Cara irit mengganti boring jupiter mx hingga 50% - Ate Breaker

Cara irit mengganti boring jupiter mx hingga 50%

  Malam sobat, pada kesempatan ini saya mau bagi tips cara irit mengatasi masalah boring jupiter mx. Tapi sebelumnya saya coba bahas tentang spesifikasi motor produksi yamaha yang pertama kali diluncurkan di indonesia pada tahun 2005 tsb.

  Jupiter mx konon katanya mengadopsi teknologi moto gp. Tapi entah teknologi yang mananya sob. Hehe yang saya tahu, motor ini terbagi ke dalam 3 generasi. Pertama jupiter mx lama diluncurkan tahun 2005. Memiliki cylinder 134,4 cc. Tampilan striping dinamis dan ramping. Memiliki 4 gigi transmisi dengan urutan N1234. Pengapian DC-CDI dan mampu mencapai 47,7km per 1liter bensin. Tersedia otamtis dan kopling. 5 tahun kemudian, yamaha meluncurkan varian motornya yang kedua hasil penyempurnaan dari jupiter mx lama. Motor ini diluncurkan 2010. Bodynya lebih besar. Memiliki 5 gigi transmisi, dengan urutan 1N2345. Cylinder tetap 135cc. Pengapian DC-CDI. Menggunakan karbu vakum mikuni 25. Memiliki torsi maksimal 11,1nm di putaran 4956 rpm. Hebat kan sob. Generasi ketiganya keluar tahun 2015 dengan nama mx king. Body lebih besar lagi dari kakaknya. Memiliki cylinder 150cc. Itu sedikit tentang spesifikasinya, sekarang kita kembali ke laptop.wkkk 
 Disamping keunggulan jupiter mx memiliki kekurangan. Salah satu diantaranya adalah yang akan kita bahas. Yaitu tentang boring/cylinder. Berbeda dengan motor lain yang pada umumnya memiliki boring baja/besi, jupiter mx tidak menggunakan boring dengan boss atau besi. Yaitu mirip croom, yang disebut Diasil (die aluminium cilinder), bila boring rusak, tidak bisa di korter atau oversize. Tentunya harus diganti baru. Kalo kita coba hitung, untuk harga boring asli/orisinil sekitar 700rb (area mjl-jabar), piston+ring+pen 300rb. Paking topset 100rb. Biaya pasang servis dll 250rb. Oli standar yamalube 1ltr 42rb. Bensin undryn. Total 1,392.jtan. lumayan nguras kantong euy, belum termasuk biaya bensin buat inreyn pula.
Baca: Mengenal Diasil Silinder

Nah sekarang saya bagi tips cara lebih hematnya. Sebenarnya, peraturan ganti boring baru buat jupiter mx cuma ada jika sobat servis di dealer yamaha aja . Jadi tidak perlu khawatir kalau sobat servis dibengkel umum. Pertama, saya sarankan sobat buat servis dibengkel umum saja. Gak perlu ragu sob buat kebengkel umum. Jangan takut gak profesional, justru pengalaman lebih ada di mereka para mekanik bengkel umum, alasannya mereka menangani berbagai jenis motor. Tahu cara-cara ngakalin sparepart tidak hanya tahu mengganti dengan yang baru saja, dan tentunya bisa sesuaikan budget dari para konsumennya (mudah komunikasi). 
  Baik lah sobat, mari kita lanjut ke pokok bahasannya. 
  Sebenarnya, boring jupiter mx tidak harus diganti, tapi bisa kita akalin dengan tanam boring atau boss kedalamnya. Boss berupa Selongsong besi baja yang akan kita tanamkan ke boring jupiter mx, tujuannya agar boring bisa dikorter/oversize. Seperti halnya sdpeda motor yamaha lain seperti vega zr, jupiter z, atau vega R, juga memakai selongsong besi pada boringnya. Sehingga apabila rusak, bisa di oversize/korter. 
Berikut rincian kisaran harga tanam boring atau boss.
Harga dan Tanam boss 200rb, piston set mulai 150-200rb tergantung merek, paking topset mx 40rb, oli mesin 42rb, radiator 30 rb. Bongkar pasang, servis 250 (ongkos maks). Total 712rb.
  Sekarang, mari kita bandingkan harga beli baru di dealer dan tanam boss dibengkel umum.
Jika sobat ganti di dealer=1.392.000.
Jika sobat Tanam boss dibengkel=712.000.
Baca Juga: Mengenal istilah korter/oversize silinder/boring

Maka Selisihnya : 1392.000-712.000=680.000
Maka sobat bisa menghemat sekitar 680.000. Bukan cuma itu saja,
Perbandingan lainnya, sobat bisa irit biaya dalam jangka waktu lama. Coba bandingkan lagi, jika usia boring setelah diganti misalkan 5tahun, maka setiap 5 tahun sekali sobat mesti mengeluarkan uang sekitar 1,4jt untuk ganti boring jupiter mx dengan yang baru. Itu juga kalau harganya tetap. Sedangakan jika kita tanam bos pada boring, jika usia pemakaiannya sama 5 tahun, selanjutnya sobat tidak perlu keluarkan uang buat tanam bos lagi, tetapi cukup oversize ulang boringnya dengan piston yang lebih besar. Rincian harga oversize. Piston set 150rb, paking topset 40rb, oli 42rb, radiàtor 30rb, ongkos bengkel 150rb. Total. 402.000. Dengan tanam boring, sobat bisa 9x oversize dari mulai standard, naik ke 0,25, naik lagi 0,50,0,75 sampai 2,50. Artinya sobat cuma perlu mengeluarkan biaya sekitar 680rb saja untuk biaya tanam boss dan setiap 5 tahun cuma perlu mengeluarkan 480rb saja. Hasil yang sangat jauh lebih hemat bukan?

*Harga di tiap daerah mungkin berbeda, dan dapat berubah sewaktu-waktu.
Sampai disini dulu sobat dan sampai bertemu lagi pada postingan berikutnya.
Baca juga:
Kampas kopling jupiter mx boros? Begini cara atasinya

1 Komentar untuk "Cara irit mengganti boring jupiter mx hingga 50%"

  1. Disemua bengkel bubut pasti ada ya tanem boring,,trus utk piston workted nya pake apa

    BalasHapus

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel