Cara mengatasi ledakan dari knalpot sepeda motor - Ate Breaker

Cara mengatasi ledakan dari knalpot sepeda motor

  Sobat, pernahkah sepeda motormu mengalami ledakan dari knalpot? Ledakan yang terdengar umumnya hanya terjadi dalam beberapa situasi, misalnya saat sobat mengurangi laju sepeda motor, mengerem, atau saat motor sedang berada di turunan.
  Ledakan tersebut, memang tidak berbahaya bagi sepeda motor namun mungkin mengganggu telinga anda.
  Soal ledakan dari knalpot penyebabnya bisa beberapa faktor, tergantung jenis ledakan dan sepeda motor yang sobat gunakan. Pada sepeda motor bebek maupun maic yang telah memiliki AIS (air induction System) seperti vega zr, jupiterz, honda beat, yamaha mio, dll, biasanya ledakan disebabkan karena AIS sudah tidak berfungsi dengan baik. Kalau sobat masih belum paham tentang AIS, saya coba jelaskan sedikit yang saya ketahui.

  AIS merupakan kepanjangan dari Air Induction Sistem. Punya fungsi mengurangi kepekatan gas buang atau polusi. Tentu lewat cara menginjeksikan udara ke dalam lubang exhaust. Sehingga polutan lebih rendah dan dianggap ramah lingkungan.

Teknologi AIS ada di motor baru mulai dari 2006 sampai sekarang. Gunanya memenuhi standar Euro 2 atau Euro 3.
 Walaupun demikian, terkadang ledakan bisa juga disebabkan oleh gangguan pada pengapian. Atau ada bagian dari sistem pengapian yang tidak bekerja secara optimal dan rusak. Misalnya CDI,KOIL,BUSI, atau REGULATOR. Tapi dalam beberapa kasus paling banyak ditemukan penyebab dari ledakan keras adalah kerusakan pada AIS. Bagaimana cara mengatasinya?
Baca juga:

  1. Mengenal busi pada sepeda motor
  2. Mengenal CDI dan fungsinya


 Cara atasi ledakan dengan mematikan Ais 
 Ais pada sepeda motor biasanya terletak dibagian head mesin sepeda motor, dekat busi dan posisi lainnya, yang paling penting pasti berada sangat dekat dengan ruang bakar. Ais menempel di sisi kiri atau atas dan terdapat 2 selang udara yang umumnya selang menuju kearah filter udara dan intake. Selang besar menuju ke filter dan selang kecil mengarah ke intake. Ada dua opsi agar ledakan dapat diredam. Pertama, sobat ganti perangkat AIS dengan yang baru, dan kedua, sobat matikan fungsi AIS tsb.
  Jika memilih untuk mematikan ais, lebih mudah serta tidak akan berpengaruh besar pada kinerja sepeda motor. Hanya saja, tentu akan kehilangan salah satu standar yang diterapkan pada motor anda terutama soal polusi. Namun resiko lainnya mungkin saja terjadi, seperti pembakaran yang kurang optimal, kerak mesin dsb. Mengenai hal itu, sobat tanggung sendiri ya,, hehe
 Untuk mematikannya, sobat bisa lakukan cara berikut.

  1. Cabut selang besar dari ais tersebut yang menuju ke filter udara (cabut dari filter)
  2. Cari baut berukuran sekitar 2-4cm, dengan diameter 14mm (sesuaikan dengan ukuran selang, harus lebih besar dari selang)
  3. Gunakan baut tersebut untuk menyumbat ais melalui selang yang dicopot dari filter tadi
  4. Pastikan baut dan selang rapat
 Setelah itu, coba cek motor anda.

Cara Atasi ledakan dari kebocoran knalpot
 Ciri ledakan ini ditandai dengan letupan kecil ketika motor berada di turunan, atau ketika laju motor dikurangi. Biasanya, hal ini disebabkan kebocoran pada knalpot terutama bagian leher. Untuk itu, pastikan dan cari kebocorannya, jika hanya terjadi pada leher knalpot bagian atas, sebaiknya mencoba mengganti paking knalpot saja.


Penyebab lainnya
 Jika kedua cara diatas tidak kunjung membuat ledakan hilang, maka butuh penanganan lebih lanjut dengan cara memerksa setiap bagian motor yang berpotensi menimbulkan ledakan. Seperti, pengapian, meliputi Busi, koil, CDI, Regulator, pulser atau spul. Selain itu, jika motor sobat menggunakan karburator, juga kemungkinan bisa menjadi penyebabnya, karena sangat erat dengan proses pembakaran, melalui pencampuran udara dan gas yang dilakukan pada komponen ini.  Tentunya untuk memeriksanya, sobat membutuhkan banyak alat, agar lebih mudah, periksa di bengkel saja.

Itulah beberapa cara mengatasi ledakan pada knalpot, semoga bermanfaat.
Baca juga: Cara menambal ban tubeless menggunakan tire repair kit


(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Cara mengatasi ledakan dari knalpot sepeda motor"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel