3 Cara Cek Oli Naik Ke Head Mesin Sepeda Motor - Ate Breaker

3 Cara Cek Oli Naik Ke Head Mesin Sepeda Motor

 Sobat oli merupakan komponen wajib pada sepeda motor yang berguna untuk melumasi komponen mesin untuk meminimalkan gesekan dan mencegah keausan mesin lebih cepat. Untuk itu rajinlah mengecek oli mesin motor anda, lalu menggantinya secara berkala untuk menjaga kondisi mesin tetap prima.
head
 Disamping mengecek oli pada mesin, ada satu hal lain yang terkait dengan oli mesin, yakni oli harus mengalir ke semua komponen mesin yang membutuhkan tidak terkecuali pada head. Head adalah bagian mesin yang letaknya berada di ujung depan. Disana beberapa komponen penting perlu teraliri oli, diantaranya noken as, pelatuk kelep, serta klep dll. Sedangkan selain head, ada juga silinder yang perlu pendinginan bagi motor berpendingin udara. Maka, wajib oli naik ke head jika tidak mesin bisa ngejim.
 Ada dua hal yang bisa membuat oli tidak naik ke head menurut mimin, pertama pompa oli rusak, dan kedua jalur oli tersumbat. Untuk pompa oli rusak, biasanya terjadi pada sepeda motor dengan usia lama dimana bagian komponen pompa oli ini mengalami keausan. Sementara untuk jalur oli tersumbat, umumnya terjadi karena head dan silinder dibongkar sehingga ada kotoran masuk pada jalur oli dan membuatnya tidak bisa menuju head mesin, atau saringan mesin untuk menyaring oli dipenuhi kotoran. Kadangkala sembarangan menambah oli bekaspun bisa menjadi pemicu tersumbatnya jalur oli. Untuk itu, biasakan mengecek oli di bagian head dan pastikan oli mengalir disana untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti mesin motor macet/ngejim.
 Cara untuk megecek oli naik ke head, tentunya semua mesin motor tidaklah sama. Dalam hal ini mimin akan membagi cara mengecek oli naik menuju head dan silinder melalui 3 cara, jika motor anda tidak memiliki bagian yang akan saya sebutkan di bawah, bisa dilakukan salah satunya. Berikut ketiga caranya.
1. Melalui baut cek oli dibagian head
 Tidak semua motor memiliki baut untuk mengecek oli di head, beberapa yang memilikinya seperti yamaha jupiter mx, yamaha mio, vixion, dll. Nah untuk mengenali bautnya, biasanya terletak di dekat baut kaki 4 crankcase bagian kiri atas jika posisi anda di depan head. Selanjutnya lihat disekitar baut kaki 4 tersebut, bisanya posisinya sedikit dibelakangnya dan mengarah ke atsa untuk vega Zr dan kebawah untuk jupiter mx, umumnya berukuran 10mm.
baut cek oli di head
 Cara melakukan pengecekan oli naik atau tidak, sobat hidupkan mesin motor, lalu buka baut pengecekan tersebut, jika oli keluar artinya naik oli tersebut normal.

2. Melalui Mur kaki 4 crankcase
 Bagi sepeda motor yang tidak memiliki baut seperti di nomor 1, seperti honda supra dll, bisa mengecek melalui baut crankcse kaki 4, bagian kiri atas jika posisi anda berada di depan head mesin.
Caranya buka mur baut kaki 4 tersebut, sambil mesin menyala, dan tunggulah sampai oli keluar. Namun pastikan baut ini adalah baut jalur oli motor anda, karena sebagian motor lainnya memiliki posisi baut yang dialiri oli di bagian bawahnya seprti supra. Maka, untuk memastikannya, jika dari baut atas tidak keluar oli, periksa baut yang bawah satu per satu. Namun umunya baut crankase jalur oli hanya terdapat di bagian kiri.
Lubang cek oli (biru), baut kiri atas silinder (kuning), baut kiri bawah silinder (hitam)

3. Melalui tutup klep
 Nah untuk yang ketiga, mungkin perlu dilakukan pada skutik terbaru seperti honda beat, vario, atau motor bebek seperti revo absolute 110. Sebab, tutup klep tidak dibuat khusus, melainkan menyatu dengan tutup head mesin. Untuk mengecek oli naik, bukalah tutup head tersebut, lalu hidupkan mesin dan perhatikan lubang oli diatas baut crankcase kaki 4 atas. Jika oli naik, harusnya keluar dari pembuangan tersebut, jika ragu bisa coba cara nomor 2 dengan membuka mur crankase nya.
 Selain cara diatas, untuk skutik seperti beat baik karbu maupun FI (eSP) bisa dicek dengan cara membuka selang yang terhubung pada head, lalu menghidupkan mesin kemudian, tutp lubang tadi dengan tangan, lalu tarik gas menuju putaran mesin tinggi. Harusnya dari lubang head atas keluar percikan oli jika jika kondisi naiknya normal.
 Sebagai tambahan, jika lubang tutup klepnya khusus seperti motor bebek supra, vega zr, dll, sobat bisa membuka tutup klep bagian atas dan bawah, dan pastikan keduanya memercikan oli kala mesin dihidupkan.

Itu saja cara mengecek oli motor semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "3 Cara Cek Oli Naik Ke Head Mesin Sepeda Motor"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel