Menanti Kehadiran Motor Listrik Karya Anak Bangsa, Gesits - Ate Breaker

Menanti Kehadiran Motor Listrik Karya Anak Bangsa, Gesits

 Mungkin tidak asing jika ditelinga ini terdengar sepeda  motor bermerek honda, yamaha, atau suzuki. Namun, mungkin sebagian besar dari kita akan terasa asing jika mendengar nama motor Gesits. Pasalnya, motor ini merupakan skuter garapan perusahaan lokal, dimana komponennya sebagian besar dibuat secara lokal.


 Gesits merupakan kepanjangan dari Garansindo Elektrik Scooter ITS. Garansindo merupakan produsen pembuat skuter bermesin listrik tersebut, sedangkan ITS merupan salah satu universitas di ternama di jawa timur sebagai pelopor kehadiran skuter lisrtik yang digadang sebagai skuter karya anak bangsa ini.


 Nama gesits pertama kali terdengar sejak 2015 silam, karena purwarupa motor ini diperkenalkan pada gelaran pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015. Sekarang, gesits direncanakan akan mulai diproduksi mulai akhir tahun nanti tepatnya sekitar bulan november, dan akan diperkenalkan secara resmi bulan sepetember mendatang.
 Sebagai skuter bermesin listrik, maka Gesits tidak dibekali mesin motor seperti sepeda motor atau skutik konvensional pada umumnya. Tapi penggerak utamanya adalah motor listrik, dimana untuk menyupai sumber energinya (listrik) berasal dari sebuah battery lithium-ion yang diisi ulang lewat charger/cas. Maka, skutik ini pun tidak akan menggunakan BBM lagi, tetapi energy listrik.

Spesifikasi

Battery
 Sebagai motor listrik yang berbentuk skuter, gesits memiliki jarak tempuh yang cukup baik untuk ukuran motor listrik sekarang ini. Pasalnya, sekali charger bisa menempuh jarak 80-100km. Ini berkat battery yang tertanam pada motor ini. Kabar baiknya lagi, konon battery bisa dengan mudah dilepas dan dipasang, atau bisa disebut swap. Ini karena pihak pertamina akan menyediakan gerai penukaran batterynya. Jadi, ketika battery motor habis, anda tidak perlu menchargernya dirumah, yang akan memakan waktu hingga 3 jam (sampai penuh), tetapi cukup dengan datang ke pertamina (SPBU) untuk menukar battery baru (mirip beli galon air).
 Lalu bagaimana cara mengetahui battery akan habis?
 Ya, pertanyaan yang agak konyol ya mas bro! hehe,,, Mudah sekali, karena semua sudah tersedia pada dasbor panel informasi seperti panel indikator bensin pada sepeda motor biasa. Disana juga terpampang kapasitas battery motor anda. Lebih dari itu, kabarnya juga, panel informasinya bisa dipantau menggunakan smartphone mas bro. Tentunya dengan mendownload dahulu aplikasinya.


Performa
 Keunggulan dari motor listrik adalah dari segi performa, yang biasanya lebih bertenaga nih. Yakin? Banget mas bro!
 Dari segi dimensi nampak memang tidak sebesar motor bermesin 150cc di indonesia. Tapi siapa sangka jika torsi yang dihasilkan bisa menyamai motor seperti honda vario, bahkan yamaha Nmax. Torsinya mencapai 15Newton Meter, sedikit lebih besar dari vario 150 yang memiliki 14,5Nm. Sedangkan kecepatan maksimalnya bisa mencapai 102km/jam.

Harga
 Nah yang paling sensitif biasanya soal harga nih, kira-kira berapa?
 Berhubung motor ini belum launching secara resmi, maka harga pun belum diumumkan. Tetapi desas-desus banderol bagi motor bergelar "LOKAL" ini konon akan berada di bawah 20 jutaan. Sedangkan pada awal-awal perkenalannya, motor ini hanya akan dibanderol 15 jutaan saja. Maka sebaiknya kita tunggu info selanjutnya dari skutik karya anak bangsa ini.
 Sebagai info tambahan, motor listrik ini ternyata sudah bisa dipesan secara online melalui situs resminya. Kabarnya, sudah lebih dari 4500 orang memesan skuter ini, dari target produsen terjual 50.000unit per tahun. Mantap!


 Sekian, semoga bermanfaat.
Baca Juga: Berbagai penyebab motor injeksi mati

UPDATE
 Gesits batal diluncurkan bulan sepetember. Sebelumnya gesits juga sempat dijadwalkan tanggal 17 agustus. sementara menurut sumber kompas, Gesits kemungkinan akan diluncurkan akhir bulan september mendatang.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Menanti Kehadiran Motor Listrik Karya Anak Bangsa, Gesits"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel