Mending Mana, Kampas Rem Cakram Original Atau KW? Ini Perbandingannya - Ate Breaker

Mending Mana, Kampas Rem Cakram Original Atau KW? Ini Perbandingannya

 Kampas rem menjadi bagian penting untuk sistem pengereman, apalagi saat ini sepeda motor telah banyak dibekali double disc (dua cakram) pada rodanya. Kampas yang aus tidak hanya membuat daya cengkeramnya menurun, tetapi juga akan merusak cakram. Untuk itu, sebaiknya periksa dan ganti kampas rem secara berkala.

 Nah, sobat pada kesempatan ini kita akan membandingkan tentang mana yang terbaik antara kampas rem orisinil atau lokal/KW. Dalam hal ini, ATB akan mengulas dari sisi kelebihan dan kekurangan kedua jenis kampas rem motor terbsebut.

 Baik original maupun lokal, 2 kampas ini bisa dibedakan dari komponen yang dibawa, harga, serta tingkat keawetannya. Disitu sebenarnya letak kunci untuk membedakannya. Maka dalam hal ini saya akan mencoba membedakan menurut pendapat pribadi penulis, dalam hal ini semoga memberi inspirasi dan gambaran tanpa bermaksud mengarahkan sobat semua untuk memilih salah satu jenis yang akan digunakan.

Baca Juga: Rem depan keras dan kurang pakem? Ini penyebab dan cara atasinya

Kampas Rem Original

 Tentu kampas ini menjadi anjuran dari berbagai produsen motor untuk diguanakan sebagai komponen pengganti. Selain itu, setiap penggunaannya juga sudah melalui uji tes, baik keamanan, keawetan, dan lainnya yang disesuaikan dengan standar pabrikan motor mereka.

 Namun, komponen yang keras, kadang menjadi masalah bagi sebagian orang. Tidak jarang, kampas rem original bisa membuat daya cengkeram kampas kurang optimal dan licin. Tak jarang pula, bagian cakram menjadi korbannya, dimana cakram aus nya kampas rem disertai dengan aus nya cakram. Di beberapa motor tertentu, sekitar 2x penggantian kampas rem original, disertai 1x penggantian cakram yang habis. Terhitung boros memang usia cakram ini, mengingat harga cakram juga tidaklah murah. Selain itu, harga kampas cakram original juga lumayan tinggi, pada kisaran 50-100 ribuan (tergantung jenis motor, dan produsen).

 Kelebihan

  • Awet rata-rata usianya 6bulan-1tahun (belakang)
  • Telah disesuaikan dengan standar pabrikan
  • Keamanan berkendara lebih terjamin, sangat kecil resiko kampas bisa copot
 Kekurangan
  • Harga cenderung mahal
  • Kompon keras pada kampas sebabkan licin
  • boros cakram, karena kalah dari tekanan komponen kampas yang keras
Kampas KW/Lokal

 Selain tersedia kampas original, kampas lokal juga bisa menjadi pilihan. Harganya bervariasi dan lebih murah, yaitu dikisaran 15-50 ribuan.

 Umumnya, kampas buatan lokal memiliki kompon yang lebih halus, sehingga tidak mudah merusak cakram. Namun, hal itu juga membuat boros kampas rem, dan masa penggantiannya bisa 3-4kali lipat lebih boros dibanding original. Tidak jarang, kampas kualitas KW yang termurah, bisa terjadi copotnya bagian kampas rem dari plat besinya.


 Kelebihan
  • Harga 3x lipat lebih murah
  • Tidak boros cakram
  • Permukaan lebih halus (daya cengkeram rata-rata terjaga)
 Kekurangan
  • Usia pakai pendek, berkisar dari 2-6 bulan
  • KW sekian rentan copot (keamanan kurang)
  • Kualitas tidak terjamin pabrikan

 Nah itulah beberapa kelebihan dan kekurangan kampas rem original dan KW/lokal. Semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Mending Mana, Kampas Rem Cakram Original Atau KW? Ini Perbandingannya"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel