Cara Atasi Lampu Rem Motor Nyala Terus - Ate Breaker

Cara Atasi Lampu Rem Motor Nyala Terus

 Malam sobat, lampu rem pada kendaraan khususnya sepeda motor berguna untuk memberi tahu/sinyal bagi pengendara lain ketika pengendara melakukan pengereman. Ketika tuas ditarik, lampu rem yang terang menyala menandakan pengendara sedang mengurangi laju kendaraannya, maka bagi pengendara dibelakang anda akan mengenali aktivitas pengereman yang anda lakukan, sehingga pengendara dibelakang anda akan berusaha menyesuaikan kendaraannya untuk menjaga jarak.

 Lebih dari itu, lampu rem juga sangat berguna ketika anda sedang berkendara di malam hari, karena akan memberikan sinyal langsung tentang keberadaan kita ketika berkendara terhadap pengendara di belakanganya. Untuk itu, fungsi lampu rem sangatlah vital bagi keselamatan berkendara. Namun, sobat juga perlu ketahui, pada lampu rem terdapat dua jenis penerangan, pertama adalah lampu malam yang otomatis menyala tanpa henti, dan kedua, barulah lampu rem yang akan menyala ketika aktivitas pengereman dilakukan.
 Salah satu masalah yang umumnya terjadi pada lampu rem, khususnya sepeda motor yakni lampu yang terus menyala walaupun sedang tidak dilakukan pengereman. Nah, tentunya hal seperti ini mungkin tidak begitu membahayakan, namun tentunya dapat menimbulkan banyak kerugian. Salah satu contohnya, dengan menyalanya lampu rem secara terus menerus, bisa membuat aki boros dan cepat mati atau soak. Terlebih, aki bagi kendaraan sepeda motor modern saat ini dengan sistem injeksi misalnya memiliki peranan yang vital. Sebab, keberadaan aki yang sehat pada injeksi sangat mendukung kinerja komponen lainnya. Jika aki mati, motor dengan sistem fuel injection bisa mogok dan mati.
 Kembali pada lampu rem yang terus menyala, biasanya disebabkan beberapa hal. Diantaranya, main switch, suit on/off rem mengalami kendala. Ini bisa disebabkan oleh komponen tersebut aus/error atau bisa juga kerusakan terjadi pada tuas rem, yang menyebabkan suit ini tidak bisa tertekan tuas rem. Nah, karena bentuk suit berbeda-beda, namun prinsip kerjanya sama, dimana suit akan off ketika tuas rem tidak digunakan atau tidak melakukan aktivitas pengereman, dan suit akan on ketika anda menarik tuas rem atau ketika  anda melakukan pengereman.
Baca juga: Cara mematikan lampu depan motor tanpa pasang saklar

 Dari pada panjang lebar menmbahas suit, sebaiknya kita langsung masuk ke poinnya saja, cara mengatasi rem yang terus menyala.
 Sebelumnya, rem pada sepeda motor terdiri dari suit rem depan, dan suit rem belakang. Nah, jika pada motor matic/skutik, suit semuanya berada di depan dan memiliki kemiripan antara rem depan dan bealakang. Lain lagi dengan motor bebek, untuk rem belakang, bentuk suit pun berbeda, walaupun prinsip kerjanya tetap sama.
 Maka, dalam hal ini saya coba bagi ke dalam 2 macam tentang cara mengatasi lampu rem yang disebabkan suit rem ini. Tapi sebelumnya, sebaiknya pastikan dulu suit mana yang bermasalah dengan cara berikut.

Cara mencari kerusakan suit

  1. Pastikan anda mengetahui kedua letak suit rem, dimana suit rem depan terletak dekat dengan dudukan tuas rem, umumnya terletak di bagian bawah dudukan dan memiliki dua kabel (in&out). Sedangkan suit rem belakang pada motor bebek dan sport, umumnya terletak dekat tuas rem belakang, berbentuk seperti tabung dengan per panjang yang terhubung dari ujung suit menuju tuas rem.
  2. Lepaskan kabel yang menuju suit dari soket salah satu suit saja (depan/belakang), setelah itu coba putar kunci kontak ke mode on dan lihat apakah lampu rem masih menyala? Jika masih menyala, artinya suit lain yang bermasalah, maka anda pasang lagi kabel suit yang dilepas tadi, lalu lepas kabel suit yang kedua. Maka, ketika lampu rem mati, berarti itulah suit yang bermasalah.
  3. Setelah menemukan suit mana yang bermasalah, maka selanjunya anda tinggal mengatasi suit yang bermasalah tersebut dengan cara di bawah ini

Cara atasi suit bermasalah
 Sebenarnya, anda tinggal mengganti suit yang rusak tersebut, hargapun tidaklah mahal. Namun, tidak ada salahnya jika kita coba perbaiki/akali suit yang rusak tersebut.
 Nah, jika motor anda skutik, maka suitnya sama yakni berada di bagian depan. Penyebab suit pada skutik (suit depan) tidak bekerja umumnya ada 2 hal.
Pertama, suit mati/rusak, maka tidak ada pilihan lain selain menggantinya. Kedua, suit tidak terjangkau tuas, karena tuas rem mengalami aus dibagian yang harusnya bersentuhan dengan suit.

 Nah untuk yang kedua ini bisa sobat akali dengan cara berikut.
  1. Coba ganjal suit, dengan cara menempelkan karet ban dalam bekas/plastik ke bagian tuas rem yang bersentuhan dengan suit agar suit bisa dijangkau tuas.
  2.  Atau anda bisa letakan benda lain pada tuas agar suit bisa terjangkau, misalnya tuas dikasih sedikit selang bensin.
  3. Setelah itu, coba cek kembali suit dan lampu remnya.
 Jika yang rusak adalah suit rem belakang pada motor bebek atau motor sport,, maka anda tinggal mengatur bagian setingan, yang bisa diatur tinggi rendahnya dengan cara memutar bautnya. Jika suit berada diatas tuas, berarti anda tinggal memperpendek jarak suit ke tuas rem, dengan cara memutar baut setingan suit ke arah kiri.

Itulah cara memperbaiki lampu rem yang terus menyala karena suit bermasalah. Itu saja informasinya semoga bermanfaat.


 Baca juga: Cara memasang saklar on/off lampu motor

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Cara Atasi Lampu Rem Motor Nyala Terus"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel