Piston Racing Solusi Buat Dongkrak Performa Motor Dengan Aman - Ate Breaker

Piston Racing Solusi Buat Dongkrak Performa Motor Dengan Aman

 Bagi sebagian orang, memiliki motor dengan performa yang ciamik memang suatu impian sekaligus kebanggaan. Ya, bagi mereka yang selalu mencari kepuasan dan tidak cukup dengan mengandalkan apa yang ada yang dibawa sepeda motornya. Dan salah satu cara mudahnya adalah mengganti piston.

 Piston racing merupakan cara paling efektif meningkatkan performa motor tanpa membuat rombakan besar pada mesin. Rombakan besar pada bagian mesin sepeda motor, seperti memperbesar katup, naik stroke, atau rombak pengapian dan karburator (bahan bakar),  memang bisa menambah performa motor semakin gahar, namun efek kurang baiknya bertambah pula. Salah satu efeknya adalah pada tingginya biaya perawatan, atau usia mesin bisa jadi lebih singkat.
 Berbeda dengan sedikit rombakan namun dapat mendongkrak performa sekaligus tidak memberi efek buruk adalah suatu hal yang benar-benar tepat. Disamping mendapat apa yang kita inginkan yaitu peningkatan performa, sekaligus tidak ada efek yang berarti pada mesin yang membuatnya tetap layaknya motor standar bawaan pabrik, baik dari segi usia pakai maupun konsumsi bahan bakarnya.

Baca juga

 Mengganti piston dengan produk after market atau lebih populer dengan sebutan piston racing memang dapat mendongkrak performa. Sebab, produk yang hanya dijual oleh merek non pabrikan ini memang dibuat khusus untuk meningkatkan performa terutama kompresi. Bagian depan piston dibuat lebih cembung atau jenong, supaya kompresi lebih padat. Sedangkan yang standar umumnya rata atau cekung (mundur), atau jika produk standarnya sudah cembung, biasanya produk after marketnya dibuat lebih cembung lagi.

 Keuntungan menggunakan piston racing adalah anda tidak perlu merombak bagian lain selain piston oversize silinder, karena presisinya seperti diameter piston sama dengan yang standar bawaan motor. Contohnya, ketika anda ganti piston standar honda beat dengan piston racing after marketnya, maka anda tidak perlu mengubah stang piston karena memiliki diameter pen piston yang sama. Sekaligus anda tidak perlu bubut piston karena terlalu panjang dan sebagainya.

 Piston racing juga tidak memerlukan perombakan terhadap kebutuhan bahan bakar. Sebab, pada dasarnya, piston ini dibuat seukuran dengan piston bawaan, perbedaannya hanya terletak pada size nya saja, atau setara dengan oversize pada piston bawaan motornya. Jika menggunakan size yang seukuran maka tidak memerlukan penambahan bahan bakar alias bahan bakar sama seperti motor sandar.

 Lalu bagaimana dengan usia pakainya apakah lebih singkat?

Piston jenis racing ini tidak membuat pengaruh yang berarti terhadap kinerja mesin. Namun dengan peningkatan performa motor, memungkinkan beberapa bagian bisa aus lebih cepat. Itupun jika anda memang hobi menggeber motor.
 Adapun bagian yang saya maksud, terutama adalah penggantian oli, yang akan lebih baik jika waktunya di majukan. Selain itu, beberapa komponen lain seperti katup yang perlu secara rutin di seting, karena performa motor meningkat tersebut, dan lainnya termasuk komponen luar mesin. Namun secara keseluruhan, tidak ada perbedaan yang berarti dengan usia pakai komponen.

Itu saja informasinya semoga bermanfat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Piston Racing Solusi Buat Dongkrak Performa Motor Dengan Aman"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel