Tips Merawat Cat Motor Supaya Awet Tahan Lama - Ate Breaker

Tips Merawat Cat Motor Supaya Awet Tahan Lama

 Sobat, memudarnya cat motor itu pasti terjadi seiring bertambahnya usia motor. Namun, untuk mencegahnya pudar lebih cepat itu bisa dilakukan dengan cara perawatan yang benar. Cat berguna menambah penampilan motor, oleh karenanya kebersihan serta kaewetan komponen ini perlu dijaga.


 Terutama pada cover motor, jangan anggap sepele, mengingat bagian ini sulit diperbaiki jika sudah rusak atau aus. Meemperbaiki cat motor yang rusak tidaklah  sebentar serta murah, karena anda harus mau berurusan dengan tukang cat, dimana tarif untuk sekali mengecat motor itu bisa mencapai ratusan hingga jutaan rupiah. Tergantung lama proses, tingkat kesulitan, serta kualitas catnya. Begitupun jika punya inisiatif untuk mengganti bagian cover body, untuk kualitas original bisa menyentuh angka ratusan hingga jutaan, tergantung dari jenis motor anda.

 Untuk itu, merawat dengan tepat dan hati-hati, menjadi tindakan cerdas bagi anda yang tidak ingin memiliki penampilan motor dengan cat yang memudar lebih cepat.

 Ada beberapa hal yang bisa admin berikan yaitu berupa tips merawat cat motor, terutama hal-hal yang bisa membuatnya memudar lebih cepat. Sebagai berikut.

Mencuci

 Inilah hal yang paling membuat cat rusak, karena pemilik motor pasti punya keinginan untuk mencucinya.
 Ada beberapa yang perlu anda perthatikan kala mencuci motor agar tida mudah merusak cat.

1.Gunakan sabun cuci khusus
 Mencuci kendaraan terutama sepeda motor memang akan lebih mudah menggunakan sabun agar kotoran mudah hilang. Namun, pengguna biasanya salah kaprah soal penggunaan sabun cuci. Tahukah anda, sabun cuci yang tidak dikhususkan untuk motor bisa mudah merusak cat?
Dalam hal ini adalah beberapa produk sabun cuci pakaian dan sabun cuci piring. Keduanya, memang mudah untuk membersihkan kotoran, namun sangat tidak dianjurkan untuk digunakan pada body motor. Senyawa yang terdapat pada sabun tersebut akan merusak lapisan cat.
 Maka dari itu, gunakan sabun pencuci khusus untuk motor, atau shampo motor.

2.Lap kering
 Selain sabun cuci, proses mencuci juga penting, terutama ketika anda selesai mencucinya. Hal yang perlu anda lakukan adalah mengeringkan motor menggunakan lap. Jangan biarkan mair menempel pada body motor karena cat lapisan cat akan rusak jika membiarkannya terlalu lama. Apalagi, jika air tersebut terkena paparan sinar matahari langsung.

3. Memilih lap
 Selain itu, gunakan lap berserat halus saat mencuci, dalam hal ini admin menganjurkan menggunakan kanebo.

3. Jangan Keseringan mencuci
 Terkahir, mencuci motor terlalu sering juga bisa bisa cat memudar lho sobat. Maka sebaiknya mencuci motor seperlunya, tidak tiap hari tidak masalah jika motor jarang digunakan. Serta, jika kotoran cukup dibersihkan dengan mengelap saja seperti berdebu, sebaiknya urungkan jika sebelumnya anda berniat mencucinya.

Air Hujan

 Cairan alami ini tak kalah ganas untuk merusak bagian cat. Hujan sedikitnya mengandung zat asam yang bisa mempercepat usia cat. Maka, jika terkena air hujan, alangkah lebih baik membilasnya dengan air lalu mengelapnya hingga kering.
 Maka, jangan biasakan membuar motormu diparkir kehujanan ya, sobat.

Baca Juga: 5 Cara atasi goresan pada cat/body motor dengan murah

Papaparan sinar matahari langsung

 Memarkir motor di bawah paparan sinar matahari langsung juga kurang baik sob. Sinar matahari yang terlampau menyengat bisa mudah merusak cat, tak jarag cat dengan kualitas rendah mudah terkelupas. Maka, sebaiknya hindari paparan sinar matahari langsung ini.

Tumpahan Minyak rem

 Sejauh yang admin ketahui, cairan yang berasal dari motor itu sendiri yang paling jahat merusak cat adalah minyak rem ini. Tak butuh waktu lama, minyak rem tumpah pada cat, sekitar 30 menit warna cat bisa berubah yakni memudar. Apalagi tumpahan minyak rem ini mungkin terjadi pada motor dengan usia lama, terutama rem bagian depan karena komponennya sudah mulai aus dan menimbulkan kebocoran.
 Untuk itu, periksa tumpahan ini pada rem motormua sob.

Tumpahan bensin

 Untuk yang satu ini mungkin sering anda alami. Ya, walaupun tidak secepat minyak rem, tapi tumpahan bensin membuat lapisan cat motor memudar. Untuk mengatasinya, bilas dengan air sabun (shampo Motor) lalu lap hingga kering.

Air aki

 Meskipun sudah jarang aki yang menggunakan cairan (aki basah), namun masih terdapat di beberapa motor lama. Nah, tak kalah dengan cairan minyak rem, air aki bisa dengan mudah merusak cat jika tumpah. Maka, sebaiknya periksa selang pembuangan aki dan pastikan terpasang dengan benar. 

Gunakan pelindung cat

 Selain menghindari atau mengatasi perusak cat, selanjutnya jangan lupa melindungi permukaan cat serta lapisannya dari kotoran dan debu juga paparan sinar matahari. Banyak produk yang menjual pelindung cat ini. 

Itulah beberapa tips merawat cat motor. Semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Tips Merawat Cat Motor Supaya Awet Tahan Lama"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel