Inilah Resep Bersihkan Mesin Motor Yang Penuh Kerak Biar Kinclong - Ate Breaker

Inilah Resep Bersihkan Mesin Motor Yang Penuh Kerak Biar Kinclong

 Mesin merupakan bagian motor yang rentan kotor. Letaknya yang berada di bagian bawah, membuatnya mudah terkena cipratan air dan kotoran. Selain itu mesin juga memiliki pelumas/oli, dimana oli ini bisa keluar kapan saja melalui rembesan celah pada motor lama. Akhirnya kotoran menempel dan mesin mudah sekali berkarat terutama bagian cylinder.

Source:alamy.com

 Diantara mesin yang paling mudah kotor adalah cylinder dan head mesin. Bagian ini tidak dilapisi cat, sehingga karat bisa menempel kapan saja. Proses mencuci juga kadang tidak menjangkau head dan cylinder seluruhnya. Bentuknya yang bergelombang ditambah lekukan dalam adalah salah satu kesulitan membersihkan bagian ini. Untuk itu perlulah ekstra sabar dalam membersihkannya.

 Mesin yang telah terlanjur kotor dan berkarat akan sulit dibersihkan jika hanya mengandalkan sabun pembersih motor. Untuk itu, perlu kombinasi atau bahan khusus membersihkannya, baik bahan dengan produk khusus pembersih karat mesin, maupun dengan resep yang ada meliputi berbagai bahan rumah tangga yang mudah didapat serta murah. Apa saja alat pembersih motor? sebaiknya simak artikel ini sampai habis.

BACA JUGA:
Mesin belakang honda beat berisik? cek penyebabnya 

Memebersihkan Head Dan Cylinder Dengan Cairan Anti Karat
 Sekali lagi saya tegaskan membersihkan head dengan hanya mengandalkan sabun cuci motor, atau cuci piring hasilnya tidak akan optmal dan hanya membuang waktu. Mesin biaanya dipenuhi karat yang membandel, dicampur debu dan oli. Untuk memudahkan pembersihan mesin, sobat bisa gunakan cairan pembersih karat.

 Banyak sekali cairan pembersih karat diluaran sana dengan harga mulai 15 ribuan sampai 200 ribuan. Mulai dari cairan produksi rumahan, hingga produsen ternama seperti autosol, soda api dsb.

 Cara membersihkannya taburkan/siram anti karat pada bagian mesin berkarat lalu sikat dan bilas hingga bersih.

Membersihkan Head Dan Cylinder Menggunakan Bahan Rumahan
 Meskipun tidak semudah menggunakan bahan pembersih karat secara khusus, tapi ada beberapa bahan rumahan yang ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengusir karat. Diantaranya, deterjen pencuci pakaian, pembersih WC, bahkan Blau. Ketiga bahan ini ternyata cukup ampuh mengusir karat jika dilakukan dengan benar dan sedikit sikatan juga pengulangan.
Hasil gambar untuk detergent powder
Source:dir.indiamart

  1. Campurkan deterjen secukukpnya kedalam air panas, deterjen lebih banyak lebih bagus. Mengapa harus air panas? Air panas lebih mudah mengangkat kotoran dibanding air dingin. Selain itu, air panas lebih efeketip mengangkat kotoran seperti pelumas, minyak dll. Sedangkan deterjen akan mampu membuat noda menjadi luntur.
  2. Siram sedikit demi sedikit deterjen pada permukaan mesin, kemudian sikat menggunakan sikat WC agar lebih cepat mengangkat kotoran. Lakukan berulang sampai kotoran terangkat semua.
  3. Pakai blau untuk mencerahkan mesin. Setelah bersih dari kotoran, karat yang paling bandel bisa menggunakan blau yang dicampur air, aduk blau dan air hingga kental lalu oleskan pada mesin denga kuas cat sampai merata keseluruh bagian mesin. Setelah rata, biarkan lebih lama lebih bagus, agar hasilnya optimal, blau biarkan menempel 1-3 hari.
  4. Setelah rentang waktu tersebut, bilas mesin yang diolesi blau tadi dengan air bersih. Sambil membilas, lakukan penyikatan kembali dengan sikat WC.
Hasil gambar untuk blau ke mesin motor
Sumber:kaskus

 Silahkan lihat sendiri hasilnya, mesin motor anda akan bersih dengan warna yang cerah.

Menggunakan Bensin Atau Solar
 Untuk bensin dan solar, sebenarnya sangat ampuh mengangkat noda serti pelumas juga kotoran. Hanya saja penggunaan bensin untuk pembersihan mesin, tidak dianjurkan pihak pabrikan motor, karena bisa merusak kandungan bahan pada mesin. Selain itu, penggunaan bensin juga tidak efisien mengingat harganya yang cukup mahal per liternya dibanding menggunakan bahan lain. Tapi jika anda penasaran, penggunaan bensin ini bisa anda coba.

Sekian dulu artikel saya, semoga bermanfaat.
BACA JUGA:

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Inilah Resep Bersihkan Mesin Motor Yang Penuh Kerak Biar Kinclong"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel