Cara Bikin Cat Motor Kembali Kilap - Ate Breaker

Cara Bikin Cat Motor Kembali Kilap

 Seiring waktu, cat pada sepeda motor pasti memudar. Tentunya hal ini membuat tampilan sepeda motor menjadi kurang enak dilihat, apalagi bagi pengguna yang rajin merawat sepeda motornya.

 Khusus cat tipe metalik atau cerah atau juga mengkilat (bukan cat tipe doff/kusam), seperti banyak terdapat pada kebanyakan cover body utama sepeda motor yang mengalami pemudaran karena usia pakai. Pemudaran pada cat metalik ini bisa disebabkan karena permukaan cat sering terkena kotoran seperti debu, polusi, serta paparan sinar matahari langsung, juga bisa karena penggunaan sabun pembersih yang salah saat mencuci.
 Sebenarnya, model cat bisa disegarkan kembali hingga mengkilat, dengan catatan, warna cat kusam bukan karena luntur, seperti terkena cairan thinner, atau tergores. Caranya cukup menggunakan kompon (compoun) seharga kurang lebih Rp7000an saja.

 Cara kerja kompon yaitu membuang lapisan cat atas, maka kotoran bandel yang membuat cat kusam akan ikut terbuang, sehingga lapisan cat bagian dalam akan muncul dan mengkilat.
 Mengenai caranya bisa lakukan sebagai berikut.
Baca juga: 5 Cara Atasi Goresan (baret) Pada Body Motor, Mulai Dari Yang Termurah

  1. Siapkan kompon dan lap (bukan kanebo),tetapi kain biasa, permukaan kain sedikit kasar lebih baik.
  2. Usap sedikit kompon pada permukaan cat yang akan dikilapkan, lalu gosok segera dengan lap dengan sedikit ditekan. Gosok berulang-ulang hingga cat terangkat yang ditandai dengan warna cat akan menempel pada lap, sekaligus permukaan cat yang digosok dengan lap dan kompon akan mengkilap.
 
Yang perlu diperhatikan, sebaiknya mengusap kompon dan lap harus dilakukan merata dan jangan fokus pada satu bagian sempit, karena cat bisa terangkat cukup dalam.
 Penting! Sebaiknya gunakan kompon hanya jika permukaan cat telah kusam dan tidak bisa kembali warnanya meski telah dicuci dengan sampo pengkilap. Juga jangan terlalu sering menggunakan kompon apalagi setiap hari. Sebab cat bisa habis dan akhirnya semakin menipis dan memudar.

Itu saja semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Cara Bikin Cat Motor Kembali Kilap"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel