Penyebab Dan Cara Atasi Shock Depan Bocor, Macet (Amblas) Pada Sepeda Motor - Ate Breaker

Penyebab Dan Cara Atasi Shock Depan Bocor, Macet (Amblas) Pada Sepeda Motor

 Shockbreaker depan, atau biasa juga disebut garpu depan merupakan komponen peredam kejut bagian depan pada sepeda motor. Maka dengan adanya komponen ini kestabilan motor tetap terjaga, baik ketika terjadi goncangan karena menemukan jalan berlubang, maupun sebagai penyeimbang pada kondisi ketika berbelok dan lainnya.
sil shock bocor

 Shock depan beragam tipe, namun yang umum digunakan kendaraan konvensional harian seperti motor bebek atau matic, adalah shock tipe telskopik. Dimana pada shock ini terdapat as shock breaker dan tabung, yang dilengkapi dengan per di bagian dalam as shock tersebut.
 Nah mas bro, kadangkala as shock juga mengalami keausan seiring dengan usia pakai sepeda motor. Biasanya, as shock aus mengalami beberapa permasalahan beragam, mulai dari bocor dan mengeluarkan cairan (oli), shock keras, bahkan bisa macet (tidak kembali ke posisi semula), atau banyak yang menyebutnya amblas. Hal tersebut, dipengaruhi beberapa faktor, berikut beberapa hal yang mungkin bisa menjadi mempengaruhinya.

Penyebab shock bermasalah
 Setidaknya ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi masalah shock seperti disebutkan diatas, sebagai berikut.
bagian-bagian (komponen) shock depan

1. Shock mengeluarkan cairan/oli
 Oli keluar dari permukaan shock depan, tepatnya berada diatas tabung dan karet as shock. Ini menandakan terjadi kerusakan seal sock yang rusak atau aus, sehingga oli bisa keluar melalui celah kerusakannya.
2. Shock macet
 Sebagian pengguna terkadang menganggap shock motornya keras, dan tidak bergerak sama sekali. Padahal hal ini bisa saja terjadi karena shock depannya macet atau amblas. Ini umumnya terjadi karena beberapa faktor:

  1. Shock bengkok, biasanya disebabkan karena benturan keras/terjatuh
  2. Karat pada permukaan as shockbreaker
  3. Oli shock habis membuat as amblas
  4. Patahnya per
 Dari keempat penyebab diatas, yang paling umum ditemui adalah karat pada shock dan shock bengkok. Nah, terutama untuk karat pada permukaan as shock, penyebabnya adalah terlalu lama membiarkan cairan berceceran pada permukaan shock. Dengan kata lain kerusakan/kebocoran sil tidak segera ditangani. Semakin lama cairan bocor dibiarkan, semakin besar karat yang akan menyebar karena bisa membuat debu dan kotoran menempel. Ujung-ujungnya, bisa membuat as tergores, sehingga sulit untuk diperbaiki.
3. Shock keras
 Sebaiknya, periksa kembali shock motor anda, apakah memang keras, atau kerasnya shock terjadi karena amblas?
 Jika terjadi bukan karena amblas, kemungkinan besar anda pernah menyervis bagian shock depan ini sebelumnya. Dan keras ini bisa terjadi apabila oli shock yang dipasang terlalu banyak.

Cara mengatasi shock bermasalah
 Nah, tentu saja untuk mengatasi masalah shockbreaker bermasalah harus dilakukan dengan cara servis bagian tersebut. Berikut beberapa cara menangani permasalah shock depan.
 Hampir semua permasalahan shock mewajibkan kita untuk mengganti oli sil. Mengapa? Karena sebagian besar penyebabnya berawal dari kerusakan bagian tersebut. Shock amblas contohnya, bisa terjadi akibat karat pada as shock, yang disebabkan cairan oli yang tercecer dan membuat debu menempel.
letak sil sok

 Nah, maka ketika cairan mulai terlihat tercecer pada bagian shock depan, sebaiknya segera ganti sil shock anda, sebelum masalah berikutnya datang. Mengganti oli sil, berarti harus membongkar shockbrekaer, karena oli sil berada tepat di ujung tabung shockbreaker, dan ditengah as shock depan, tepanya berada d bawah karet shock luar.
 Selain mengganti oli sil, sebaiknya memeriksa as shock depan, apakah terdapat karat? atau ada goresan-goresan kecil dan besar pada permukaannya? Jika iya, alangkah lebih baik untuk membuang lebih dulu karat tersebut, dengan cara mengamplas karat menggunkan amplas berukuran 2500-3000.
 Selain itu, meneliti as shock juga perlu, karena dikhawatirkan terjadi bengkok, terutama apabila shock mengalami amblas. Jika shock terlihat bengkok, maka anda wajib melakukan press terlebih dahulu, tentunya di bengkel press. Adapun pilihan yang lebih baik, adalah mengganti komponen as shock depan tersebut.
 Nah, jika permasalahan-permasalahan diatas sudah teratasi, juga komponen-komponen sudah diganti, selanjutnya masalah shock terlalu keras atau terlalu empuk bisa di seting dengan menambahkan atau mengurangi oli shock. Untuk berapa ukurannya, mungkin akan saya posting di lain waktu. Semoga bermanfaat.


(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Penyebab Dan Cara Atasi Shock Depan Bocor, Macet (Amblas) Pada Sepeda Motor"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel