Ini Penyebab Dan Cara Atasi Engkol (Kick Starter) Motor Matic Macet - Ate Breaker

Ini Penyebab Dan Cara Atasi Engkol (Kick Starter) Motor Matic Macet

 Malam sobat, untuk motor matic sekarang ini sudah semakin marak di jalanan. Untuk itu, pada kesempatan ini saya akan menulis mengenai penyebab dan cara atasi engkol macet pada motor matic. Banyak sekali yang mengalami engkol macet pada matic dan mungkin anda adalah salah satunya. Kira-kira, kenapa ya engkol/kick starter matic sering macet? Dan bagaimana cara mengatasinya?
 Langsung saja kita bahas satu per satu.
Hasil gambar untuk kick starter matic macet
Sumber:portalkata.id

Penyebab engkol macet
  Berbagai kecanggihan motor memang terkadang membuat fitur lain jadi terabaikan, karena kita sebagai pengguna selalu ingin cari yang mudahnya saja. Salah satunya adalah bagian engkol ini.
 Sebab, ada starter elektrik yang tinggal pencet, Tett!!!! nyala deh tu motor mudah kan? Nah, sebagai efeknya, engkol jadi tidak pernah atau jarang kepake kan? Pada kondisi ini, perangkat starter jadi berkarat, mulai dari per engkol, gear atau as engkol. Karat inilah yang membuat engkol jadi keras. Satu lagi, kotoran yang dihasilkan mesin bagian belakang, seperti kampas kopling, ven belt dan lainnya pada matic juga turut mempengaruhi kotornya bagian engkol ini. Dan terjadilah engkol macet.

Baca Juga: Tips atasi engkol matic patah, serta hitung biayanya
Gambar terkait
Bagian yang berkarat dan harus dilumasi
sumber:webaseapplication.blogspot

 Biasanya, macetnya engkol ini baru disadari saat aki motor anda soak, atau motor tidak bisa di starter tangan, bener gak? Mending kalau masih bisa digunakan tu engkol walaupun macet, tapi ada yang bahkan mengalami patah per, atau as gearnya. Kalau sudah begitu, motor tidak bisa hidup kan alias mogok.

Baca juga: Mesin belakang honda beat berisik? begini cara atasinya

Cara atasi engkol macet
 Untuk mengatasi engkol macet, maka anda harus membuka blok CVT. Nah untuk membukanya sudah pasti harus memiliki tools atau kunci-kuncinya sesuai baut yang ada di blok motor anda.
Tools yang umum untuk membuka blok CVT adalah kunci 8 T, 10 T, 12, juga beberapa kunci ring 8,10 dan 12-14mm. Sebelum membuka, teliti bagian motor anda yang sekiranya menghalangi saat akan membuka blok CVTnya. Seperti filter udara, filter CVT, atau bagian cover lain yang menghalangi.

 Nah, Jika blok sudah berhasil dibuka, disana ada per yang membelit gir yang langsung menuju engkol bagian luar. Selanjutnya lepas as kecil yang menempel pada gear, lalu lumasi as tersebut dengan gearnya menggunakan gemuk(stemplet). Tapi sebelum memberi gemuk, ada baiknya jika blok dan bagian starter dibersihkan dulu sampai tidak ada kotoran. Jika tidak punya stemplet, bisa gunakan oli bekas. Setelah dilumasi, gerakan gear perlahan dan berulang sampai lancar kembali. Setelah itu, pasang kembali blok CVT dan coba starter/engkol.
 Namun, jika setelah dibuka terdapat komponen yang patah baik as gear kecil, maupun per maka bagian tersebut harus diganti.

 Untuk perawatan, selain servis sebaiknya gunakan engkol sesekali. Minimal, gunakan engkol saat motor dingin. Selain menghindari aki cepat aus, mengengkol motor saat mesin dingin juga akan menghindari engkol berkarat dan macet.
 Itu saja informasinya, semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Ini Penyebab Dan Cara Atasi Engkol (Kick Starter) Motor Matic Macet"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel