Ini Alasan Mengapa Kamu Perlu Membersihkan Karat Pada Knalpot - Ate Breaker

Ini Alasan Mengapa Kamu Perlu Membersihkan Karat Pada Knalpot

 Knalpot atau dalam bahasa inggris exhaust, merupakan selongsong pipa yang berguna untuk membuang gas sisa pembakaran pada mesin sepeda motor. Umumnya, gas diarahkan ke bagian belakang motor agar tidak mengganggu pengendara. Bagian atas knalpot menempel pada head mesin, serta umumnya memiliki bahan yang lebih tipis dibanding bagian belakang knalpot.

 Sobat, seringkali bagian depan knalpot motor berkarat dan kotor. Sebab, bagian knalpot ini berada tepat di area bawah sepeda motor, terutama jika mesin yang digunakan adalah tipe mesin tidur/horizontal. Berbeda dengan mesin vertical atau mesin diagonal, dimana bagian knalpot atas agak berada diatas pada head. Maka, bagian atas knalpot seringkali terkena banyak kotoran, hingga membuatnya mudah berkarat.
 Apa bahayanya karat pada knalpot?
 Tentunya yang namanya karat, pasti merusak. Jika jarang dibersihkan dalam waktu yang lama, karat dapat semakin besar dan banyak, hingga membuat knalpot kororsi dan pada akhirnya bocor. Jika sudah bocor, dapat memberi efek kurang bagus kepada beberapa hal, seperti menimbulkan letupan pada suara mesin, hingga menurunnya performa mesin jika dibiarkan dalam waktu yang sangat lama. Tidak cuma itu, jika sudah bocor, berarti mau tidak mau komponen ini harus diganti baru, yang akan menambah pengeluaran anda.
 Maka dari itu, mencegah karat bertambah besar memang perlu dilakukan, agar usia pakai komponen knalpot ini bisa lebih lama. Caranya, tentu dengan mencegah karat timbul, sekaligus membersihkan karat jika sudah nampak menempel pada knalpot. Caranya, yakni dengan senantiasa mencuci dan membersihkannya jika sudah terkena kotoran, dan mengeringkannya jika terkena air, terutama air hujan. Adapun cara untuk membuang karat yang sudah terlanjur menempel, anda bisa lakukan sebagai berikut.

Membershkan karat
 Membersihkan karat pada knalpot ada beragam cara, namun agar lebih mudah, anda bisa membuangnya menggunakan amplas halus, dengan ukuran 2.500 atau diatasnya. Setelah bersih, barulah mencuci bagian tersebut dengan air dan sabun.
 Cara lainnya, anda bisa lakukan menggunakan cairan anti karat.

Mencegah karat timbul
 Nah, jika ingin lebih tahan dari karat, sebaiknya bagian knalpot ini dilapisi dengan cat motor. Cat memang tidak bisa bertahan lama pada knalpot, terutama bagian atas knalpot yang sangat panas. Tapi setidaknya, jika menggunakan cat tahan panas, akan sedikit lebih lama menempel pada knalpot. Memang hal ini membutuhkan biaya, namun cukup efektif untuk mencegah karat. Cat bisa menggunakan cat semprot dengan warna hitam doff, yang juga bisa memperindah tampilan knalpot motor anda.

Itu saja informasinya semoga bermanfaat.
Baca juga: 6 Peyebab bensin motor boros, Apa saja?

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Ini Alasan Mengapa Kamu Perlu Membersihkan Karat Pada Knalpot"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel