Tangki Motor Bocor Dan Berkarat, Penyebabnya Sepele Lho - Ate Breaker

Tangki Motor Bocor Dan Berkarat, Penyebabnya Sepele Lho

 Sobat, siapa yang gak kesel jika bensin motor boros? Meskipun penyebab borosnya bensin bisa disebabkan banyak hal, namun jika boros tersebut disebabkan karena tangki bensin yang berlubang akan lebih kesal lagi bukan?


 Nah, fenomena tangki motor bocor, berlubang, yang membuat bensin rembes sebenarnya bukan hal baru. Banyak pengguna sepeda motor mengalami hal demikian. Kalau sudah bocor tentu repot, mending kalau masih bisa ditambal, tapi umumnya, tambal tangki bocor tidak akan membuahkan hasil optimal. Sebab, rembesan akan tetap ada.

 Pertanyaannya, apa sih penyebab tangki motor bocor?

 Jika bocor dengan sendirinya, alias tidak ada benturan sebelumnya, maka kebocoran disebabkan oleh karat pada bagian dalam tangki. 

 Kok tangki bisa berkarat? Padahal air tak bisa masuk?

 Ya, benar sekali, itu juga yang jadi pertanyaan mimin sebelumnya. Namun nyatanya, karat memang sering ditemui. Menurut lansiran banyak sumber, termasuk salah satu situs resmi produsen motor di indonesia, ternyata karat pada tangki penyebabnya hal sepele. Yaitu, kondisi tangki yang sering kosong.


 Kosong disini tak hanya ludes tanpa bensin, tetapi membuat sebagian tangki tidak terisi bensin juga menjadi penyebabnya. Artinya, jika kebiasaan anda mengisi bensin tanpa penuh di dalam tangki juga mempercpat timbulnya karat.


 Kembali lagi ke penyebab munculnya karat, mengapa bisa ada di tangki?

 Dari bensin yang kosong atau sebagian ruang tangki yang kosong tadi, dapat membuat bensin menguap. Uap inilah yang kemudian menempel pada bagian tangki, dan lama kelamaan, uap air semakin banyak dan terbentuklah air yang berubah menjadi karat. Semakin banyak karat semakin cepat tangki mengalami korosi hingga bocor. Nah, proses penguapan dan perubahan tersebut disebut kondensasi.

 Nah sobat, sebaiknya biasakan mengisi penuh bahan bakar agar karat pada tangki bisa diminimalisir. Selain itu, jangan lupa untuk senantiasa membersihkan tangki motor anda dengan mengurasnya serta menggunakan lap untuk membersihkan kotoran.
 Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 5 Cara atasi baret (gores) pada body motor

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Tangki Motor Bocor Dan Berkarat, Penyebabnya Sepele Lho"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel