Cara Membuka Laher roda Motor Ambrol - Ate Breaker

Cara Membuka Laher roda Motor Ambrol

 Sobat, laher atau bearings pada roda sepeda motor merupakan salah satu komponen yang perlu diganti ketika aus. Laher berguna bagi kestabilan sepeda motor selain daripada fungsinya untuk memperlancar putaran velg/roda tersebut.

 Ketika laher rusak pasti dapat dengan mudah dikenali seperti adanya goyangan pada roda depan atau belakang apalagi ketika membawa beban berat. Untuk mengenali ciri-ciri laher oblak, karena aus, sobat bisa baca postingan berikut.
Baca: Deteksi kerusakan laher roda pada motor itu mudah, ini caranya
 Jika laher aus dibiarkan terlalu lama, tidak jarang membuatnya ambrol, baik ketika velg dibongkar, maupun ambrol saat mengetoknya ketika akan dilepas dari velg. laher yang ambrol tersebut menyisakan cincin laher bagian luarnya saja, sementara bagian dalam dan pelor, sudah jatuh duluan. Padahal untuk melepas laher dari velg harus diketok dimana bagian laher yang terkena dorongan adalah bagian cincin tengahnya.
 Jika demikian, untuk membuka cincin laher yang tersisa dan umumnya sangat keras tersebut, anda bisa lakukan cara berikut.

1.Pasang pelor
 Sobat bisa coba pasang kembali pelor dan cincin tengahnya, namun hanya sebagian saja. Untuk caranya, sebagai berikut.

  1. Patikan anda sudah membuka laher lainnya agar lebih mudah.Maksudnya laher pada velg ada dua bagian, yakni sisi kanan dan kiri. Jika yang ambrol bagian kanan, berarti bagian kiri sebaiknya dibuka lebih dulu.
  2. Siapkan 5 butir pelor, ambil dari laher yang ambrol tadi, lalu pasang lagi pada velg beserta cincing tengahnya. 5 Biji dimaksudkan agar pelor bisa masuk dengan mudah.
  3. Selanjutnya atur posisi pelor sama rata jaraknya (antar pelor), jika sudah lanjutkan cara 4.
  4. Setelah pelor dipasang, coba tekan, apakah cincin tengah sudah keras? jika masih longgar, anda bisa tambah pelor jadi 6.
  5. Selanjutnya, mulailah ketok laher dengan besi dan palu hingga terdorong keluar dari velg.
2. Dengan media las
 Seringkali laher yang ambrol menyisakan cincin luar yang sangat sulit dibuka, apalagi jika sudah berkarat. Jika cara 1 tidak berhasil, cara terbaiknya dengan menggunakan jasa las. Dalam hal ini disarankan menggunakan las karbit. Sebab, bisa dicoba membuka dengan media pemanasan pada cincinnya terlebih dahulu. Ketika cincin laher diberi panas lebih dulu biasanya akan melonggar dan mudah dikelauarkan, tentunya dengan bantuan ketokan juga. Namun jika masih tidak berhasil, dengan las bisa memasang besi tertentu pada cincin laher sebelum diketok, yang penting ada media untuk mendorong cincin tersebut. Selain itu, dengan las ini cincin laher juga bisa mudah dihancurkan.

 Selain dua cara diatas, sebenarnya masih ada cara lain untuk membuka cincin laher, yaitu dengan tetap mengetok laher tersebut. Caranya dengan bisa menggunan besi yang memiliki kepala lebih lebar, sehingga ketika diletakan pada cincin laher bisa sedikit menempel, contohnya menggunakan bekas as roda/velg motor yang memiliki kepala lebar. Jika dibarengi dengan ketokan lebih keras, serta dilakukan berulang-ulang, maka cincin laher bisa bergeser. Sedikit geseran walau beberapa mm, bisa membuat cincin laher mudah terlepas pada ketokan-ketokan selanjutnya.
Selanjutnya, cobalah menyemprot anti karat pada laher lebih dulu, atau menggunakan minyak rem untuk membuang karat tersebut.

Itu saja informasinya, selamat mencoba.
Baca juga: Tips mengganjal laher oblak pada roda/velg sepeda motor

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Cara Membuka Laher roda Motor Ambrol"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel