Belum Tentu Mesin, Ini Juga Bisa Bikin Suara Honda Beat Bising - Ate Breaker

Belum Tentu Mesin, Ini Juga Bisa Bikin Suara Honda Beat Bising

 Malam Mas bro dan Kang bro semua, pada postingan ini saya akan mencoba menulis penyebab suara mesin honda beat bising atau berisik selain disebabkan mesin. Namun sebelumnya, barangkalai ada yang berfikir mengapa pada beberapa postingan saya banyak membahas tentang honda beat? Nah, sebagai informasi, saat ini motor berjenis skuter matic (skutik) atau lebih populer dengan sebutan motor matic tengah menjadi jenis sepeda motor yang paling diminati di Indonesia. Dan skuktik terlaris saat ini dipegang oleh honda beat series. Honda beat konon berhasil terjual hingga 200.000 unit perbulannya. Maka tak heran jika honda beat dijuluki sebagai skutik sejuta umat, atau skutik yang tidak bisa disalip dijalanan, karena sekali mendahului honda beat, anda bisa menemukan banyak honda beat lain di depan anda. Begitulah kata para pujangga, Jiahhh!

 Yang namanya sepeda motor, pastinya mengalami keausan komponen termasuk pada bagian mesin. Nah, komponen-komponen mesin yang rusak tersebut bisa memberi beragam efek berupa penurunan performa, atau suara bising. Jika terjadi pada komponen mesin bagian dalam, harus diperbaiki dengan cara turun mesin, terutama jika dicirikan dengan gejala-gejala tertentu. Namun yang terkadang menjadi masalah, biaya turun mesin itu tidaklah murah dan tidak jarang mencapai jutaan sekali turun mesin, tergantung seberapa besar kerusakannya.
Baca: 3 Gejala motor harus turun mesin
 Tetapi jangan pesimis dulu, sebab suara bising pada mesin honda beat, tidak selalu disebabkan oleh kerusakan di bagian mesin dalam. Bisa juga terjadi kerusakan pada komponen luarnya, dan tidak harus diperbaiki dengan cara turun mesin.

 Nah suara bising pada honda beat selain mesin, setidaknya ada 2 komponen yang sering menjadi biang keroknya. Apa itu?

Kipas
 Tau kan kipas pada honda beat? Ya, bagian kipas ini terletak pada mesin sebelah kanan, ditutupi cover dan menempel pada magnet. Kipas pada honda beat ini berfungsi untuk mendinginkan mesin, jadi keberadaannya cukup penting.

 Kipas akan ikut berputar bersamaan dengan putaran magnet ketika mesin menyala pada honda beat tersebut. Seringkali kipas pada honda beat, terutama bagi motor dengan usia sudah cukup lama, mengalami aus pada lubang baut tempat kipas diletakan.
 Ada 3 baut disana, dan masing-masing memiliki lubang yang sama dengan panjang lubang kurang lebih 2cm. Ketika lubang ini aus dan membesar serta bos bergeser, membuat posisi kipas ikut bergeser, dan geseran tersebutlah yang membuat kipas menyentuh bagian crankcase mesin honda beat lalu menimbulkan suara bising.

 Maka sebaiknya periksa kipas honda beat anda, yakni dengan melepasnya lalu melihat ketiga lubang baut kipas tersebut, apakah ada yang aus atau membesar? Jika iya, bisa jadi kipas bergeser dan menimbulkan bising pada suara honda bea, dan hal ini sering terjadi.
 Untuk mengujinya, cobalah menghidupkan mesin honda beat tanpa kipas, alias buka kipas lebih dulu sebelum menghidupkan mesin.
 Sementara jika memang masalah disebabkan oleh kipas, anda bisa mengganti komponen tersebut, atau mengakalinya dengan membuat bos untuk lubang baut tersebut.
Baca juga: Lampu Indikator honda beat berkedip? begini cara membaca dan mengatasinya

Laher CVT belakang
 Selain kipas, yang sering menjadi penyebabt suara bising pada honda beat adalah laher atau bearings di mesin belakang tepatnya terletak pada blok CVT. Kerusakan laher ini bisa dicirikan ketika motor hendak dijalankan ada suara ngorok di bagian mesin belakang.
 Nah, untuk penyebab dan cara mengatasinya, saya sudah ulas di artikel berikut.
Baca: Mesin belakang honda beat berisik? Cek penyebabnya disini

Nah itulah komponen luar mesin yang sering menyebabkan suara honda beat bising. Semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Belum Tentu Mesin, Ini Juga Bisa Bikin Suara Honda Beat Bising"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel