Cara Setting Rem Cakram (Hydrolik) Tanpa Baut Pembuangan Kaliper (Patah) - Ate Breaker

Cara Setting Rem Cakram (Hydrolik) Tanpa Baut Pembuangan Kaliper (Patah)

 Malam sobat, masih berkutat soal rem sepeda motor, terutama rem cakram hydrolik nih. Seringkali salah satu bagian pada perangkat rem ini bermasalah, yaitu patahnya baut pembuangan minyak rem pada kaliper. Penyebab patahnya beragam, bisa karena baut berkarat, atau bisa juga karena cara membuka yang salah karena terlalu menekan atau sebagainya.

Hasil gambar untuk how work disc brake motorcycle
ket: kaliper, dan baut pembuangan
 Sialnya, patahnya baut kaliper akan membuat sulitnya menyeting rem, bahkan tidak sedikit yang malah membuat rem tidak berfungsi sama sekali. Banyak yang mengakalainya dengan cara oversize baut pembuangan ini. Ya, memang bisa diperbesar bautnya alias oversize, cuman masalahnya baut oversize tersebut jarang tersedia.
 Lantas bagaimana solusinya jika baut tersebut patah?
 Ada 3 opsi yang bisa saya bagi,
 Pertama ganti peragkat rem baik semua komponennya, atau cukup ganti bagian kalipernya saja. Cuman masalahnya, harga perangkat rem cakram ini tidaklah murah, tergantung jenis motor dan kualitasnya. Yang pasti harganya diatas ratusan ribu rupiah. Produk lokal untuk motor lawas saja, semacam jupiter atau vega R bisa mencapai 500 ribuan. Cuman yang pasti masalah akan selesai.
 Opsi kedua, sobat bisa oversize baut pembuangannya jika tersedia. Caranya tentu sobat harus buang baut lama dengan mengebor sisa baut patah terlebih dahulu. Biayanya, tergantung tarif bengkel kesayangan sobat, juga lama waktu pengerjaannya.
Baca Juga: Penyebab rem cakram blong, ngelos, serta cara atasinya

 Opsi ketiga, ini yang terbaik buat sobat yang sedang salah satu musim dalam bahasa jepang nih, apa itu? SAKURATA alias bokek atau bahasa kutubnya tanggal tua,, hehe. Bukan bokek sih tapi lebih kearah menunda untuk mengganti mungkin ya? WKKK
 Nah apa opsinya, yaitu dengan tetap menggunakan kaliper lama, dengan syarat tidak ada minyak rem yang keluar dari baut kaliper. Maksudnya, biarkan baut yang patah tetap menempel jika tidak memberi efek bocor minyak rem. Sedangkan jika minyak rem bocor, maka baut wajib di bor, lalu di tap selanjutnya baut dimatikan untuk menutup oli. Jika sudah rapat dan tidak bocor, barulah anda atasi cara menyeting rem cakram tanpa baut pembuangan sebagai berikut.

 Trik ini ampuh dan sering saya praktekan, asal yang terpenting, sobat harus teliti dan sabar karena lebih membutuhkan waktu.
 Pertama, pastikan semua perangkat rem dalam keadaan terbuka atau tidak terhalang dan tertutup cover body. Jangan lupa, buka penutup penampungan minyak rem, jika terhalang batok buka sekalian.
 Kedua, lakukan sesuai langkah di bawah.
Hasil gambar untuk how work disc brake motorcycle
*perangkat rem bagian atas,
Hasil gambar untuk how work disc brake motorcycle
Add caption

  1. Pastikan minyak rem penuh, jika kosong atau sedikit, isi dahulu.
  2. Buka kaliper di bagian bawah, lepas bracket (dudukan) dari shock depan
  3. Pastikan lagi lubang pembuangan sudah di tutup baut yang dimatikan tadi pada kaliper
  4. Tekan dan tahan tuas rem
  5. Sembari menahan tuas, kendorkan baut selang di bagian piston atas dari penampungan rem, tujuannya adalah untuk membuang udara (angin palsu)
  6. (sambil masih menahan tuas rem), kencangkan kembali baut selang tadi, kemudian pompa 3-5 kali (tekan tuas dan lepas), lalu kendorkan lagi baut tadi (cara no.5) sampai minyak rem benar-benar menyembur ketika baut dikendorkan.
  7. Setelah minyak rem menyembur, angkat kaliper yang dilepas tadi dan amati bagian piston pada kaliper apakah sudah ada pergerakan?
  8. Jika bergerak artinya minyak rem mulai berangsur memasuki kaliper, lanjutkan memompa tuas rem sambil tetap mengamati piston, biarkan hingga mentok (kedua kampas rem bersentuhan akibat terdorong piston kaliper).
  9. Jika piston sudah mentok, serta rem sudah kembali keras, artinya proses berhasil, selanjutnya tinggal buang lagi dari baut selang atas (cara no 5), sampai angin benar-benar terbuang.
  10. Nah, setelah itu, pasang kembali kaliper dan kampas dengan benar, namun sebelumnya, renggangkan dulu kampas rem yang tadi bersentuhan, bisa menggunakan obeng plat (-). Tekan paksa sampai kedua kampas memisah.
  11. Setelah kaliper dan bracket dipasang, selanjutnya periksa lagi minyak rem, lalu tambah, setelah itu pasang lagi semua.

Penting: Pastikan tidak ada minyak rem yang bocor, baik dari master cakram, selang, atai baut pembuangan sebelum melangkah ke 11 cara diatas, Jika tidak, akan sia-sia.

 Nah itulah trik yang bisa saya bagi, jika ada pertanyaan, jangan sungkan berkomentar. Semoga bermanfaat. 

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Cara Setting Rem Cakram (Hydrolik) Tanpa Baut Pembuangan Kaliper (Patah)"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel