Mengenal Diasil Silinder, Benarkah Tidak Bisa Di Korter? - Ate Breaker

Mengenal Diasil Silinder, Benarkah Tidak Bisa Di Korter?

 Sobat mungkin pernah mendengar motor yang tidak bisa dikorter ketika mesinnya mulai mengalami masalah terutama silinder? Terutama pada beberapa motor baru seperti beberapa produk yamaha misal jupiter mx king, yamaha vixion, atau skutik mio series terbaru.

 Sebenarnya bukan tidak bisa dikorter, hanya saja silinder atau boring, tersebut memiliki bahan/komponen yang berbeda yang disebut diasil silinder. Apa itu diasil silinder?
Dijelaskan rodadua.web DieAsil Silinder adalah kepanjangan dari Die Alumunium Silicon, yakni bahan pembuatannya terdiri dari campuran logam, alumunium dan silikon. Bahan atau material ini diklaim memiliki banyak keunggulan mulai dari memiliki kerapatan tinggi, lebih tahan lama, hingga mampu meredam panas dengan sangat baik.

Baca: Mengenal korter boring, oversize

 Selain itu, penggunaan material diatas mampu menekan biaya produksi untuk bagian silinder tersebut, mengingat silinder yang bukan berbahan diasil menggunakan longsongan besi baja.

 Pertanyaan selanjutnya, benarkah boring berbahan diasil ini tidak bisa dikorter.?
 Jawabannya memang benar tidak bisa, tapi masih ada cara agar diasil silinder tetap bisa dikorter, yaitu dengan menanam liner atau selongsong besi baja terlebih dahulu ke dalam boring diasil tersebut. Setelah itu, boring bisa dikorter kembali seperti biasa, sekaligus salah satu solusi untuk menambah usia boring ini.
Baca juga: Cara irit mengganti boring jupiter MX hingga 50%

 Bagaiamana caranya?
 Seperti yang saya sebutkan tadi, yakni menanam boring, nah yang perlu anda lakukan adalah membawa boring tersebut ke bengkel korter/bubut untuk ditanam boring. Tentu dengan membawa boring dan selongsongnya yang akan ditanam, namun biasanya bengkel tersebut sudah menyediakan selongsongnya yang tepat untuk ditanamkan pada silinder atau boring anda.
 Setelah boring ditanam, barulah boring bisa dikorter dengan piston motor anda mulai dari ukura standar hingga tingkatannya sesuai keinginan.

 Tapi apakah ada piston oversize, kan produsen motor menganjurkan untuk mengganti boring?
 Ya, tentu saja oversize piston original tidak ada, karena pabrikan tidak menyediakan, namun piston aftermarket banyak dijual. Banyak merek yang menjual mulai dari model racing, hingga model standar motor itu sendiri.
Baca juga: Kampas kopling jupiter mx boros? Begini cara atasinya

 Itulah info soal diasil silinder, semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Mengenal Diasil Silinder, Benarkah Tidak Bisa Di Korter?"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel