Cara menambah performa supra fit buat harian - Ate Breaker

Cara menambah performa supra fit buat harian

  Memiliki motor prima tentu impian banyak orang. Tapi bagaimana jika motor anda adalah motor lama yang hanya memiliki kapasitas mesin 100 cc? Lumayan susah dibawa larinya mas bro.

 Tapi ada banyak cara buat menambah performa motor tersebut. Ya dengan beberapa trik motor 100 cc bisa menjadi motor yang lebih prima dikelasnya. Bahkan dengan beberapa settingan lanjutan performanya bisa melebihi motor bersilinder 125 cc. Motor tetap awet dipakai buat harian dan bensin yang tetap irit tentunya.

Bagaimana cara nya?

  Langsung aja sob, cara menambah performa supra fit buat harian. Pada kesempatan ini saya ajak sobat buat rombak pistonnya. Piston adalah bagian mesin yang terletak dibagian silinder. Menempel pada stang piston dan terpanggang besi baja disebut pen piston. Bagian ini sering disebut sebagai torak, atau seher dimana tugasnya adalah menciptakan kompresi di ruang bakar.
Karena fungsinya komponen ini bisa dibilang sebagai awal dari keseluruhan aktifitas mesin pada kendaraan melalui pergerakannya.

  Mungkin akan lebih baik bila saya langsung melanjutkan pada pokok bahasan mengenai menambah performa supra fit harian.

1. Ganti piston
 Semakin besar diamter piston, semakin kuat tekanan atau kompresi yang dihasilkan di ruang pembakaran. Kompresi sendiri sederhananya adalah pemadatan kabut (udara dan bahan bakar) pada proses pembakaran agar menghasilkan letupan yang pada akhirnya disebut sebagai tenaga. Maka, mengganti piston menurut pengalaman mimin, adalah cara paling efektif meningkatkan performa motor secara nyata.
  Untuk mengganti piston, sobat tentu harus oprek bagian mesin depan yang meliputi Head dan silinder atau boring untuk selanjutnya melakukan korter atau oversize boring dengan piston tertentu.
Baca: piston yang cocok buat supra fit rombakan

2.noken as
  Noken as juga salah satu bagian penting untuk performa. Noken as berfungsi menekan kedua klep melalui pelatuk untuk mengatur waktu mengeluarkan bahan bakar (klep bagian atas) dan membuang gas hasil pembakaran(klep bagian bawah).
Supaya kompresi bisa lebih padat dan maksimal sebaiknya permukaan noken as yang menyentuh pelatuk kelep dibubut. Tujuannya agar noken as lebih ringan juga kepadatan kompresi bertambah. Selain bubut, noken as aftermarket berjenis racing juga telah banyak dijual.
Baca: Bubut atau beli noken as racing? Ini perbandingannya

3. Magnit
   Sebenarnya bagian ini sobat boleh untuk tidak melakukannya atau hanya sebagai saran tambahan. Magnit terletak pada mesin bagian kiri dekat perseneling gigi. Untuk melihatnya sobat buka blok mesinnya. Untuk menambah performa, sebaiknya sobat bubut sedikit permukaan atasnya. Tujuannya untuk meringankan kerja mesin, mengingat bagian ini sangat padat dan memiliki bobot yang berat. Sobat bisa bubut 3mm-lebih sesuai keinginan.

4. Karburator
 Karburator berguna untuk mencampur bahan bakar dan udara sebelum memasuki ruang bakar. Kadar bensin dan udara yang dicampur pada karburator ini telah disesuaikan jumlahnya sesuai kebutuhan. Namun bagian ini masih bisa dioptimalkan dengan cara dirombak atau diganti dengan karburator jenis lain yang sesuai. Untuk supra fit, sobat bisa piliha seperti yang pernah saya tulis pada artikel berikut.
Baca: 3 Jenis karburator yang cocok buat supra fit rombakan

 Itulah cara meningkatkan performa supra fit yang bisa digunakan harian. Semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Cara menambah performa supra fit buat harian"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel