Kampas Kopling Jupiter MX Boros, Begini Cara Atasinya - Ate Breaker

Kampas Kopling Jupiter MX Boros, Begini Cara Atasinya

 Bagi pengguna jupiter mx, penggantian komponen kampas kopling atau disebut juga fiber kopling, bukanlah hal aneh. Mengingat, komponen yang satu ini usia pakainya cukup pendek dan harus rutin mengganti. Akan tetapi jika usia pakainya terlalu pendek, misalkan hanya hitungan kurang dari 5 bulanan, mungkin ada masalah pada motor yang membuat kampas koplingnya terasa boros. Nah, daripada bingung dan banyak keluar biaya, mending coba baca dulu artikelnya sampai beres.
Gambar terkait
gambar via:modifikasi.co.id

 Umumnya, fenomena borosnya kampas kopling terjadi pada jupiter mx tipe kopling tangan atau manual. Paling banyak, adalah motor dengan usia lama, misalnya mx tahun 2010 ke bawah, atau sebagian mx baru (menurut pengalaman admin). Mengapa demikian?


 Ada 2 hal yang menurut admin mengapa kampas kopling menjadi sangat boros, pertama kualitas bahan atau komponen kampasnya yang jelek, dan kedua ada komponen lain yang rusak.

 Untuk yang pertama, yang admin maksud, adalah kampas kopling menggunakan kampas KW/lokal. Usia pakai kampas lokal dibanding original cukup jauh ternyata, terutama untuk yang KW banget dengan harga super murah. Untuk itu, sebaiknya fikirkan lagi untuk menggunakan part KW ini.
Baca juga: cara unik atasi kaca speedometer gores/kusam

 Dan untuk yang kedua, yaitu komponen lain yang rusak, ini yang sering admin temui terutama di motor usia lama. Komponen apa, dan mengapa mempengaruhi kampas kopling?
Hasil gambar untuk rumah kopling jupiter mx dan kaki 4 nya
rumah kopling dan kaki 4 mx, via:bukalapak.com
 Komponen yang saya maksud adalah rumah kampasnya (kaki 4), alias rumah kopling tempat meletakan kampas kopling pada mesin. Rumah kopling ini akan aus dan menyusut seiring usia motor, akibatdari gesekan kampas kopling tersebut. Penyusutan rumah kopling membuat kampas kopling yang seharusnya masih layak pakai, jadi kurang optimal kala menekan. Selain rumah kopling, biasanya bagian penutup nya juga aus. Rumah kopling dan penutup luarnya sama-sama sebagai tempat meletakan kampas kopling tersebut.

 Intinya, bagian rumah koplinglah biang keroknya dan harus anda ganti.
Itulah pengalaman admin mengatasi masalah kampas kopling yang boros. Sekian infonya semoga bermanfaat.
Baca juga: Cara irit mengganti boring jupiter mx hingga 50%

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Kampas Kopling Jupiter MX Boros, Begini Cara Atasinya"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel