Cara Mudah Setting Rantai Motor, Bisa Dilakukan Sendiri - Ate Breaker

Cara Mudah Setting Rantai Motor, Bisa Dilakukan Sendiri

 Rantai motor merupakan bagian harus dirawat secara berkala. Fungsi dari rantai motor adalah sebagai tameng atau media untuk menarik roda belakang. Hasil dari kinerja mekanis mesin seluruhnya berakhir pada roda belakang dan menggerakan motor anda.

 Pada sepeda motor, rantai sering mengalami kelonggaran. Hal ini terjadi akibat penyusutan bagian rantai dan membuatnya melar, serta ausnya gir karena pemakaian. Efeknya bisa bermacam-macam, mulai dari bunyi kresekk kresekk!! hingga rantai putus.

 Padahal, rantai membutuhkan jarak bebas yang pas, tidak terlalu kendor, juga tidak terlalu kencang. Untuk mengembalikan rantai agar kembali ke posisi semula, harus dilakukan penyetelan ulang rantai.
 Anda bisa lakukan penyetelan rantai dengan mudah, sebagai berikut.

1. Kendorkan baut roda utama. Putar dengan kunci yang sesuai dengan diameter baut.

2. Atur rantai dengan melonggarkan baut setelan, jika menggunakan baut. Namun beberapa motor keluaran terbaru tidak menggunakan baut setelan, melainkan dengan anting-anting khusus dengan tinggal menyesuaikan dengan cara memutarnya.
Hasil gambar untuk baut setelan rantai
Baut setelan rantai, gambar:prioshome.blogspot.com

3. Atur rantai anda dengan mengukur kekencangannya. Jarak ideal adalah 2-3 cm saat rantai ditarik kebawah dan keatas.

4. Samakan setelan rantai dengan melihat garis settingan, atau dengan melihat posisi roda pas berada ditengah-tengah sasis.

5. Kencangkan kembali baut roda utama, dan baut settingan.

 Setelah settingan rantai kembali normal, pastikan anda melumasi rantai dengan pelumas khusus. Atau minimal melumasi rantai dengan oli mesin bekas. Hal ini dapat menghindari penyusutan rantai lebih cepat. Juga dapat mencegah timbulnya karat, semoga bermanfaat.
Baca juga: Ganti oli sendiri atau kebengkel? Ini perbandingannya

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Setting Rantai Motor, Bisa Dilakukan Sendiri"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel