Cara Melepas Pen Piston Macet Karena Ngejim (Kehabisan Oli) - Ate Breaker

Cara Melepas Pen Piston Macet Karena Ngejim (Kehabisan Oli)

 Sobat, pada artikel sebelumnya mimin pernah membahas bagaimana mengatasi sepeda motor ngejim atau macet di tengah jalan, agar motor bisa berjalan kembali meski umumnya mesin harus segera diperbaiki. Sebelumnya, mengenai mesin motor macet biasanya disebabkan karena oli motor menyusut dan membuat sebagian besar komponen mesin tidak mendapatkan pelumasan. Nah dalam hal ini, bagian piston atau seher dan silindernya yang sering terkena dampak, dimana bagian tersebut sangat perlu untuk dialiri oli. Jika oli menyusut dan seher atau piston serta silinder kurang mendapatkan pelumasan, akan membuat komponen ini macet atau ngejim. Mungkin artikel saya sebelumnya bisa sedikit lebih menerangkan penyebab mesin motor macet ini secara lebih jelas.
gambar pribadi

 Nah, jika mesin macet karena kehabisan oli, perbaikan harus dilakukan pada mesin yang mengalami hal tersebut. Sebab, meski mesin bisa kembali hidup, umumnya akan menimbulkan suara bising tak keruan. Komponen mesin yang paling rentan terkena dampak adalah piston atau seher, silinder, stang piston dan bagian lainnya yang terletak pada head mesin, seperti pelatuk klep dll.
 Tidak sedikit juga dari mesin yang macet tersebut menyisakan piston yang ambrol, tergores bahkan macet kala pen piston hendak dilepas. Penyebab piston atau seher macet ini karena bagian stang piston tempat pen piston dipasang tergores, maka pen piston sebagai penghubung antara piston alias seher dengan stang piston menjadi macet dan sangat sulit dibuka jika hanya mengandalkan mengetoknya dengan palu saja.
 Namun, sebagian mekanik mungkin masih memilih untuk tetap menggunakan stang piston tersebut, dan hanya akan mengganti piston serta korter boring saja.Ya, bisa saja demikian, dengan catatan stang piston yang rusak hanya terjadi pada bagian atasnya saja, yaitu bagian letak pen piston tadi. Tetapi masalahnya kembali pada pen piston macet tersebut, karena mau tidak mau, seher atau piston harus tetap dilepas jika tidak akan mengganti stang piston.
milik pribadi

 Pada artikel ini, saya akan mencoba membagi cara membuka pen piston yang macet karena mesin ngejim kehabisan oli, atau karena hal lainnya. Adapun caranya, adalah sebagai berikut.
Baca juga: Cara cek oli motor

Buka pen dengan cara Press baut
 Mungkin sobat pernah membuka pelatuk klep yamaha mio? Jika iya, mungkin sobat mengambil pen pelatuk klep tersebut menggunakan baut yang dipress dengan media boss atau plat diatasnya. Ketika baut dimasukan pada drat pen lalu di press dari atas, maka baut dan pen akan ikut tertarik ke atas bukan?
 Maka, cara tersebutlah yang akan kita gunakan untuk membuka pen piston macet, dan cara ini juga pernah mimin gunakan kala membuka pen piston yang macet. Sayangnya, pada pen piston tidak terdapat drat untuk baut, maka disinilah kita perlu membuat agar proses press baut untuk membuka pen piston bisa dilakukan. Caranya bisa coba sebagai berikut.
link:baut kepala 8mm, drat 10mm

  1.  Siapkan baut 10mm panjang minimal 5cm beserta murnya
  2. siapkan boss baja/besi dengan diameter luar maksimal sama dengan diamter pen piston seher yang akan sobat buka, sekaligus memiliki lingkaran dalam yang tidak lebih kecil dari ukuran baut 10mm tadi. Bisa menggunakan pen piston motor lain yang berukuran lebih kecil
  3. Potong bos baja tadi agar tidak memotong panjang baut, bisa buat sekitar 1cm atau kurang.
  4. Selanjutnya, gunakan bos tadi untuk menjadi ring dari bagian atas baut, lalu masukan pada pen piston yang akan dibuka.
  5. Selanjutnya, pada bagian ujung baut, beri boss lainnya yang ukuran diameter dalamnya harus lebih besar dari pen piston, namun tak lebih panjang dari drat baut, agar baut bisa dipress menggunakan mur
  6. Jika sudah siap, masukan boss tersebut, lalu mur dan beri ring agar mur tidak tertahan
  7. Selanjutnya, press mur dengan cara memutar mur dengan perlahan sampai pen piston tertarik
  8. Jangan lupa untuk menahan bagian atas baut menggunakan kunci 10mm, namun jika ingin posisinya enak, sebaiknya baut menggunakan kepala 8mm namun memiliki drat 10mm seperti baut yang biasa digunakan untuk blok mesin. Tujuannya, agar baut bisa ditahan dengan kunci lter T agar tidak ikut memutar kala dipress
link:mur 10mm
 Nah, jika cara diatas tidak berhasil karena macet parah dan baut malah patah, sobat bisa gunakan baut yang lebih besar seperti 12mm, namun tetap harus dibuat lebih kecil dari pen piston agar tidak mentok saat melewati stang piston. Selain itu, baut juga sebaiknya tidak ikut berputar kala dipress, maka buat cara untuk menahan bagian atas baut tersebut.
 Sobat, tentunya jika pen piston sudah berhasil dilepas, pasti akan terdapat goresan pada stang piston dan harus diperbaiki. Untuk caranya saya akan posting kemudian. Selamat mencoba.
Baca Juga: 3 Gejala Motor harus turun mesin

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Cara Melepas Pen Piston Macet Karena Ngejim (Kehabisan Oli)"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel