Sering Kehabisan Bensin Motor Injeksi Mogok, Lakukan Cara Ini - Ate Breaker

Sering Kehabisan Bensin Motor Injeksi Mogok, Lakukan Cara Ini

 Sepeda motor dengan sistem pengabutan injeksi, kini sudah lazim digunakan setiap produsen. Pasalnya, motor dengan sistem pengabutan FI ini diklaim lebih irit bahan bakar, sekaligus memiliki performa yang lebih baik. Sebab, dengan sistem ini, konsumsi bahan bakar telah diatur jumlah pengeluarannya secara otomatis melalui ECU/ECM.

 Sederhananya, sistem pengabutan injeksi sendiri dapat diartikan sebuah sistem pencampuran bahan bakar dan udara yang terjadi pada intake (terpisah), sedangkan pada sistem pengabutan karburator, pencampuran terjadi pada karburator itu sendiri. Maka, pada tipe pengabutan FI ini dibekali perangkat injektor sebagai penyemprot bahan bakar menuju intake, juga pompa yang terdapat pada tangki yang dijalankan secara elektronik, yang disebut fuel pump/rotak.
 Benarkah sistem injeksi tidak boleh kehabisan bensin, karena akan membuat sepeda motor mogok?

 Sebenarnya bukan tidak boleh kehabisan bensin, melainkan jika kehabisan bensin, tangki motor bisa mengalami beberapa efek negatif. Diantaranya, kondensasi (penguapan), dan khusus untuk motor injeksi ya itu tadi, bisa mengalami masuknya angin ke dalam injektor dan membuat motor mogok sementara. Kok sementara?
 Sebab, selama angin di dalam injektor belum keluar, selama itu bensin tidak bisa memasuki injektor, sehingga suplai ke bagian intake jadi terhenti.
 Apa penyebabnya?
 Nah, kembali pada habisnya bensin tadi. Ketika bensin di dalam tangki habis, fuel pump tetap bekerja yaitu memompa (bensin) agar masuk ke dalam injektor. Nah, karena bensin kosong ini maka yang masuk ke dalam injektor hanyalah angin. Maka, ketika motor anda telah diisi bensin kembali, bensin jadi susah masuk, karena injektor dipenuhi angin yang membuat motor tidak bisa hidup untuk sementara.

 Lalu bagaimana cara mengatasinya?
 Untuk mengatasinya ada dua cara, dan sangat bergantung pada seberapa besar angin memasuki injektor. Jika tidak begitu banyak, biasanya akan mudah keluar ketika pertama kali anda memutar kontak ke mode on, yang artinya motor tidak mengalami masalah sama sekali alias mogok.
 Namun, jika motor tidak kunjung bisa hidup, anda bisa lakukan langkah sebagai berikut.

Putar kunci kontak ke mode on-off berkali-kali
 Ketika kontak diputar ke mode on, fuel pump pada tangki akan langsung bekerja memompa bensin. Nah, agar bensin masuk ke injektor dan selang, sekaligus mengeluarkan angin yang terperangkap tadi, maka memutar ke mode on bisa anda lakukan setidaknya mencoba 3x dalam rentang 2-3 detik setelah 1 kali memutar kontak (putar kontak, tunggu 2-3 detik, dan kembalikan ke mode off) sebanyak 3x. Selanjutnya, coba starter motor anda. Jika belum bisa hidup, lakukan dan ulangi lagi.
Baca Juga: Motor injeksi mati? Cek dan atasi dengan cara ini

Membuang angin melalui socket injektor/noksel
 Jika langkah diatas tidak kunjung membuat motormu hidup, cara selanjutnya adalah membuka injektor melalui socket, dengan tujuan membuang angin tersebut. Caranya bisa anda lakukan sebagai berikut.


  1.  Cari letak injektor/noksel anda, jika matic, biasaya berada di bawah jok dan dekat throttle.
  2.  Bagian socket (sambungan selang dari tangki dan injektor), terdapat spi pengunci. Buka spi tersebut dengan hati-hati yaitu dengan mengangkat sedikit penguncinya.
  3. Jika spi sudah dibuka, cabut selang dari injektor, bersamaan dengan memutar kontak ke mode on. Maka seketika itu bensin akan dipompa, dan lakukan cara tadi hingga membuat bensin menyembur.
  4. Jika bensin sudah menyembur, artinya angin sudah terbuang, maka pasang kembali komponen yang dibuka tadi.
  5. Selanjutnya hidupkan motor anda.
spi noksel, buka dari sini

 Namun, cara membuang angin dari injektor, tentu membutuhkan peralatan yang cukup. Karena setidaknya anda perlu membuka cover dek bawah jok (matic) untuk bisa menemukan injektor. Selain itu, proses membuka spi juga tidaklah mudah bagi yang belum pernah mencobanya, dan yang paling harus diperhatikan, adalah bagian injektor ini rentan patah. Jika patah, sukucadangnya juga tidaklah murah, maka sebaiknya berhati-hati kala membukanya.

Itu saja informasinya, semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Sering Kehabisan Bensin Motor Injeksi Mogok, Lakukan Cara Ini"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel