Vespa Elettrica, Motor Listrik Yang Siap Diproduksi Tahun Ini - Ate Breaker

Vespa Elettrica, Motor Listrik Yang Siap Diproduksi Tahun Ini

 Siapa yang tahu vespa? Sebuah kendaraan lintas zaman dengan bentuk dan desain terkesan "itu-itu aja". Ya, desain boleh lama, tapi penggemarnya tak bisa dihitung dengan "jari". Vespa memang menyasar berbagai kalangan, mulai dari anak muda, hingga orang tua. Nama besar dan kualitas yang mungkin membekas dihati para penggemarnya hingga kini.

 Meskipun motor asal italia ini memiliki tampilan yang tidak banyak berubah, namun urusan teknologi motor ini tidak pernah ketinggalan Zaman. Mulai dari peralihan mesin dari 2 tak ke 4 tak, hingga berbagai fitur modern pada vespa terbaru, sebut saja primavera dengan fitur rem Anti lock braking system (ABS). Pun dengan fitur canggih lainnya, semisal kunci keyless, atau panel indikator digital, dan masih banyak lagi.
 Nah, yang terbaru dan masih hangat, Piaggio sebagai produsen vespa akan memproduksi vespa dengan tenaga penggerak motor listrik, yang dinamakan vespa elettrica. Elettrica sendiri sebenarnya sudah diperkenalkan sejak tahun 2016 di EICMA italia, meskipun baru sebatas konsep. Selanjutnya, pada tahun 2017pun sudah dirumorkan akan segera diproduksi, namun sempat molor hingga tahun 2018 ini. Barulah beberapa hari lalu, melalui laman resmi piaggio, vespa elettrica akhirnya memenuhi janjinya untuk mengaspal sebagai kendaraan mobilitas untuk perkotaan. Ya, sejatinya motor listrik memang paling cocok digunakan di perkotaan jika dilihat dari sisi spesifikasinya.
 Piaggio berencana untuk memperkenalkan secara resmi motor ini ke publik pada bulan seprember 2018 ini. Selanjutnya motor ini akan masuk masa produksi pada bulan november mendatang, dan pasar utamanya adalah eropa dan amerika. Selanjutnya, tentu saja ke belahan dunia lainnya termasuk indonesia. Tetapi, untuk pemesanan, sobat bisa lakukan secara online yang akan mulai dibuka bulan oktober mendatang. Hanya saja mengenai harga memang belum diumumkan, kemungkinan akan diberitahukan ketika peluncuran.
 Vespa elettrica sendiri konon akan dibekali sebuah battery yang mampu menempuh jarak hingga 100km sekali pengecasan penuh. Usia batterynya adalah sekitar 50.000km, dimana setelah motor menempuh jarak tersebut, maka komponen battery sudah kurang layak untuk digunakan alias perlu diganti. Sementara untuk pengecasan bisa dilakukan dirumah, atau gerai pengecasan battery motor listrik, dan lama waktu untuk mengecas motor ini adalah 4 jam untuk bisa terisi penuh.
 Selanjutnya mengenai fitur yang sempat diperkenalkan di EICMA, motor bertenaga listrik ini akan memiliki dasbor yang bisa terhubung degan smartphone, juga bluethooth. Dimana ketika smartphone mendapatkan notifikasi, bisa tampil pada dasbor vespa elettrica ini, begitupun sebaliknya, informasi battery juga kecepatan dapat dikontrol melalui smartphone. Selain itu, terdapat Fitur untuk pengecasan smartphone.
 Sayangnya untuk urusan kecepatan, motor ini masih kalah jauh dari produk motor listrik lokal viar q1, atau mungkin gesits. Kecepatan motor ini terbilang terbatas, hanya sekitar 30km/jam, sementara gesits bisa mencapai 102km/jam, dan viar q1 60km/jam. Walaupun demikian, untuk digunakan diperkotaan, sepertinya masih sangat cocok, terutama jika melihat jarak tempuhnya.
 Selain spesifikasi vespa elettrica tersebut, ada yang lain yang ditawarkan mengenai jarak tempuh yang bisa menembus hingga 193km per pengisian. Yakni vespa elettrica versi X, dimana motor listrik ini dibekali generator pengisi battery. Maksudnya, generator ini bisa berguna untuk mengisi daya bettery listriknya sendiri tanpa perlu cas. Tentu saja untuk bisa menggerakan sebuah generator, membutuhkan bahan bakar. Artinya motor ini masih menggunakan bensin, atau motor ini berjenis hybrid dan bukan motor listrik murni.
 Demikian vespa elettrica, bagaimana sebenarnya tentang kendaraan ini? Mari kita simak peluncurannya.
Baca Juga: EV Neo, motor listrik honda yang pernah datang ke indonesia

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Vespa Elettrica, Motor Listrik Yang Siap Diproduksi Tahun Ini"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel