Alternatif Ganti Boring Atau Korter Diasil Silinder, Cari Yang Termurah - Ate Breaker

Alternatif Ganti Boring Atau Korter Diasil Silinder, Cari Yang Termurah

 Sobat, sebagian besar sepeda motor, terutama bermerek yamaha telah menggunakan diasil silinder pada komponennya. Pertama diaplikasikan pada motor bebek mereka jupiter MX, yamaha vixion, hingga beberapa skutik seperti yamaha mio J, mio M3, dan mio series lainnya. Hal ini membuat blok silinder atau boring ini menjadi tidak bisa dioversize alias korter, karena penggunaan bahan diasil tersebut.
diasil silinder

 Apa penyebab diasil silinder tidak bisa dikorter?
 Mungkin artikel saya yang sebelumnya ini bisa menjawab. Namun sedikit menyinggung soal diasil silinder seperti banyak digunakan beberapa produk yamaha tersebut diklaim lebih memberikan hasil yang optimal terutama untuk performa motor. Salah satunya pada tingkat kerapatan piston, ring dan silinder. Selain itu, penggunaan die alumunium silicone juga konon dapat menekan harga produksi pada silinder tersebut, ketimbang menggunakan silinder konvensional.
 Nah sobat, dalam artikel ini saya akan membagi beberapa cara mengatasi masalah yang terjadi pada silinder atau perangkatnya pada sepeda motor anda, seperti mio m3 atau mio j, atau beberapa motor bebek dan sport terutama dari produsen yamaha lainnya. Biasanya, masalah yang membuat boring atau blok silinder yamaha ini harus diganti, adalah gejala motor anda ngebul, alias knalpot berasap, atau mungkin penurunan performa, atau adanya suara hentakan pada mesin dikarenakan obalaknya bagian piston dan silinder. Nah, jika demikian, meskipun anda ngotot mau korter sebenarnya masih bisa dilakukan tentunya dengan cara khusus.

 Agar tidak semakin panjang tulisannya, yuk langsung di cek cara mengatasi masalah silinder terutama berbahan diasil ini, termasuk alternatifnya sebagai berikut.

1. Tanam Boring

 Karena berbahan alumunium, maka silinder diasil memang tidak bisa dikorter langsung. Tetapi, bisa anda lakukan tanam boring terlebih dahulu, yakni memasang liner atau longsong besi pada silinder. Setelah itu, barulah boring motor anda bisa dikorter atau oversize seperti motor dengan boring biasa.
 Tentunya, jika ingin mengkorter ulang degan cara tanam boring, anda harus menggunakan piston oversize aftermarket atau produk KW. Sebab, umumnya piston original tidak tersedia, meskipun demikian, komponen piston ini cukup melimpah. 
 Pertama anda harus mengeluarkan biaya untuk tanam boring atau liner ini, dikisaran 150 ribu-300 ribu tergantung liner apa yang anda gunakan serta kualitasnya.
liner
 Walaupun begitu, jika boring telah ditanami liner, artinya usia boring atau silinder ini menjadi lebih panjang lagi. Sebab, boring bisa beberapa kali di oversize ulang jika sudah mulai aus, hingga 3-6 kali tergantung ukuran oversize yang anda gunakan.

 Penting juga untuk diketahui, sebenarnya jika diasil ditanami boring ada sedikit efek yang sering mimin temui. Diantaranya, suara mesin sedikit lebih kasar, boring lebih cepat panas, hingga mesin mudah sekali overheat. Tetapi hal ini bisa diminimalisir dengan perawatan berkala, terutama mengganti oli dan air radiator secara lebih teratur lagi.

2. Mengganti boring dengan produk KW/lokal
 Sobat, sebenarnya diasil silinder untuk beberapa motor yamaha ini cukup banyak tersedia suku cadangnya. Mulai dari original hingga KW super dan KW_KWan...hhe
 Harga boring original saja sebenarnya tidaklah mahal, hanya sekitar seharga tanam boring saja, yakni dikisaran mulai 220 ribuan saja. Tetapi untuk yang original, harga tersebut tidak termasuk piston, ring piston dan perangkatnya. Artinya, anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk perangkat di luar boring/silinder tersebut.
 Bagaimana dengan KW?
 Nah, cukup menarik nih sobat, dan bisa menjadi alternatif jika memang budget anda terbatas. Ingat lho sobat, hanya jika budget terbatas saja. Sebab, dengan budget sekitar 300 ribuan, sobat bisa mendapatkan silinder KW tersebut, plus perangkat pistonnya. Jadi dana segitu bisa mengatasi masalah pada silinder motor anda.
 Efek buruk mungkin tidak ada, selain perbedaan kualitas, karena mimin sudah buktikan sendiri. Hanya saja ada yang perlu anda perhatikan jika ingin menggunakan boring atau silinder KW ini.
Setidaknya, cara berkendara juga turut mempengaruhi ketahanan boring KW ini. Contohnya jika kinerja motor berat, silinder lokal, rentan mengalami masalah seperti bagian dalam mudah terkelupas, begitupun jika sering geber motor. Nah, selain itu, kualitas oli juga harus ekstra diperhatikan. Intinya, menggunakan silinder jenis KW harus lebih berhati-hati dari segi penggunaan dan perawatan.

3. Campurkan produk
 Nah selain kedua alternatif diatas, ada satu cara nih agar mengganti silinder motor anda bisa lebih murah lagi, yaitu dengan menggunakan 2 produk sekaligus antara KW dan original.
 Sebagai saran, sebaiknya tetap menggunakan produk original untuk boring, agar lebih tahan lama. Untuk menekan biaya, pada perangkat piston, sobat bisa pakai produk KW. Piston KW memang tidak jauh berbeda harganya dengan original, namun untuk beberapa piston yang KW banget, ternyata harganya jauh lebih murah mas bro!
 Sebagai contoh, piston merk EnR harganya hanya dibawah 100 ribu saja, tepatnya sekitar 70 ribuan. Sedangkan jika original bisa mencapai 200 ribuan. Soal kualitas, sejauh ini belum pernah mengecewakan bagi mimin.

 Nah sobat, walaupun demikian, tetap saja produk original bisa lebih safety, serta teruji dari segi kualitas dan ketahanan komponen. Untuk itu, pertimbangkan untuk tetap menggunakannya, meskipun keputusan tetap sepenuhnya ditangan anda sebagai pemilik dan penggunanya.
 Itu saja informasinya semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Alternatif Ganti Boring Atau Korter Diasil Silinder, Cari Yang Termurah"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel