Tanpa Pasang Saklar, Cara Agar Lampu Depan Motor Bisa Dimatikan - Ate Breaker

Tanpa Pasang Saklar, Cara Agar Lampu Depan Motor Bisa Dimatikan

 Sobat, seperti yang sudah saya tulis pada postingan sebelumnya tentang cara pasang saklar lampu depan motor, kali ini saya akan coba berikan saran agar lampu depan tidak terus menyala namun tanpa memasang saklar baru. Tapi sebelumnya, perlu diketahui, mengapa saklar pada lampu depan dihilangkan dan membuat lampu terus menyala?
Hasil gambar untuk saklar lampu jauh dekat motor
gambar via:gridoto.com
 Sebenarnya hal tersebut merupakan peraturan pemerintah untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. Apa hubungan lampu dengan kecelakaan? Menurut admin, setelah membaca beberapa sumber, fungsi lampu tetap menyala akan membuat pengendara lain dapat dengan mudah melihat motor anda. Dengan kata lain, lampu akan memberikan semacam sinyal terhadap pandangan, lalu anda sadari bahwa di sekitar anda ada pengguna jalan lain. Hal itu akan membuat kita lebih berhati-hati saat berkendara.
 Namun, disamping itu, terkadang kita jengkel karena lampu yang terus menyala tersebut membuat lampu cepat mati alias boros. Bahkan, untuk beberapa kasus bisa ditemukan reflektor lampu yang meleleh, akibat suhu lampu yang panas.
 Untuk itu, banyak sekali pengguna yang memaksa memasang saklar lampu baru pada sepeda motornya. Namun terkadang, sebagian pengguna juga enggan memasang saklar, karena akan merusak tampilan motor. Sebab, pemasangan saklar biasanya dilakukan dengan melubangi cover, atau bagian lain untuk meletakannya. Untuk itu, saya coba bagi tips mematikan lampu tanpa membuat saklar baru, yaitu dengan cara memanfaatkan saklar lampu jauh dekat.
 Lampu jauh dekat sendiri, sebenarnya cukup bermanfaat pada kondisi tertentu, namun anda bisa gunakan salah satu fungsi lampu ini sebagai saklar off headlamp, atau lampu depan motor anda.
Namun, tentu anda akan kehilangan salah satu fungsi lampu baik jauh atau dekatnya.
 Jika anda memang siap kehilangan salah satunya, maka berikutlah cara membuat saklar jauh dekat menjadi saklar on/off motor.
Baca juga:Mudah, cara hidupkan motor tanpa kunci dengan sambung kabel kontak

Persiapan
 Pastikan anda sudah menentukan lampu yang akan digunakan, serta lampu yang akan dipadamkan dan nantinya berfungsi sebagai saklar off. Jika sudah, lanjutkan untuk mempersiapkan peralatan seperti obeng, dan perlengkapan lain yang akan saya tulis dibawah.

Langkah-langkahnya.

  1. Buka cover lampu depan, mulai dari baut cover dan spion jika mengahalangi.
  2. Cari kabel menuju lampu depan, agar lebih mudah langsung saja menuju socket/cangkokan lampunya
  3. Jika sudah anda temukan, siapkan peralatan lainnya, seperti gunting, lakban, juga jarum/benda tajam lain. Mengenai caranya, bisa gunakan 3 pilihan berikut.
Mematikan lampu dari cangkokan (fitting) lampu
 Pada cangkokan, terdapat 3 kabel yaitu kabel ground (masa), kabel lampu jauh, dan dekat. Yang perlu anda putus adalah kabel lampu jauh dekatnya (pilih salah satu). Caranya, bisa gunakan gunting untuk memutus kabel, jangan lupa berikan lakban pada kabel yang diputus tadi agar tidak terjadi konslet.
Hasil gambar untuk fitting lampu motor
fitting/cangkokan lampu. Ket: warna hitam yang menempel dicangkokan bagian samping, berarti ground. Kabel tengah (kuning/hijau) lampu jauh/dekat, gambar milik:dlaiqa.com

Matikan lampu dari saklar
 Pertama, pastikan anda mengambil socket saklar atau mengetahui warna kabel dari dan menuju saklar. Terdapat 3 kabel disana, satu berfungsi sebagai arus masuk, dan dua lainnya sebagai penyuplai lampu jauh dekat kendaraan. Biar tidak salah, samakan warna kabel lampu jauh/dekat yang akan anda potong, dengan warna kabel pada cangkokan (fitting). Setelah itu, potong salah satunya lalu tutup dengan lakban.


Matikan saklar dengan membaka socket lampu
 Yang dimaksud socket sambungan, ialah socket yang terletak diantara kabel saklar dan kabel semua cangkokan lampu. Caranya, lepaskan socket tersebut, lalu cari kabel lampu jauh/dekat yang akan dimatikan. Cari warna yang sama dari cangkokan agar lebih mudah. 
 Selanjutnya, amati warna kabel pada socket, dan pastikan warna tersebut sama dengan kabel lampu jauh/dekat. Selanjutnya, lepas kabel dari socket menggunakan jarum untuk menekan penguncinya dari dalam socket. Setelah terlepas, barulah lindungi dengan lakban.


  Untuk yang tipe double 2 lampu seperti satria F dan lainnya, sebaiknya melepas kabel dari saklar atau dari socket saja agar tidak banyak kabel yang dipotong.
 Sebagai catatan, tetap gunakan lampu dengan bijak, terutama saat berkendara di jalan raya. Walau bagaimanapun, menyalakan lampu akan sangat berguna bagi keselamatan anda.
 Sekian infonya semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Tanpa Pasang Saklar, Cara Agar Lampu Depan Motor Bisa Dimatikan"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel