Tips Merawat Cakram Motor Biar Awet - Ate Breaker

Tips Merawat Cakram Motor Biar Awet

 Sobat, saat ini sistem pengereman sepeda motor sudah banyak yang beralih ke double disc (dual cakram). Maka, keberadaan cakram menjadi wajib pada bagian roda depan dan belakang motor.

 Terutama bagian cakram belakang, pernahkah sobat mengalami cakram mudah sekali aus dan menipis? Padahal harga cakram tidak lah murah terutama bagi motor sport. Karena jika cakram aus, mau tidak mau anda harus ganti demi sistem pengereman yang tetap tetap baik terhadap sepeda motor.

 Nah, sebenarnya, menyusutnya cakram lebih cepat ini bisa disebabkan kurangnya perawatan. Perawatan seperti apa dan bagaimana? Berikut saya coba ulas di bawah ini.

Pmeriksaan/pengecekan
 Memeriksa cakram itu perlu, agar konsdisinya bisa terkontrol. Apa yang di cek?
 Pertama soal tingkat ketebalannya, karena tidak sedikit yang mengabaikan cakram tipis, yang pada akhirnya cakram pecah ditengah jalan. Tentu saja hal tersebut membahayakan pengendara.
 Kedua, soal lingkarannya yang harus simetris (tidak baling). Cakram yang baling, akan membuat roda macet, ujungnya selain boros cakram dan kampas, hal ini juga bisa mengganggu performa motor juga keselamtan berkendara.

Baca juga: Penyebab rem cakram ngelos, blong dan cara mengatasinya

Perawatan
 Nah, agar cakram terawat, setidaknya lakukan beberapa hal di bawah ini.

 Servis bagian kaliper

 Kaliper berguna sebagai dudukan kampas rem, selain itu, peran penting lain dari kaliper adalah bergerak fleksibel mengikuti arah gerakan cakram. Meski cakramnya asimetris tapi tidak terlalu parah, masih bisa diikuti oleh kaliper. Tujuannya, agar cakram dan kampas rem tidak saling bergesekan lalu membuat putaran roda lancar.
 Untuk itu, pastikan kaliper bergerak baik, dengan cara senantiasa melakukan servis pada bracket atau dudukan kaliper. Caranya adalah melepas bracket dari kaliper dan melumasi as nya dengan stemplet atau gemuk.

 Kedua, piston kaliper berguna untuk menekan kampas rem saat pengereman dilakukan. Nah agar pergerakannya lancar, servis bagian ini juga perlu. Biasanya, dalam jangka waktu lama piston pada kaliper akan sedikit macet.

 Cara servisnya, harus melepas kaliper dan selang minyak rem, lalu membuka kampas rem serta menarik piston keluar dari kaliper menggunakan tang. Setelah itu, bersihkan bagian dalam kaliper juga bagian pistonnya.
 Namun untuk menservisnya, anda harus benar-benar paham dengan setiap komponen pengereman hydrolik, karena perlu menyeting ulang agar rem bisa bekerja. Jika tidak bisa melakukannya sendiri sebaiknya gunakan jasa profesional.

 Selain itu, penggunaan kampas rem juga turut mempengaruhi aus nya cakram. Anda bisa baca perbandingan kampas rem original dan KW dengan mengklik tautan ini.

 Itu saja semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Tips Merawat Cakram Motor Biar Awet"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel