Shock Belakang Mahal? Mau Murah, Coba Cara Ini - Ate Breaker

Shock Belakang Mahal? Mau Murah, Coba Cara Ini

  Shockbreaker belakang atau suspensi pada sepeda motor berguna untuk meredam guncangan di bagian belakang. Dengan adanya shock ini maka kestabilan motor akan terjaga karena shock juga berfungsi untuk menyesuaikan posisi sepeda motor, seperti dalam keadaan menikung.

 Shock atau suspensi ini memiliki usia pakai yang terbilang lama, yang bisa mencapai tahunan. Meski terkadang mungkin ada yang mengalami aus lebih cepat. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh pemakaian sepeda motornya, seperti motor sering digunakan membawa beban berat.
 Seiring usianya tentu saja bagian shock ini pasti mengalami aus, yang bisa dicirikan dengan bocornya cairan pada shock ataupun dapat dirasakan langsung saat berkendara. Untuk mengenali bocor dengan cairan dapat dilihat dengan oli yang mmbuat shock becek pada bagian bawahnya. Ini karena bagian sil mengalami kerusakan. Sementara shock yang rusak juga dapat dirasakan dengan mengerasnya shock terutama ketika menghantam lubang, dimana getaran atau efek yang dihasilkan malah bisa membuat sepeda motor terpelanting atau menyebabkan suara hentakan. Shock yang rusak parah juga umumnya bisa dirasakan ketika dalam belokan, dimana roda belakang rentan tergelincir.
 Sobat, bagi sepeda motor bebk atau matic, mengganti shock memang terbilang tidak mahal. Sebab harganya masih dikisaran ratusan ribu saja atau dibawah 300ribuan (bukan motor premium), tentunya cukup murah dibanding usia pakainya yang lama tersebut. Sementara jika motor sport, atau motor premium lain seperti yamaha Nmax, tentunya lebih mahal dari angka tersebut yang berada dikisaran 500ribu.
Baca Juga: Penyebab dan cara atasi shock depan bocor, macet (amblas) pada sepeda motor

 Lalu adakah alternatif untuk mengatasi shock belakang rusak dengan pengeluaran lebih murah?
 Setidaknya ada 2 cara yang mungkin bisa anda pertimbangkan, yaitu menservis ulang shock, dan mengganti sebagian komponennya.

1. Servis ulang
 Jika shock hanya mengalami kebocoran saja, sebelum as berkarat, sobat bisa perbaiki kembali dengan cara servis shockbreaker. Servis untuk shock yang menalami kebocoran seperti ini, dilakukan dengan membongkar bagian hidrolis shock, termasuk memisahkan as shock dari tabungnya, lalu menambahkan kembali oli shock serta mengganti sil shock yang menyebabkan kebocoran tersebut.

Tentunya, hanya bengkel tertentu saja yang biasanya menyediakan jasa servis shock belakang tersebut karena butuh alat dan trik khusus untuk membukanya. Tarifnya bervariasi, yaitu berada dikisaran 50-70ribuan saja (jika ganti as dan sil).

2.Mengganti sebagian komponen shock
 Sama dengan nomor 1, namun ketika shock yang rusak membuat beberapa komponennya bermasalah, artinya anda kemungkinan besar harus mengganti komponen yang rusak tersebut agar shock bisa normal kembali. Seperti, jika terlalu lama membiarkan shock yang bocor/rusak kemungkinan as shock menjadi berkarat atau tergores. Tentunya anda harus turut mengganti bagian as tersebut kala membongkar shcok anda, disamping mengganti sil dan oli seperti diatas.
 Namun, jika ingin lebih mudah, komponen shock bagian hidrolis juga tersedia suku cadangnya untuk beberapa produk KW atau aftermarket. Hidrolis ini maksudnya perangkat shock breaker selain per, yang meliputi tabung atas, as shock, serta berbagai perangkat seperti sil yang sudah terpasang rapi. Artinya anda tinggal mengambil per di shock lama, dan memasangnya pada hidrolis motor anda tersebut. Hasilnya tentu tidak mengecewakan, karena shock akan kembali seperti baru. Namun untuk segi ketahanan, tentunya sulit untuk membandingkan dengan shock original karena kualitasnya berbeda. Namun jika melihat harganya, hidrolis yang dijual dikisaran 65-80ribuan tersebut, cukup ekonomis untuk anda coba, dibanding harga shock yang bisa mencapai 170 keatas (tergantung jenis motor).

Itu saja informasinya semoga bermanfaat.
Baca Juga: Penyebab lain stang skutik goyang atau tidak stabil

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Shock Belakang Mahal? Mau Murah, Coba Cara Ini"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel