Tips Atasi Engkol Motor Matic Patah, Serta Hitung Biayanya - Ate Breaker

Tips Atasi Engkol Motor Matic Patah, Serta Hitung Biayanya

 Sobat, meskipun starter elektrik sudah menjadi hal yang lumrah pada sepeda motor, namun tetap saja keberadaan starter manual, atau engkol ( Kick Starter ) penting. Perangkat ini akan sangat berguna apabila suatu saat starter elektrik mengalami kendala.


 Untuk itu, maka keberadaan engkol tidak serta merta diabaikan karena adanya starter elektrik ini. Justru harus dibiasakan dipakai sesekali. Sebab apa? Karena perangkat engkol pada matic ini rentan macet. Berbeda dengan motor jenis bebek atau sport, pada motor matic, engkol tidak dilumasi dengan oli, alias kering karena letaknya yang berada di luar mesin. Maka karat dan kotoran seringkali menghinggapi bagian ini. Selain digunakan sesekali, membuka dan servis bagian engkol juga penting untuk menjaga kebersihannya.

Baca Juga: Ini penyebab dan cara atasi engkol matic macet

 Nah, sobat, selain macet terkadang banyak pengguna mengalami engkol patah. Penyebabnya beragam, seperti karena kurangnya perawatan dan macet, ataupun biasanya kompresi motor ditingkatkan yang berimbas pada engkol yang keras. Ini biasa terjadi karena modifikasi yang dilakukan pada mesin khususnya piston.

 Yang jadi pertanyaan, bagaimana kalau engkol sudah terlanjur patah?
 Untuk mengatasi hal itu, sebenarnya tidaklah sulit yaitu dengan mengganti perangkat engkolnya. Namun, karena harganya yang tidaklah murah, banyak pengguna yang mencari alternatif lain. Seberapa berguna alternatif tersebut, mari kita ulas di bawah.

 Mengatasi engkol patah

 Nah, sobat biasanya patahnya engkol terjadi pada bagian as engkol, tepatnya berada diujung blok CVT, (yang sering admin temui). Sebab, bagian tersebutlah yang menyembul keluar dan dipasangi pedal engkol juga paling besar memikul beban saat diengkol.

 Jika sudah begitu, mungkin menyambung kembali engkol dengan las adalah cara satu-satunya selain menggantinya. Tetapi permasalahannya, mengelas bagian as engkol kurang efektif dan seringkali tidak bertahan lama. Sebab as yang di las seringkali tipis karena bagian as harus memiliki ukuran diameter awal karena masuk ke blok CVT, sehingga hasil las yang bisar akan mengganggu engkol tersebut. Selain itu, las juga bisa membuat as menjadi rapuh.
 Namun, Cara ini tetap bisa dilakukan untuk sesaat (sementara) sebelum anda ganti baru.

Ganti Baru lebih efektif

 Nah, mengganti perangkat engkol dengan yang baru adalah cara terbaiknya. Mengganti perangkat engkol matic itu tidaklah serumit motor bebek, karena letaknya berada di luar mesin yaitu cukup dengan membuka blok CVT.
 Namun, sebaiknya tidak menggunakan part lokal untuk mesin hasil modifikasi, karena seringnya engkol tidak kuat dan melintir setelah di engkol. Maka sebaiknya gunakan part original.

Biaya-Biaya
 Dalam hal ini, saya informasikan dari 3 biaya yang sudah di bahas, yaitu menggunakan las, mengganti baru dengan part lokal, dan mengganti baru dengan part original sebagai berikut.

Perkiraan biaya:

1. Las
  • Biaya las (kisaran) 25 ribu-50 ribu. Tergantung tingkat kesulitan, serta kualitas las
  • Biaya bongkar pasang engkol, 25-50 ribuan (tergantung tarif bengkel anda) tapi bebas jika anda pasang sendiri
2. Komponen lokal (as engkol saja)
  • Mulai 65 ribuan (tergantung jenis motor)
3. Komponen original (as engkol saja)
  • Mulai 125-sampai diatas 200 ribu 
Harga berbeda-beda, tergantung jenis motornya. Yang saya tulis adalah harga umum untuk skutik konvensional seperti yamaha mio, atau xeon, juga suzuki lawas spin.

Baca Juga: Penyebab oli motor berkurang, atasi dengan cara yang tepat

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Tips Atasi Engkol Motor Matic Patah, Serta Hitung Biayanya"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel