Hati-Hati, Jika Ingin Coba Luruskan Tuas Rem/kopling Bengkok - Ate Breaker

Hati-Hati, Jika Ingin Coba Luruskan Tuas Rem/kopling Bengkok

  Sobat, banyak sekali pengendara motor yang mengalami tuas rem/kopling bengkok. Penyebabnya, bisa karena motor terjatuh, atau membentur sesuatu. Biasanya, tuas rem yang mengalami bengkok ini adalah tuas rem bawaan pabrikan motor yang umumnya terbuat dari bahan chrome/ancuran.
Hasil gambar untuk tuas rem bengkok
via:tweeter.com/nanicempluk
 Tuas rem original tersebut lebih sering melengkung ketimbang patah. Pada kondisi ini tidak sedikit dari pengguna memiliki inisiatif untuk meluruskannya kembali. Namun bisakah tuas rem diluruskan kembali? Sebab selain mengganggu kenyamanan tuas itu sendiri, tuas rem melengkung juga sedikit membuat tampilan motor kurang enak dipandang.
 Nah, menurut pengalaman admin sendiri, sebenarnya bisa saja tuas rem diluruskan, namun ada beberapa syarat. Pertama, lengkungan tidak parah dan hanya beberapa mm saja keluar dari jalurnya. Kedua, bahan yang digunakan berkualitas baik, minimal bawaan pabrikan motor.
 Bagaimana caranya?
Baca juga: 3 Cara atasi baut knalpot patah

  1. Coba teliti bagian yang melengkung (keluar dari jalur garis semestinya)
  2. Panaskan menggunakan api (kompor/las karbit) bagian yang melengkung tersebut
  3. Coba pukul perlahan dengan palu, lakukan dengan hati-hati dan jangan paksa jika masih keras.
 Mengapa harus dipanaskan? Dilansir dari bebrapa sumber, ketika tuas rem yang berbahan chrome melengkung, sebenarnya terdapat pergesaran partikel di dalamnya. Satu bagian partikelnya berkurang, dan bagian lain bertambah banyak. Dengan pemanasan akan membuat partikel-partikel tersebut mudah pindah kembali dan meminimalkan resiko patah (tuas rem tadi).
 Namun, dari sekian banyak tuas rem yang coba saya luruskan, kebanyakan diantaranya mengalami patah. Sebab, perlu ketepatan yang juga didukung dengan tingkat keparahan/kerusakan tuas rem tersebut. Maka dari itu, cara termudahnya adalah mengganti tuas tersebut, sebab harganya juga tidak mahal. Mulai dari motor bebek, harganya dikisaran 15 ribuan-100ribuan saja.
 Semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Hati-Hati, Jika Ingin Coba Luruskan Tuas Rem/kopling Bengkok "

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel