Hati-Hati! Aki Motor Cepat Mati, Curigai Bagian Ini - Ate Breaker

Hati-Hati! Aki Motor Cepat Mati, Curigai Bagian Ini

Asslamualaikum sobat blogger, kali ini saya berbagi tips megatasi aki yang sering mati.

Pernahkah motor sobat mengalami seringnya aki motor sobat cepat mati atau soak? sobat coba cas, terisi kembali, namun saat digunakan soak kembali. Atau mungkin sobat beli baru, tidak sampai satu minggu, sudah soak lagi. Berulangkali coba ganti lagi namun hasilnya tetap sama? Sebelum hal itu terjadi lagi, sebaiknya sobat perhatikan beberapa kemungkinan penyebab dibawah ini.

1. jalur pengisisan mati
 Aki motor akan otomatis terisi dan ter charge secara otomatis ketika mesin motor hidup. Listrik pada aki, di cas dan di suplai oleh komponen yang disebut kiprok/regulator. Jika sobat alami aki sering mati, kemungkinan bagian pengisian aki ini mengalami masalah alias rusak. Terkadang rusaknya kiprok yang terjadi pada pengisian aki, tidak disertai dengan rusaknya kiprok pada jalur lainnya, seperti lampu yang juga bersumber dari sana, maupun pengapian. Maka penting untuk memeriksa bagian kiprok ini dengan mencoba menggantinya dengan yang baru.

2.Spul
 Sebagai pencetus segala kebutuhan listrik dan pengapian, bagian ini juga bisa mengalami masalah yang berimbas pada aki. Namun hal ini hanya terjadi pada motor dengan pengapian Direc Current (DC) dimana pengapian di searahkan oleh aki. Pada pengapian ini, jika spul mati, kemungkinan motor hidup masih bisa terjadi yakni dengan listrik/api yang bersumber dari aki tersebut. Maka tak jarang, lemah/rusaknya bagian ini akan berefek juga pada aki tersebut.
Baca: Sistem pengapian AC DC pada sepeda motor

3.Aki yang digunakan bermasalah
 Meskipun berlabel baru, tidak menutup kemungkinan aki mengalami gagal berfungsi dengan baik, yang bisa disebut gagal ketika diproduksi. Apalagi jika kondisi aki sudah lama, kemungkinannya aki mengalami aus pada beberapa komponennya.
 Untuk itu, pastikan aki yang anda gunakan berkualitas dan memiliki garansi.

Selain kedua hal diatas, penyebab matinya aki juga dapat disebabkan oleh kesalahan eksternal seperti merombak jalur kelistrikan, menambah lampu, dan terjadi konsleting.

 Demikian beberapa penyebab yang bisa membuat aki cepat mati. Semoga bermanfaat.
Baca juga: Mau beli aki? Pahami dulu 3 jenisnya

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Hati-Hati! Aki Motor Cepat Mati, Curigai Bagian Ini"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel