Mudah, Cara Hidupkan Motor Tanpa Kunci Dengan Sambung Kabel

 Kehilangan kunci motor memang menjengkelkan, apalagi jika terjadi pada anda yang hendak bepergian dengan sepeda motor kesayangan. Hilangnya kunci motor memang bisa dialami siapa saja dan kapan saja. Masih mending jika motor sedang di parkir dirumah, jika di parkiran umum yang jauh dari rumah, lumayan repot juga tuh. hehe

 Jika anda tidak punya cukup alat atau kunci-kunci untuk bongkar pasang motor, maka mau tidak mau anda harus menyuruh orang bengkel untuk membukanya. Tetapi jika anda memang mencari informasi tentang cara alternatif untuk hidupkan motor tanpa kunci kontak, sebaiknya anda baca artikel ini sampai habis. Karena saya akan coba tulis disini tutorialnya. Tapi sebelum mulai, ada syarat untuk menghidupkan motor tanpa kunci kontak ini yaitu, motor tidak dikunci stang atau kunci leher. Sebab, jika dikunci stang akan percuma bisa menghidupkan motor tanpa membuka kunci stangnya karena motor anda tidak bisa belok. Solusinya mau tidak mau kunci kontak motor anda harus dilepas lebih dulu, baru hidupkan motor agar bisa digunakan.

Baca juga: Cara mematikan lampu motor tanpa pasang saklar

 Nah lanjut ke tutorial saja untuk menyambung kabel kontak, anda harus mencari tahu dulu, kontak kabel anda menggunakan berapa kabel? Caranya, coba lihat lokasi kontaknya, lalu lihat kabel yang masuk menuju kontak. Jika kabel dapat dilihat dan dijangkau dengan tangan, sebaiknya tidak perlu membuka cover body atau bagian penghalang lain. Ketika sudah ketemu, coba lihat jumlah kabelnya. Umumnya, kunci kontak motor memiliki 2 kabel seperti kebanyakan motor yamaha terutama bebek misalnya vega r, jupiter z, vega zr, atau jupiter mx. Sedangkan sebagian motor honda, memiliki 4 kabel seperti supra fit, legenda dan lainnya.

1. Sambung kontak yang meiliki 2 kabel

 Untuk yang dua kabel, biasanya satu kabel sebagai arus masuk menuju kontak, lalu keluar dari dari kontak melalui satu kabel lainnya menuju CDI atau langsung menuju koil. Nah dalam hal ini, kontak motor berfungsi sebagai saklar on dan off untuk menyambung arus pengapian motor dari kabel tersebut. Nah cara menyambungnya, sobat tinggal putus dua kabel yang menuju kontak tadi mengunakan gunting atau pemotong lain, lalu menyambung kedua kabel tersebut. Jangan lupa menyambung kedua kabeelnya yang dari bawah ya, bukan yang  menempel ke kontak setelah diputus tadi. Selanjutnya cek dasbor speedometer motor anda, jika aki masih hidup, lampu-lampu speedometer akan menyala dan motor dijamin akan hidup.
Gambar terkait
Kontak 2kabel, gambar via:forum.idws.id

 Jika tidak ingin menggunting kabel, sobat bisa sambung melalui soket (sambungan) kunci kontak, yang biasanya berjarak 10-15cm jaraknya dari kabel kontak. Caranya, buka soket dan sambung kedua kabel melalui soket tadi menggunakan kabel, atau benda penghantar listrik lain seperti jarum, atau kawat. Hasilnya akan sama saja.

2. Sambung kontak yang memiliki 4 kabel

 Untuk yang memiliki 4 kabel sebenarnya cara kerjanya sama, yaitu kontak sebagai saklar pemutus arus. Hanya saja tipe 4 kabel ini lebih rumit. Untuk tipe 4 kabel ini terbagi 2, pertama 2 kabel berfungsi sebagai kontak pengapian. Sedangkan 2 kabel lainnya sebagai pemutus arus aki dan kelistrikan lain motor, tapi ini hanya berlaku bagi motor dengan arus pengapian AC.
 Kedua, 2 kabel berfungsi sebagai kontak pengapian motor, sedangkan 2 kabel lainnya berguna sebagai sensor pada kontak dengan pengamanan immobilizer yang terbaru dan termutakhir. Pada jenis kontak ini lebih rumit.
Gambar terkait
kontak pada supra series/fit Sumber gambar: sukaberitakita.blogspot
keterangan:

  1. merah Aki
  2. hijau massa (ground)
  3. Hitam putih= CDI
  4. hitam polos=aksesoris/penghubung saklar saat kontak on


 Untuk yang pertama dengan pengapian AC seperti pada beberapa motor honda supra series, atau tiger, kontak biasanya diambil dari arus CDI yaitu mematikan motor melalui CDI secara langsung (bukan memutus arus pengapian/aliran listrik). Maka, anda tidak perlu sambung kabel, melainkan cukup dengan memutus salah satu kabel yang menuju kontak saja yaitu massa (ground). Pada motor honda supra, cari saja kabel kontak yang berwarna hijau, lalu gunting kabel sampai putus. Maka pengapian anda akan terhubung dan motor bisa hidup. walaupun aki mungkin akan mati. Tapi setidaknya, anda bisa membawa motor ke bengkel untuk mengganti kunci baru.

Sekian dulu artikelnya semoga bermanfaat.

Baca juga
Motor injeksimu mati? cek dan atasi penyebabnya disini


2 Komentar untuk "Mudah, Cara Hidupkan Motor Tanpa Kunci Dengan Sambung Kabel"

  1. Pusat Cover Motor dan Mobil Berkualitas - Artikelnya bagus min, semoga terus bisa berbagi artikel yang bermanfaat lainnya, lain kali main kesini lagi

    BalasHapus

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel