Cara Menambal Ban Tubeless Lengkap Pakai Tire Repair Kit - Ate Breaker

Cara Menambal Ban Tubeless Lengkap Pakai Tire Repair Kit

 Malam Sobat! Setelah sebelumnya saya bagikan tutorial menambal ban tubeless pakai cairan anti bocor, pada postingan kali ini saya akan bagikan cara menambal ban tubeless menggunakan tire repair kit, atau karet penambal khusus dengan metode tusuk. Tapi sebelum itu, bagi anda yang belum tahu apa itu ban tubeless, saya berikan sedikit penjelasannya. Ban tubeless sendiri merupakan ban yang tidak membutuhkan ban dalam untuk menampung udara. Ban tubeless sejatinya merupakan perpaduan antara ban luar dan ban dalam motor. Bagian dinding ban dibuat lebih soft, tebal dan rapat sehingga tidak ada celah untuk udara keluar dari dalam ban.
Hasil gambar untuk how to use tire repair kit
tire repair kit, via:lazada.co.id
 Namun, tentu saja ban dalam tidak dapat digunakan pada velg jari-jari untuk motor. Sebab, pada velg spoke wheel ini terdapat banyak celah dan bisa membuat udara keluar dari ban. Kecuali jika anda tetap memaksa ingin memasangnya di velg jari-jari ini, maka anda harus sedikit mengakalainya, intinya, jangan sampai ada celah untuk udara keluar.
 Cara mudah mengenali ban tubeless tentu saja dengan tulisan tubeless pada dinding/label ban, sedangkan jika bukan tubeless (menggunakan ban dalam) terdapat nama tube type disana. Selain itu, pentil ban tubeless juga nampak berbeda, yaitu bagian yang tertanam pada velgnya dilengkapi dengan karet tebal yang tentunya agar tidak terdapat celah.
 Nah kembali kepada pokok bahasan, yaitu cara menambal ban tubeless menggunakan tire repair kit. Sama halnya dengan menambal menggunakan cairan, alat yang perlu anda gunakan/butuhkan adalah sebagai berikut.

  1. Kunci pentil (untuk membuka pentil)
  2. Pompa mini/kompressor (untuk mengisi angin ban)
  3. Alat tambal (tire repair kit), yang terdiri dari: bor tusuk, pengait, lem, dan karet tambal khusus tubeless.
 Kunci pentil digunakan untuk membuka dan memasang pentil, namun untuk menambal ban tubeless, sebenarnya anda tidak perlu membukanya karena jika bocor sudah ditemukan tinggal langsung tambal. Tetapi, jika anda memang senang menambal ban dengan cara mandiri, tentu kunci pentil suatu saat akan anda butuhkan misalnya kala mengganti pentil tubeless. 
 Nah, sebelum ke proses menambal menggunakan 3 alat diatas, pastikan anda sudah menemukan bagian yang bocor. Jika belum, sebaiknya simak cara mencari letak kebocoran pada ban tubeless.
Baca juga: tips memilih ban
  1. Campur air dengan deterjen/sabun hingga berbusa
  2. Pompa ban sampai mengembang, penuh lebih bagus
  3. Usap permukaan ban dengan cairan sabun tadi, usahakan dengan busa yang banyak
  4. Teliti permukaan ban jika ada gelembung pada busa (cairan sabun), disitulah letak kebocorannya.

Cara menambal


Hasil gambar untuk how to use tire repair kit
               1.proses cabut paku, 2.melubangi, 3.pasang karet ke pengait, 4.tusukan pada bagian bocor, 5. cabut pengait/hasil tambal

  1. Pastikan ban motor/mobil anda dalam keadaan ngangkang (tidak menyentuh tanah). Gunakan standar tengah untuk motor, jika bocor di belakang maka otomatis ban akan ngangkang, sedangkan jika bocor di depan, tentulah anda harus ganjal agar ban ngangkang.
  2. Pastikan tire repair kit sudah disiapkan
  3. Cabut paku/benda tajam yang menempel (penyebab kebocoran), jika tidak ada, langsung ke poin 4.
  4. Tusuk ban pakai bor tangan, yaitu bagian repair kit yang memiliki ulir bor, tusuk ke bagian yang bocor dan putar. Tujuannya agar lubang membesar untuk memudahkan karet tambal masuk.
  5. Untuk menguji lubang sudah cukup besar atau belum, gunakan alat lainnya dari tire repair kit, yaitu pengait. caranya, masukan pengait ke dalam lubang, jika sudah masuk, berarti melubangi ban sudah cukup, jika belum lakukan cara no.4 secara berulang.
  6. Ambil karet tambal 1 batang saja, panjangnya minimal 6cm, lalu letakan di dalam pengait tepat di tengah-tengah karet tambalnya (kedua ujungnya sama panjang).
  7. Beri sedikit lem yang tersedia dari tire repair kit, atau jika tidak juga tidak masalah.
  8. Tusukan pengait yang telah diberi karet tambal tadi ke dalam lubang degan cara menekan sekuat tenaga dan putar perlahan. Tapi hati-hati, jangan sampai karet tambal amblas dan masuk ke dalam ban, melainkan harus menyisakan sekitar 1cm di luar. 
  9. Setelah karet masuk dan menyisakan 1cm, tarik pengait secara perlahan, maka karet tambal akan tertinggal pada ban.
  10. Selanjutnya, jika karet yang telah tertanam tadi terlalu panjang, bisa anda potong dengan pisau/gunting. Atau biarkan saja tergilas akan lebih baik.
  11. Pompa kembali ban dan cek dengan cara yang sama yaitu menggunakan air sabun.
Hasil gambar untuk how to use tire repair kit
dari atas ke bawah: karet tambal, bor, pengait, lem, gambar via:tokopedia.com
 Sebagai catatan, jika ban sobek 1-2cm, biasanya tambal dengan cara ini tidak akan optimal hasilnya. Atau jika kebocoran terdapat dibagian dinding ban juga tidak dapat ditambal. Solusinya adalah menambal dengan metode press dari dalam, atau pasang saja ban dalam atau ganti ban dengan yang baru.
 Itu saja semoga bermanfaat.
Baca juga: cara menambal ban menggunakan cairan anti bocor

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Cara Menambal Ban Tubeless Lengkap Pakai Tire Repair Kit"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel