yang saya sebutkan, ketika mesin macet terutama karena kehabisan oli, umumnya komponen yang terdampak adalah piston yang tidak dapat bergerak karena tidak terlumasi oli. Nah ketika hal itu terjadi bagian pen piston dan stang seher kemungkinan tertekan cukup kuat hingga menyebabkan goresan pada permukaannya. Maka, ketika pen piston ini dibuka, pasti macet, begitupun ketika hendak memasang pen piston baru, sudah pasti macet juga jika goresan pada stang tidak diperbaiki. Kecuali stang piston diganti baru.
 Lalu bagaimana cara memolesnya kembali?
 Mudah saja, seperti besi lainnya untuk memperhalusnya cukup menggunakan amplas. Namun masalahnya, pasti akan memakan waktu lama, jika kita amplas dengan cara manual tanpa alat. Nah, dalam hal ini, kita membutuhkan setidaknya bor atau tuner. Namun jika menggunakan tuner terlalu beresiko karena bisa membuang banyak lapisan stang seher dan bisa membuat pen piston menjadi longgar. Akibat pen piston longgar bisa menimbulkan suara bising saat mesin dinyalakan.
 Nah, saya sendiri sering mencoba menggunakan bor biasa dan amplas. Caranya, cukup siapkan ketiga alat ini.
bor/tuner

  1. bor
  2. amplas 2500
  3. besi panjang, dengan ukuran diameter lebih kecil dari lubang stang seher, saya pernah mencoba menggunakan bekas as roda
amplas no 2500

Caranya, pasang besi panjang pada bor (sebagai mata bor), lalu balut dengan amplas halus tadi dan sesuaikan jangan terlalu padat dan jangan terlalu longgar kala dimasukan ke lubang stang seher atau lubang pen piston tersebut. Selanjutnya, nyalakan bor dengan perlahan, dan sesekali coba masukan pen piston hingga pen piston berhasil diputar cukup lancar.
 Sekali lagi, berhati-hati kala mengamplas stang piston, karena jika terlalu longgar bisa membuat mesin bising, begitupun jika masih seret bisa membuat mesin macet.
 Itu saja informasinya semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Cara Memoles Stang Seher Akibat Mesin Macet (Ngejim)"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel