Cara Cek Oli Motor - Ate Breaker

Cara Cek Oli Motor

 Oli merupakan bagian motor yang tidak boleh anda abaikan. Oli berfungsi meminimalisir gesekan antar komponen mesin motor. Sehingga, tingkat keausan dan suhu mesin tetap terjaga.
 Oli motor dengan pemakaian rutin harian, akan terus menyusut, baik dari segi kekentalan, ataupun jumlah takarannya. Maka dari itu, mengecek dan mengganti oli harus terus dilakukan bila perlu catat waktu dan odoometer motor anda saat mengganti oli.

 Idealnya, oli diganti setelah motor menempuh jarak maksimal 2000-2500km, dan minimal 1000km. Jika melebihi batas maksimal, sebaiknya selalu periksa oli anda. Periksa mulai dari jumlah takaran, hingga tingkat kekentalan.
Hasil gambar untuk kilometer jarak pada speedometer motor
tripmeter atau jarak tempuh pada speedometer, sumber:GRIDOTO.COM

 Jika takaran oli kurang, akan berbahaya bagi mesin. Apalagi jika takararan menyusut hingga lebih dari 50%. Sebab, beberapa komponen mesin tidak akan mendapat pelumasan dengan optimal. Akhirnya, komponen tersebut dapat aus lebih cepat, dan resikonya adalah turun mesin.
Hasil gambar untuk TAKARAN OLI
indikator oli, sumber:GSX250.wordpress.com

 Cara mengukur oli motor, sangat mudah. Yaitu cukup dengan membuka bagian penutup oli saja, dan melihat parameter oli yang biasanya sudah tersedia pada tututp oli tersebut. Selain itu, untuk beberapa sepeda motor telah dibekali kaca parameter pada mesin, yang dapat dengan mudah melihat jumlah oli yang ada pada mesin tersebut.

Hasil gambar untuk takaran pada tutup oli motor
sumber:otomotifnet.gridoto.com

 Sedangkan untuk mengukur apakah oli sudah tidak layak atau masih bagus adalah dengan cara mengambil sample oli. Usap dengan tangan dan bandingkan dengan sample oli baru. Jika dirasa terlalu encer maka oli sudah tidak layak. Namun, cara terbaiknya anda bisa lihat dari jarak tempuh motor pada speedometer alias odometer.

 Itulah beberapa cara dan trik mengukur oli motor. Semoga bermanfaat.
Baca Juga: Penyebab oli motor berkurang, cek dan atasi dengan cara ini

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Cara Cek Oli Motor"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel