Ban Motor Oleng (Tak Rata), Cek Penyebab Dan Cara Atasinya - Ate Breaker

Ban Motor Oleng (Tak Rata), Cek Penyebab Dan Cara Atasinya

 Ban menjadi bagian penting pada sepeda motor, dimana fungsi dari ban tidak sekedar sebagai alas, melainkan juga sangat mempengaruhi keseimbangan kendaraan anda. Ketika terjadi masalah pada ban, misalnya tiba-tiba oleng, bergelombang, atau tidak rata, bisa mengganggu kenyamaan berkendara, sekaligus bisa meningkatkan resiko kecelakaan. Untuk itu, sebaiknya memeriksa kondisi ban, apalagi jika sudah aus, sebaiknya segera menggantinya.

 Namun ada kalanya, ban sepeda motor menjadi oleng, atau asimetris alias tidak center pada lingkarannya, padahal kondisi ban masih sangat bagus, dengan kembangan masih cukup tebal. Mengapa demikian?
 Penyebab ban oleng, umumnya terjadi karena 2 hal. Pertama, ban dan velg tidak terpasang dengan sempurna. Ini biasanya terjadi setelah ban motor anda dibuka, baik karena kempes lalu menambalnya, maupun ketika mengganti ban dalam pada ban tipe tube  type. Kedua, bisa disebabkan udara pada ban motor anda sempat berkurang cukup banyak. Setelah ban dipompa kembali, ban tidak kembali pada posisi seharusnya, yang membuat beberapa bagiannya tertinggal atau dengan kata lain, tidak mengembang dengan sempurna. Ini biasanya terjadi pada ban jenis tubeless, maupun tube type.
 Untuk melihat apakah ban telah mengembang dengan sempurna, anda bisa melihat garis melingkar pada kedua dinding ban, baik bagian kanan maupun kiri. Jika lingkaran garis ini melingkar dengan sempurna, artinya ban mengembang dengan baik. Sebaliknya, ketika sebagian garis pada ban justru masuk ke dalam velg, artinya lingkaran ban pun tidak sempurna, dan ban akan berputar bergelombang dan menimbulkan goyangan pada sepeda motor ketika berkendara. Maka jika hal ini terjadi pada ban motormu, sebaiknya segera perbaiki ban motor anda.

Cara memperbaiki
 Jika anda mempunyai cukup alat seperti di bawah ini, mungkin anda bisa coba lakukan sendiri dirumah, meliputi:
  1. Pompa (untuk mengisi udara)
  2. Kunci pentil (untuk membuang udara pada ban)
  3. Oli bekas
  4. Sendok/alat untuk membuka ban
Langkah memperbaiki lingkaran ban
  1. Buka pentil dan buang semua udara dari dalam ban
  2. Longgarkan ban luar, dengan cara menekan ban dalam hingga dinding ban terlepas dari velg
  3. Masukan oli bekas secukupnya pada dinding ban dan velg bagian dalam
  4. Pompa kembali ban motor anda, sampai tekanan angin maksimal hingga ban mengembang dengan sempurna
  5. Jika garis lingkaran ban masih belum keluar, bisa dibantu mencongkel bagian tersebut menggunakan sendok/alat membuka ban
Beberapa hal penyebab ban motor sulit mengembang
 Yang admin ketahui, ada beberapa hal yang membuat ban motor sulit mengembang setelah dibuka. Didantaranya sebagai berikut.
  1. Ban sudah tidak senter, penyebabnya biasanya karena memaksakan ban ketika kempes
  2. Velg menggunakan komponen lokal
  3. Kualitas atau tipe ban, misalnya keras
  4. Velg asimetris
Penyebab motor oleng lainnya
 Sobat, selain ban motor leng yang disebabkan ban asimetris, atau ban tidak mengembang dengn sempurna, penyebab motor oleng alain juga beragam. Maka ketika ban motor anda dalam keadaan baik, serta mengembang dengan sempurna, beberapa hal di bawah ini bisa anda cek.
  1. Laher/bearing roda, bisa di ketahui dengan oblaknya roda atau velg ke samping kiri dan kanan body motor
  2. Velg asimetris atau baling, bisa dilihat ketika memutar roda/velg akan nampak baling
  3. Gangguan pada suspensi depan atau belakang
  4. Untuk skutik, bos arm kadang habis, bisa di cek dengan meggerakkan body motor ketika standar tengah digunakan. Ketika body dan mesin motor agak longgar (ketika digerakan), maka bos arm tersebut aus. Begitupun pada motor bebek, bos ini kadang bisa menjadi biang keladinya, untuk mengecekanya coba gerakan fork/sasis roda belakang anda.
 Itu saja informasinya semoga bermanfaat.
Baca Juga: Cara atasi ban tubeless rembes samping (dari velg)

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Ban Motor Oleng (Tak Rata), Cek Penyebab Dan Cara Atasinya"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel